Usaha yang Menjanjikan dan Menguntungkan!

usaha yang menjanjikan

Bisnis atau usaha yang menjanjikan sampai kapanpun itu adalah kuliner, pada dasarnya semua orang membutuhkan makan sehingga usaha tersebut tidak akan pernah mati kembali lagi kepada bagaimana anda mampu mengelolanya dengan benar.

Persaingan semakin ketat kompetitor berusaha untuk menampilkan konsep berbeda dari tempat makan lainnya.

Perhatikan tempat makan hits di sekitar kalian adakah yang baru beroperasi sekitar 3 bulan namun sudah tutup? Atau tempat makan yang sudah bertahun-tahun jualan tapi masih terus beroperasi?

Pernah anda berpikir apa yang membuat mereka terus bertahan ketika banyak kompetitor baru mulai bermunculan dan memberikan kesan fresh.

Apa Itu Bisnis?

usaha yang menjanjikan di masa depan

Proses menawarkan dan menjual barang atau jasa yang dilakukan oleh perorangan, sekelompok orang atau suatu organisasi kepada calon konsumen sesuai dengan target pasar untuk memperoleh laba serta membantu masyarakat.

Baru dan unik adalah dua poin yang harus anda inget sebelum menjalankan bisnis apapun apalagi kuliner.

Bisnis hadir ditengah masyarakat ini memberikan dampak perekonomian yang cukup besar apalagi kalau sampai ekspor ke luar negeri. Harga jual barang dan jasa di luar negeri jauh lebih besar 2x lipat dibandingkan di negeri sendiri.

Banyak orang suka berpergian keluar negeri selalu menawarkan jasa tititp bagi mereka yang mau mempunyai barang lucu dan unik (tidak ada di Indonesia) atau justru sebenarnya sudah tersedia di mall-mall hanya saja harganya lebih mahal dibandingkan membeli langsung di negara tersebut serta lebih terjamin keasliannya.

Bagaimana dengan kuliner, salah satu contoh usaha kecil-kecilan adalah roti maryam. Makanan manis itu berasal dari India ada yang mengganggap dari arab juga.

Oke kami tidak akan membahas darimana roti tersebut berasal tetapi lebih kepada peluang seseorang membranding atau mengolah roti manis tersebut dengan aneka topping.

Baca Juga : Kenapa Kita Selalu Gagal dalam Bisnis?

Makanan dengan tampilan kreatif yang membuat calon konsumen tergoda serta tertarik untuk mencicipinya ditambah dengan packaging super unik bisa menjadi nilai tambah.

Makanan manis ini masih menjadi salah satu usaha yang menjanjikan bisa dijalankan dirumah tanpa harus menyewa tempat kecuali kalau modal anda kuat.

Modal itu berupa uang dan karyawan yang dapat bertanggung jawab dalam menjalankan tugasnya melayani para pembeli.

Butuh tenaga kerja tambahan? Anda wajib mempersiapkan gaji yang sesuai serta biaya operasional dan perawatan properti seperti meja untuk itu dibutuhkan dana besar apabila ingin membuat usaha semakin dikenal.

Bukan berarti usaha rumahan tidak akan membawa profit besar namun waktu yang diperlukan lebih lama.

Macam-Macam Bisnis Berdasarkan Aktivitasnya

usaha yang menjanjikan di desa

  1. Manufaktur

Bidang pertama adalah manufaktur yang bertugas untuk memproduksi barang dari beberapa bahan baku atau mentah.

Contoh produk manufaktur yaitu pakaian, elektronik dan makanan cepat saji.

  1. Jasa

Bidang kedua adalah jasa yang dibutuhkan konsumen, salah satu contohnya adalah seorang psikolog atau psikiater menawarkan jasa kepada calon konsumennya yang mempunyai permasalah dengan kesehatan mental.

Psikolog / psikiater (pelaku usaha) tersebut akan menerima bayaran setelah sesi konsultasi tersebut berakhir.

  1. Penjual (Distributor atau Pengecer)

Ketiga adalah distributor sebagai perantara antara konsumen dengan produsen, hadirnya distributor sangat memudahkan konsumen untuk mendapatkan barang sesuai keperluan tanpa harus datang mengunjungi produsennya langsung sebab akan menghabiskan biaya transportasi lebih besar.

Distributor mendapatkan keuntungan dari selisih harga modal dan harga jual, usaha yang menjanjikan ini mungkin bisa anda ikuti.

Semakin strategisnya tempat jualan anda maka peluang pengunjung untuk berbelanja ditempat anda cukup terbuka.

Perlu diketahui bagi anda seorang pengecer barang selisih harga yang anda dapatkan tidak selalu besar.

