Ajukan Sekarang Pembiayaan Multiguna Termudah di Indonesia

pembiayaan multiguna

Sebelum mengajukan. Silakan baca artikel kami dibawah ini agar Anda bisa menyesuaikan pinjaman dana dengan kebutuhan.

Pembiayaan Multiguna adalah salah satu produk keuangan yang memberikan fasilitas pinjaman uang atau dana tunai dengan jaminan BPKB Mobil, Motor dan Sertifikat Hak Milik (SHM + IMB).

Tidak seperti Kredit Tanpa Agunan (KTA) yang nilai pencairannya kecil dan tenornya sangat pendek.

Pinjaman dengan agunan memberikan plafon yang tinggi karena besarnya pencairan dana disesuaikan dengan taksiran harga unit kendaraan saat ini yang akan dijadikan sebagai jaminan.

Apa Saja yang Bisa Dibiayai oleh Kredit Multiguna?

Dengan plafon yang tinggi, semua kebutuhan Anda dapat segera dipenuhi dan karena tenornya panjang, maka Anda tidak perlu lagi dipusingkan dengan pembayaran Angsuran bulanan.

Berikut adalah kegunaan dari pembiayaan multiguna :

  • Merenovasi Rumah Tinggal
  • Pengeluaran untuk Pernikahan
  • Untuk Biaya Pendidikan Anak yang Saat ini Sudah Sangat Mahal
  • Biaya Pengobatan Rumah Sakit
  • Biaya Pembelian Barang Elektronik dan Gadget Baru
  • Biaya Perjalanan Ibadah dan Wisata
  • Modal Bisnis atau Usaha
  • Membeli Mobil Baru

Lalu Apa Saja Fasilitas Pembiayaan Multiguna yang Ada di SolusiBiaya.com?

Di SolusiBiaya, ada beberapa fasilitas yang bisa Anda ajukan sesuai dengan unit yang akan digadaikan yaitu (Klik list dibawah untuk menuju ke produk) :

Untuk informasi yang lebih detail lagi mengenai jenis pinjaman uang multiguna, berikut adalah penjelasan lengkapnya (Pengertian kredit multiguna sebanarnya sama saja dengan pembiayaan).

Saat ini Multifinance menyediakan berbagai fasilitas kredit pinjaman untuk pembiayaan kepada masyarakat yang membutuhkan uang.

Salah satu fasilitas kredit pinjaman yang dimiliki hampir semua Multifinance di Indonesia adalah Pembiayaan Multiguna

Mengapa Jenis Pinjaman ini Mengharuskan Adanya Agunan?

Dari jaminan milik konsumen, Multifinance dapat menaksir limit plafon yang akan dicairkan.

Sehingga jumlah pinjaman dari Pembiayaan Multiguna dapat lebih fleksibel, bahkan nilainya mampu mencapai milyaran rupiah.

Pencairannya berbentuk uang tunai dan dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan finansial. Berikut jenis dan manfaat pembiayaan tersebut.

Berdasarkan dari sisi penggunaan

Kredit modal kerja

Nasabah bisa memanfaatkan dana tunai yang diperoleh untuk meningkatkan kegiatan produksinya.

Seperti ekspansi bisnis, membeli bahan baku, memperluas jaringan, dan membeli keperluan perusahaan.

Kredit investasi

Nasabah bisa mengajukan pinjaman Multiguna untuk memperluas bisnisnya atau membangun gedung baru dan pengembangan cabang.

Berdasarkan dari sisi tujuan kredit

Kredit konsumtif

Konsumen bisa menggunakan dana pinjaman untuk kebutuhan membeli mobil atau motor baru, membeli apartemen, rumah, renovasi bangunan, biaya pendidikan kuliah, biaya pernikahan, biaya pengobatan sakit, melunasi utang, dan keperluan lainnya.

Kredit produktif

Konsumen juga bisa menggunakan dana tunai dari pinjaman Kredit Multiguna untuk modal merintis usaha.

