Cara Memulai Bisnis Online dari Nol

Cara Memulai Bisnis Online Dari Nol

Sebelum kita membahas cara memulai bisnis online dari nol, saya ingin bertanya kepada Anda?

Apakah saat ini Anda sudah bosan jadi karyawan? Gaji hanya segitu-gitu aja dan setiap hari harus bertemu dengan “monster” yang membuat hari Anda hanya diisi oleh “kebencian”.

Pasti mayoritas akan menjawab “iya”.

Walau seperti itu, tingkat kerajinan Anda datang ke kantor sangat luar biasa karena niat datang cepat hanya untuk bisa pulang cepat saja.

Hanya karena demi gaji bulanan, Anda bagaikan orang yang hidup segan, mati tak mau.

Itu sangat wajar karena banyak yang mengalami hal tersebut. Jadi Anda tidak sendirian.

Ingin resign tapi belum dapat pekerjaan baru, ingin nekat tapi jaman sekarang mencari pekerjaan sangat sulit, ingin berbisnis tapi tidak punya modal usaha.

Ingin mencoba bisnis tanpa modal tapi takut itu adalah tipu-tipu, ingin menjadi tenaga sales lepas suatu perusahaan tapi merasa tidak ada bakat menjual.

Ya itulah diri Anda, selalu dibayangi oleh rasa ketakutan dan selalu memiliki alasan yang tidak masuk akal padahal belum mencoba.

Kami tahu Anda saat ini memiliki keluarga yang harus diayomi kebutuhannya dan segala tindakan yang tanpa perhitungan yang matang, justru membuat keluarga sengsara.

Kami pun tidak ingin terlihat seperti “motivator abal-abal” yang hanya bisa membuat semangat Anda berkobar-kobar namun tidak memberikan tips dan langkah teknis seperti apa yang harus dilakukan.

Oke, kita kembali lagi ke alasan-alasan diatas tadi yang menghambat Anda untuk berani memulai bisnis.

Di artikel cara memulai bisnis online dari nol ini, penulis tidak ingin menggurui para pembaca karena saya yakin Anda pasti lebih pintar dari saya, TAPI Anda tidak lebih berani dari kami untuk menghadapi tantangan.

Bersyukurlah bahwa saat ini kita hidup di era teknologi internet karena dengan internet, kita semua memiliki peluang yang sama dalam bidang apapun.

Di era seperti ini, anak muda pun bisa menghadapi perusahaan besar untuk bersaing menjual produk dan jasanya.

Bahkan yang lebih mengerikannya lagi, banyak perusahaan-perusahaan “tua” yang mulai bertumbangan karena kehadiran perusahaan kecil atau startup yang mampu memberikan pilihan lebih baik dan lebih murah kepada masyarakat.

Lalu apa yang ada dipikiran Anda sekarang setelah mendapatkan penjelasan mengenai peluang dari internet tersebut.

kami akan tebak.

Pasti Anda akan bilang. Saya gaptek, jadi mustahil juga berbisnis secara online.

Jangan khawatir karena Anda tidak harus menguasai ilmu coding pemrograman untuk bisa nyemplung di bisnis online tanpa modal.

Sekarang sudah banyak fasilitas platform online atau situs-situs yang bisa dimanfaatkan untuk berdagang atau berbisnis.

Dengan hadirnya platform tersebut, maka untuk membuka bisnis online tidak sesulit dibandingkan membuka usaha secara offline karena tidak memerlukan tempat atau toko secara fisik yang tentunya membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Lalu darimana memulainya?

Banyak dari teman saya yang asal jualan di status FB dan setelah saya sarankan untuk mencoba lebih luas lagi dengan memanfaatkan marketplace namun ia bingung start-nya.

Saya akan memberikan tips dan cara memulai bisnis online dari nol hingga benar-benar menghasilkan.

Hal penting pertama yang harus dilakukan adalah ubah pola pikir karyawan menjadi pola pikir pengusaha.

Berbisnis harus fokus, tidak bisa menjadi sampingan. Jadi jika Anda hanya berniat untuk menjadikan usaha Anda sebagai sampingan saja.