  1. Bisnis Pertanian dan Pertambangan

Keempat yaitu pertanian dan pertambangan. Pertambangan itu sendiri merupakan upaya melakukan ekstraksi mineral dan bahan tambang lainnya dari dalam bumi.

Sedangkan apa manfaat penambangan?

  • Mengeksploitasi kekayaan alam
  • Mengurangi jumlah pengangguran dengan membuka lapangan pekerjaan
  • Mengembangkan teknologi yang dimiliki untuk pengembangan Sumber Daya Alam
  • Menambah devisa negara melalui ekspor

Semua usaha pertanian pada dasarnya merupakan kegiatan ekonomi sehingga diperlukan dasar-dasar pengetahuan mengenai tempat pengelolaan sampai pemasaran produknya.

  1. Bisnis Finansial

Ingin mendapatkan keuntungan dari aset investasi? Bisnis finansial ini contohnya seperti produk reksadana dan pengelolaan modal.

  1. Bisnis Real Estate

Keenam adalah bisnis Real Estate ini merupakan usaha yang menjanjikan sebab harga properti dari tahun ke tahun mengalami peningkatan tapi kita juga harus pintar memilih lokasi dan fasilitas yang disediakan.

  1. Transportasi

Taxi online, ojek online semua serba online memudahkan anda pergi kemana saja tanpa harus keluar rumah untuk menunggu angkot. Hanya perlu memesan melalui aplikasi, sama dengan pengajuan online dapat anda ajukan kapan pun sesuai kebutuhan tim solusibiaya siap membantu.

Usaha yang Menjanjikan Sepanjang Masa

usaha yang menjanjikan di desa

Usaha-usaha tersebut antara lain :

  1. Makanan
  2. Budidaya tanaman buah
  3. Properti
  4. Peternakan sapi
  5. Bisnis online

Cara Bersaing Secara Sehat dengan Kompetitor!

Berikut adalah beberapa cara untuk bersaing sehat dan menciptkan keadilan tanpa harus merusak usaha orang yang telah dibangun :

  1. Perhatikan secara seksama kompetitor
  2. Gunakan konsep ATM (Amati, Tiru dan Modifikasi) agar tidak plagiat
  3. Bentuk tim yang solid
  4. Pekerjakan karyawan yang efektif
  5. Buatlah bisnis anda UNIK
  6. Dengarkan kritik dan saran dari pembeli maupun karyawan
  7. Beri potongan harga atau diskon yang masuk akal
  8. Jujur
  9. Pelayanan wajib ramah tamah dan sopan

Mengapa Bisnis Anda Cepat Mengalami Kebangkrutan?

peluang usaha baru

Bisnis baru berjalan seusia jagung tapi sudah terdapat tanda-tanda kebangkrutan, sebelum terjadi ada baiknya segara atasi jika bisnis anda mengalami hal-hal berikut dibawah ini :

  1. Kekurangan Dana Operasional

Pinjaman modal usaha di solusibiaya sangat bermanfaat demi meningkatkan kualitas produk dan jasa tidak ada salahnya diajukan sesuai dengan catatan dan perhitungan yang telah anda buat.

  1. Inovasi Terbatas

Produk dan jasa yang ditawarkan kepada konsumen itu-itu saja? Atau konsep bisnis terkesan monoton dan copy paste? Inovasi terbatas akan membuat bisnis lama kelamaan mengalami kebangkrutan. Tidak perlu heran kalau bisnis kuliner kekinian sudah cepat muncul dan cepat juga hilang.

  1. Pengelolaan Dana yang Tidak Tepat

Sejak awal pasti anda sudah mempunyai rencana dan segala biaya-biaya yang harus dikeluarkan terlebih lagi pencantuman biaya tak terduga seharusnya dipersiapkan sebelumnya.

Biaya tak terduga tersebut bisa anda dapatkan dengan menghabiskan seluruh tabungan pribadi atau pinjaman dana.

Cara Mengatasi Kondisi-Kondisi Diatas :

  1. Meminta Bantuan Orang yang Berkompeten di Bidangnya
  2. Hitung Penggunaan Dana dengan Cermat dan Tepat
  3. Ajukan Pinjaman Modal Usaha
  4. Konsistensi Menjalankan Bisnis
  5. Berinovasi dan Ikuti Perubahan Zaman

Bisnis menguntungkan atau usaha yang menjanjikan apa ditahun depan nanti? Menurut Bapak Bob Sadino bisnis yang jangan hanya dipikirkan tapi segera dijalankan masih lebih baik. Dapatkan pinjaman modal usaha disini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp Chat Only