Perlu Anda ketahui bahwa pada umumnya, nilai agunan untuk pinjaman uang harus bernilai lebih besar dari pengajuan atau pencairan dana ke nasabah.

Apa Saja Keuntungan Pembiayaan Multiguna di SolusiBiaya? 

kredit multiguna adira

Ada banyak sekali keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika mengajukan pinjaman dana tunai dengan gadai BPKB di tempat kami, yaitu:

Plafon Pencairan Uang Tinggi, Bisa Sampai Miliaran Rupiah

Ini adalah kelebihan kami yang tidak bisa diperoleh di leasing lain. Mengapa bisa begitu? Alasannya adalah karena unit kendaraan yang dijaminkan, kami nilai dengan sangat tinggi.

Bila rata-rata di bank hanya bisa cair sebesar 60% dari harga kendaraan saat ini, di tempat kami plafonnya bisa sampai 80% – 90% dari nilai taksiran kendaraan.

Selain itu, pengajuan dana bisa mencapai miliaran rupiah jika Anda memiliki lebih dari satu unit kendaraan bermotor yang ingin di gadai.

Tenor Lebih Panjang Dibandingkan KTA

Selain Dengan limit pinjaman yang tinggi, tenor cicilan bulanan juga bisa lebih panjang dibandingkan KTA.

Dengan tenor panjang, maka akan lebih meringankan beban nasabah untuk membayar angsuran dan pihak multifinance pun akan terhindar dari kredit macet atau gagal bayar.

Jangka waktu pinjaman Pembiayaan Multiguna berkisar antara 1 (satu) hingga 4 (empat) tahun.

Jika menggunakan SHM dan IMB, jangka waktu maksimal bisa 5 (lima) tahun. Namun untuk jaminan sertifikat, kami hanya melayani beberapa wilayah saja.

Pemakaian Uang Lebih Fleksibel (Terserah Nasabah)

Banyak kegunaan dari Kredit pinjaman Multiguna, jika di tempat lain, pihak kreditur selalu mempermasalahkan mengenai penggunaan dana.

Maka di tempat kami, dana yang sudah masuk ke rekening konsumen bisa dialokasikan untuk berbagai kebutuhan finansial si nasabah sendiri.

Biasanya jika konsumen menjelaskan dana yang diajukan akan digunakan untuk ekspansi bisnis atau untuk hal yang bersangkutan dengan bisnisnya, maka pihak kreditur akan lebih mudah mencairkan.

Namun di SolusiBiaya, penggunaan dana diserahkan sepenuhnya kepada pihak debitur, sehingga uang tersebut bukan hanya untuk pinjaman modal kerja ataupun investasi saja, melainkan bisa juga digunakan untuk memenuhi kebutuhan kredit konsumtif.

Namanya juga pembiayaan multiguna, seharusnya dana bisa digunakan untuk apapun asal nasabah selalu lancar dan disiplin untuk membayar angsuran bulanan.

Proses Lebih Cepat

Dengan adanya agunan atau jaminan yang digunakan, maka akan semakin memudahkan proses untuk pencairan dana.

Beda halnya jika Anda mengajukan kredit tanpa agunan (KTA), yang dimana prosesnya lebih rumit dan lama, melalui pengecekan BI checking, dan bunga yang diberikan juga sangat besar.

Semua itu wajar saja karena pihak bank pasti tidak ingin menanggung kerugian jika sewaktu-waktu nasabah mengalami kredit macet.

Sehingga kerugian yang diakibatkan oleh segelintir nasabah akan berusaha diminimalisir oleh bunga yang sangat tinggi tersebut.

Kekurangan dari Kredit Pembiayaan Multiguna

kredit multiguna syariah

Layanan Pinjaman Multiguna juga pasti memiliki beberapa kekurangan seperti ada survey, cek fisik kendaraan, dan cek appraisal unit yang ingin digadaikan.

Selain itu, unit atau aset yang dijadikan jaminan tidak bisa sembarangan karena ada beberapa kriteria khusus yang harus dipenuhi.