Saya sarankan untuk segera urungkan niat Anda dan tetaplah bekerja sebagai karyawan biasa lagi.

cara jualan online shop

Ada salah satu motivator yang bilang bahwa Anda tidak akan bisa memanah dua kelinci sekaligus. Dan untuk kali ini saya setuju dengan pernyataan tersebut.

Bicara memang lebih mudah dibandingkan dengan praktek, apalagi bagi yang sudah bekerja selama lebih dari 5 tahun.

Takut boleh tapi jangan menjadi halangan, silakan lakukan tes pasar terlebih dahulu sambil tetap bekerja di tempat Anda sekarang.

Buat rencana selama 3, 6 dan 12 bulan.

Review hasilnya. Evaluasi seluruh kegiatan bisnis Anda, mulai dari biaya untuk pengeluaran iklan, hingga cara pemasarannya.

Perhatikan tren saat ini dan tingkah laku dari konsumen di era sekarang.

Jika dulu kita melakukan hard selling, mungkin produk bisa terjual lebih mudah, tapi sekarang cara tersebut tidak berguna lagi.

Karena masyarakat sudah bisa dengan mudah mengakses berbagai informasi hanya melalui search engine seperti google dan yahoo.

Gunakan cara soft selling dalam menjual, berikan pengalaman yang unik kepada calon konsumen Anda.

Buat brand Anda kuat dengan cara membuat fanspage di media sosial seperti facebook dan lain-lain.

Layani semua pelanggan yang menanyakan produk Anda karena percuma saja jika Anda sudah menerapkan cara memulai bisnis online dari nol dan mampu memperoleh banyak konsumen tapi jika mereka kecewa, tentu saja tidak akan jadi membeli produk.

Hal yang biasanya terjadi adalah kalau konsumen masih sedikit, pasti kita akan melayaninya dengan baik walau mereka belum tentu beli.

Tapi jika sudah banyak konsumen yang datang atau menanyakan produk Anda, pasti mulai kewalahan dan bahkan tidak sedikit dari kita yang justru akan jutek ke konsumen yang hanya tanya saja.

Semua ada fasenya, fokus dan komitmen terhadap tujuan Anda adalah hal yang sangat penting.

Di tahun-tahun awal memang semuanya sangat sulit. Tidak mendapatkan konsumen, produk tidak laku, biaya untuk iklan sudah banyak keluar.

Tapi justru itulah ujian Anda yang sebenarnya. Membangun produk atau jasa tidaklah mudah.

Tidak mudah berarti tidak mungkin, teruslah bersabar dan tetap berusaha sampai Anda secara tidak sadar sudah berdiri sebagai pemenang.

cara membuka usaha online shop

Tidak perlu mendengarkan perkataan yang bilang bahwa lebih baik bekerja daripada berbisnis.

Sudah sangat sering sekali kita mendengar. Bisnis itu tidak pasti, hanya buang-buang uang dan waktu, menjadi karyawan akan memperoleh gaji serta fasilitas kesehatan yang pasti sudah terjamin, kasihan keluarga akan selalu dihadapi oleh hal yang tidak pasti, dll.

Semua pernyataan tersebut sangat betul sekali.

Jika Anda adalah orang yang berpendidikan dan memiliki kemampuan analisa yang luar biasa. Hasil hitung-hitungan dan analisis Anda pasti akan menyimpulkan bahwa kegiatan berbisnis adalah hal yang beresiko dan tidak harus dijalankan.

Oleh karena itu banyak orang “bodoh” yang lebih sukses karena mereka terus bergerak dan tidak terlalu fokus kepada detail serta perhitungan yang matang.

Mereka hanya melakukan saja apa yang ada didalam pikiran, namun bukan berarti tidak ada perencanaan. Hanya saja rencana yang sedikit tersebut bisa cepat direalisasikan dengan melakukan tindakan nyata.

Baiklah mari kita menuju ke langkah-langkah awal untuk memulai bisnis tanpa modal dengan memanfaatkan internet.