Contohnya adalah, tahun kendaraan, merk dan tipe kendaraan, serta kelengkapan administratif dari kendaraan tersebut.

Untuk agunan sertfikat pun tidak sembarangan yang bisa diproses, yang pertama harus berupa Sertifikat Hak Milik atau SHM, wajib ada IMB, depan rumah harus bisa lewat mobil dan SHM harus atas nama sendiri atau pasangan (suami/istri).

Hal lain yang perlu diperhatikan oleh calon nasabah adalah selalu melunasi cicilan secara tepat waktu atau jangan menunggak.

Hal tersebut akan beresiko terhadap unit yang diagunkan karena jika sudah terjadi kredit macet, maka unit akan disita oleh pihak multifinance atau bank.

Sebenarnya walaupun ada jaminan yang diterima oleh pihak pemberi pinjaman, namun pihak perusahaan finance pasti akan berusaha untuk tidak ada aset yang disita karena pasti akan merepotkan perusahaan.

Tetapi jika penarikan aset sudah terjadi maka perusahaan finance berhak menjual aset untuk menutupi utang.

Jika hasil penjualan unit tidak mampu untuk menutupi total utang maka pihak kreditur tetap bisa menuntut ke pihak debitur (peminjam uang) untuk dapat melunasinya.

Namun jika ada kelebihan dari hasil penjualan, maka pihak debitur berhak menerima selisih dari hasil penjualan unit setelah dikurangi sisa utang.

Kekurangan yang terakhir adalah peminjam tidak bisa menentukan sendiri nilai maksimal yang bisa cair karena plafon dinilai dari harga unit yang masih berlaku secara nasional saat ini.

Persyaratan untuk Mengajukan Kredit Multiguna

Berikut ini adalah persyaratan umum yang harus dimiliki calon konsumen adalah :

  1. Warga Negara asli Indonesia (WNI)
  2. Berusia antara 21 – 60 tahun
  3. Berprofesi sebagai pengusaha, karyawan atau profesional.

Sama halnya dengan pengajuan kredit yang lainnya, untuk calon nasabah KMG juga harus melengkapi dokumen-dokumen sebagai berikut ini:

  1. Fotokopi KTP (Kartu Tanda penduduk)
  2. Fotokopi NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak)
  3. Fotokopi rekening tabungan (Mutasi dan Rekening Koran)
  4. Dokumen penyerahan penyerahan jaminan
  5. Fotokopi kartu keluarga (KK)
  6. Fotokopi Akta atau surat Nikah (jika sudah menikah)

Suku Bunga Pembiayaan Multiguna

Berikut ini ada tiga jenis suku bunga kredit yang dibebankan ke nasabah :

  1. Suku Bunga Floating (Bunga Berjalan)

Suku Bunga Floating atau yang sering disebut dengan bunga berjalan adalah metode perhitungan rate yang terus berubah-ubah selama periode kredit mengikuti acuan suku bunga pasar, suku bunga BI (Bank Indonesia).

Sehingga hal tersebut mengakibatkan cicilan akan ikut naik jika suku bunga BI naik.

  1. Suku Bunga Flat

Bisa dibilang ini adalah suku bunga favorit mayoritas nasabah atau konsumen yang sedang mengambil kredit pinjaman.

Bunga dan pokok pinjaman setiap bulan akan dibayar sama sehingga cicilan bulannya akan terus sama sampai utang tersebut lunas.

  1. Suku Bunga Efektif

Jenis bunga ini, cara perhitungannya adalah dihitung dari nilai pokok utang dan bukan dari nilai pokok pinjaman yang diambil.

Kelebihannya adalah nilai bunga semakin lama akan terus berkurang seiring dengan pembayaran pokok hutang.

Khusus untuk gadai BPKB Mobil, kami akan melampirkan simulasinya dibawah ini :

simulasi kredit multiguna

Lembaga Keuangan Penyedia Jasa Kredit Pinjaman Multiguna

Saat ini ada dua lembaga keungan yang memberikan fasilitas pinjaman kepada masyarakat yang membutuhkan pinjaman.

Yang pertama adalah Bank dan kedua adalah Multifinance. Walau sama-sama memberikan pinjaman, namun terdapat perbedaan syarat dan ketentuan di kedua lembaga tersebut.

Untuk masalah pemberian pinjaman dana tunai, lembaga multifinance jauh lebih unggul dibandingkan bank.

Hal tersebut dikarenakan proses di bank sangat rumit, menerapkan BI Checking, pencairan kecil, potongan besar, dan biaya administrasi cukup tinggi.

Perbedaan Utama Antara Multifinance dengan Bank?

Bank adalah lembaga keuangan yang memiliki tanggung jawab untuk menyimpan uang serta menjaga berbagai aset milik nasabah.

Sedangkan Multifinance adalah lembaga keuangan non (bukan) bank yang bergerak di bisnis pembiayaan dan pemberian kredit pinjaman dana.

Walau ada perbedaan, namun kedua lembaga tersebut sama-sama menyalurkan loan kepada debitur.

Ada baiknya jika Anda ingin mengajukan loan, lebih baik memilih perusahaan yang memang fokus utamanya kesitu, dengan kata lain multifinance lebih baik dibandingkan lembaga keuangan lainnya.

Marilah kita semua menempatkan sesuatu pada tempatnya, jika fungsi utama bank adalah menghimpun dana dari masyarakat, ada baiknya kita menjadikan lembaga tersebut hanya sebagai tempat menabung saja.

Sehingga untuk masalah pinjaman uang, pilihlah lembaga yang memang fokus bisnisnya ada di bidang itu.

Hal tersebut akan memudahkan Anda kedepannya karena konsumen akan dilayani dengan sangat baik, walalupun tidak disiplin membayar cicilan.

Cara Pembayaran Kredit Multiguna (KMG)

Baik Multifinance atau Bank sama-sama memberikan kemudahan bagi setiap nasabah untuk melakukan pembayaran cicilan tagihan setiap bulannya.

Kedua lembaga tersebut memberikan fasilitas pembayaran yang bervariasi agar dapat memudahkan nasabah untuk membayar angsuran, Caranya sbb:

  • Setor atau tarik dana secara otomatis dari rekening debitur (autodebet atau auto collection).
  • Metode transfer antar bank (in house transfer).
  • Menggunakan layanan e-channel bank seperti SMS Banking, internet banking (ebanking), mobile banking, atau ATM.
  • Setor tunai melalui teller di bank.
  • Fasilitas virtual account
  • Pembayaran di minimarket seperti indomart, alfamart dan lain-lain.
  • Tempat kami sudah bekerja sama dengan pihak kantor pos, sehingga konsumen di wilayah yang sangat jauh sekalipun masih bisa membayar tagihan.

Biaya-Biaya Pembiayaan Multiguna

kredit multiguna bri

Biaya Provisi
Pada saat pengajuan awal, Anda akan dikenakan biaya provisi dan biaya tersebut berlaku untuk KTA maupun pembiayaan multiguna.

Provisi adalah biaya balas jasa ke pihak perusahaan gadai karena telah disetujuinya pengajuan pinjaman.

Banyak yang menyebut bahwa biaya provisi ini hampir sama dengan biaya administrasi. Biaya provisi hanya sekali saja dibebankan ke konsumen pada saat proses pengambilan dana dengan memotong langsung dari uang pinjaman yang sudah dicairkan.

Ada juga lembaga keuangan (Bank) yang tidak memberikan biaya provisi kepada pemohon, namun mereka mengenakan biaya administrasi yang sangat tinggi untuk proses pengurusan kredit.

Dan besarnya biaya provisi untuk KTA tergantung dari kebijakan masing-masing bank penyalur kredit. rata-rata sekitar 1 – 3.5% dari total pokok hutang.