Manfaatkan Media Sosial

Salah satu tips dan cara memulai bisnis online dari nol yang paling ampuh saat ini adalah memanfaatkan media sosial.

Karena sosial media saat ini sudah menjadi kehidupan kedua bagi kita. Jika 1 hari tidak membukanya saja, maka rasanya ada yang kurang.

Padahal kita hanya scroll dari bawah keatas Cuma untuk melihat status atau share seseorang.

Awalnya media sosial tercipta untuk bertemunya orang atau teman di dunia maya.

Namun setelah perkembangannya sudah mulai drastis, maka pihak media sosial melihat ini sebagai peluang untuk menghasilkan uang.

Mereka membuat fasilitas untuk pasang iklan atau ads yang tertarget.

Contohnya adalah FB Ads, yaitu fasilitas iklan di facebook yang memiliki berbagai fitur yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan pemasang iklan.

Perlu diketahui bahwa beriklan di FB Ads lebih baik dibandingkan jika Anda pasang iklan di koran atau surat kabar.

Karena dengan fb ads, kita bisa menargetkan orang yang kriterianya sesuai dengan produk kita.

Ini akan lebih efektif dan efisien dibandingkan dengan beriklan di koran yang pembacanya belum tentu sesuai.

Misalnya Anda ingin menjual kaos karakter dragon ball, dengan fb ads Anda bisa setting iklannya ke orang yang menyukai anime tersebut.

Ini bisa jauh lebih murah jika Anda mampu melakukan analisa target market Anda dengan lebih detail lagi.

Search Engine (Adwords)

Cara memulai bisnis online dari nol selanjutnya adalah menggunakan fasilitas promosi dengan adwords yang tidak kalah efektif dibandingkan dengan fb ads. Bahkan bisa dibilang lebih unggul.

Mengapa bisa lebih unggul?

Jika Anda beriklan di FB, maka Anda sedang menawarkan kepada seseorang yang belum tentu butuh, tapi karena sesuai dengan kriteria target market dari produk Anda, penjualan mungkin bisa terjadi.

Dan jika Anda menggunakan adwords, yang meng-klik iklan Anda adalah orang yang butuh atau sedang mencari jenis produk tersebut.

Diibaratkan seperti ini. Anda pergi ke mall hanya untuk menonton film di bioskop dan tidak ingin membeli apapun, tapi ketika sudah masuk ke dalam mall, Anda melewati berbagai macam kios dan kebetulan Anda melihat barang yang disukai lalu membelinya. Itu adalah FB Ads.

Untuk Adwords adalah jika Anda ingin pergi ke mal, dari awal sudah memiliki tujuan untuk membeli gadget baru dan langsung menuju ke gerai smartphone di mall tersebut.

Kami sarankan jika budget iklan Anda sedikit, tidak perlu mengunakan fasilitas Adwords karena biayanya cukup tinggi.

Namun sebelum memutuskan untuk memilih fasilitas iklan berbayar, lakukan riset terlebih dahulu, karena tidak semua iklan cocok menggunakan adwords maupun sebaliknya.

cara memulai bisnis online tanpa modal

Menggunakan Marketplace

Saat ini sudah banyak marketplace yang menjamur di internet seperti tokopedia, shopee, jd, bukalapak, dll.

Untuk yang baru nyemplung jualan online, lebih baik manfaatkan fasilitas gratis tersebut. Semua cara memulai bisnis online dari nol di artikel ini sangat aplikatif bagi Anda.

Jangan pernah terperangkap oleh pernyataan dari seseorang yang bilang bahwa kamu harus fokus di satu marketplace saja.

Gunakan semuanya. Buat page Anda dengan sangat menarik dari segi logo, deskripsi, dan lainnya.

Terus update produk dan jasa Anda disana.

Jika sudah berjalan cukup lama, pasti akan terlihat marketplace mana yang bisa lebih banyak menjual produk kita.

Dari situ kita bisa mulai berpikir untuk menggunakan fasilitas berbayar milik mereka supaya penjualan lebih tinggi.