Biaya dibayar di Muka 
Yang dimaksud dengan biaya dibayar di muka adalah biaya yang musti dibayarkan di luar cicilan. Untuk jumlahnya tergantung dari pihak perbankan. Untuk KTA, cost yang dibayar di muka adalah antara 1.5 – 5% dari total pinjaman.

Biaya Bunga
Bank dan Multifinance pasti akan memberikan bunga untuk semua pengajuan pinjaman. Yang membedakannya adalah besarnya bunga tersebut.

Untuk masalah kredit pembiayaan multiguna, bunga di bank cenderung lebih tinggi dibandingkan multifinance atau SolusiBiaya.com

Sebagai contoh, bunga KTA sangat tinggi yaitu antara 20% – 23% per tahunnya. Tingginya bunga KTA ini disebabkan karena KTA tidak menggunakan agunan apapun.

Bunga KTA adalah flat. Contohnya konsumen meminjam KTA dengan bunga sebesar 23% per tahun, maka jika angsuran Anda sudah sedikit, bunga yang dikenakan tetap berlaku sama.

Biaya Penalti
Biaya penalti adalah biaya yang dikenakan kepada nasabah jika melakukan pelunasan dipercepat atau prepayment.

Besarnya biaya ditentukan oleh kebijakan perusahaan masing-masing, lalu siapa yang lebih besar?  dipastikan bank lebih besar dibandingkan multifinance.

Bank sangat benci sekali kepada nasabah yang tidak disiplin membayar angsuran, namun mereka juga tidak suka jika nasabah melakukan pelunasan dipercepat.

Biaya Asuransi 
Jika tenor yang diambil cukup lama, maka nasabah wajib dikenakan biaya asuransi. Namun tidak perlu khawatir karena biaya ini untuk kepentingan si peminjam sendiri.

Perusahaan finance wajib memberikan asuransi jiwa yang akan melindungi pihak penerima credit.

Jenis biaya ini adalah sesuatu yang wajib untuk dikenakan kepada konsumen. Memang banyak yang tidak setuju untuk dikenakan biaya ini karena dianggap hanya menjadi beban saja.

Namun sebenarnya dengan adanya biaya ini, maka akan melindungi kedua belah pihak agar sama-sama aman.

Saran dari SolusiBiaya.com

kredit multiguna bca

Sebagai situs yang memberikan solusi untuk kebutuhan keuangan Anda khususnya untuk pinjaman dana tunai.

Kami sangat menyarankan kepada masyarakat umum dan diri Anda untuk bijaksana serta membatasi bahkan menghindari penggunaan uang pinjaman yang diperoleh untuk kebutuhan konsumtif.

Hal tersebut bukanlah larangan karena kami tidak berhak untuk mengatur penggunaan uang yang sudah cair ke rekening nasabah.

Ada baiknya dana tersebut dapat digunakan untuk membeli aset yang produktif seperti mobil untuk kegiatan operasional bisnis.

Sebagai informasi, definisi dari aset produktif adalah aset yang dapat menghasilkan keuntungan ke rekening Anda.

Salah satu rahasia orang kaya adalah mereka tidak berutang untuk membeli barang yang tidak produktif.

Sehingga mereka bisa bertambah kaya hanya dengan utang produktif.

Demikian informasi mengenai pembiayaan multiguna, semoga artikel ini dapat membantu Anda untuk memilih mana pinjaman yang terbaik dan tidak “mencekik” kondisi finansial Anda.

Jika Anda tidak memiliki banyak waktu untuk mencari produk keuangan mana yang terbaik.

Segera hubungi SolusiBiaya.com karena kami akan membantu Anda tanpa perlu membuat pusing dengan hitungan yang rumit.

Hanya dengan duduk manis saja Anda akan dilayani dengan baik, sehingga tidak perlu antri di kantor cabang.

solusibiaya.com
One comment
  1. Klo mobil saya masih cicilan gmn, saya berniat take over buat lunasin utang

    Reply
Write a Comment

Fast Respon (Anto)