Jika dulu masyarakat takut untuk membeli produk secara online, maka sekarang tidak lagi karena di marketplace ada fitur rekening escrow yang dimana jika barang yang diterima oleh konsumen tidak sesuai, maka uang penjualan tidak akan bisa diterima oleh penjual.

Dengan adanya fasilitas tersebut, masyarakat akan merasa aman dalam membeli dan secara tidak langsung akan meningkatkan pertumbuhan bisnis online di Indonesia.

Membuat Website

Nah ini adalah tips yang sering kali kita baca atau dengar di setiap topik mengenai bisnis online.

Menurut saya, kita belum perlu membuat website karena sudah banyak fasilitas yang bisa dimanfaatkan sebagai sarana menjual produk dan jasa seperti sosial media dan marketplace.

Pembuatan situs dibutuhkan hanya ketika penjualan kita sudah cukup baik dan stabil.

Jika Anda tetap ingin membuat situs, itu dapat menyebabkan fokus Anda semakin terpecah karena perlu mengelola produk atau barang di situs.

Mengeluarkan biaya serta membutuhkan sumber daya tambahan untuk mengurus situs tersebut, dan yang paling merepotkan adalah jika produk yang dijual adalah produk-produk yang beraneka ragam bentuk dan ukurannya.

Maka Anda harus terus mengupdate (mengganti/upload) produk itu di situs jika barang berganti model atau habis.

Bandingkan jika Anda hanya menggunakan marketplace saja, pekerjaan untuk mengganti atau update produk akan menjadi lebih mudah dan cepat.

Saat ini di marketplace pun sudah banyak fitur review dan rate produk.

Itu bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan penjualan.

Dengan adanya fitur tersebut, Anda sebagai penjual sudah tidak bisa lagi menjual secara asal-asalan karena di MP, produk dengan review dan rating tertinggi, akan lebih sering muncul atau lebih mudah muncul jika pembeli mencari produk.

Membuat Aplikasi Android dan IOS

Saat ini membuat aplikasi untuk android atau IOS tidak sesulit dulu karena semakin murah dan mudah.

Namun perlu juga dipertimbangkan bahwa tidak semua jenis bisnis bisa cocok menggunakan aplikasi seperti ini.

Mungkin sudah sering Anda dengar bahwa bisnis kamu akan terlihat keren dan profesional jika sudah menggunakan aplikasi untuk jualan.

Di salah satu seminar yang diselenggarakan oleh google, mengatakan bahwa konversi penjualan dari website yang responsive lebih tinggi dibandingkan menjual dengan menggunakan aplikasi.

Kesimpulan dari penulis untuk cara memulai bisnis online dari nol adalah tidak perlu membuat aplikasi, fokuslah ke produk, pelayanan dan penjualan.

Demikian fasilitas yang bisa Anda gunakan untuk memasarkan produk di dunia maya.

Lalu bagaimana caranya untuk mencari produk yang sedang laku dipasaran?

Saran kami adalah sebisa mungkin jual produk milik Anda sendiri, namun tidak ada salahnya menjual produk yang sedang tren saja.

usaha online pemula

Menjual produk yang sedang tren tidak bisa diandalkan untuk memperoleh penghasilan jangka panjang karena sifatnya jangka pendek.

Kecuali Anda sendiri yang memproduksi barang tersebut. Namun jika Anda hanyalah seorang dropshiper maka akan beresiko jika di tengah-tengah penjualan, barang yang dijual tidak ada atau tidak diproduksi lagi.

Sedangkan Anda sudah susah payah memasarkan produk tersebut. Hal ini akan menyebabkan nama baik toko Anda rusak dan pembeli akhirnya kabur.

Manfaatkanlah tren jangka pendek hanya sebagai sampingan dari bisnis utama Anda.

Berikut adalah cara mencari produk yang sedang tren saat ini :

  • Gunakan google trends
  • Manfaatkan fasilitas produk yang banyak dicari atau dibeli (best seller) di tokopedia, bukalapak, olx, dll
  • Riset keyword di search engine

Setelah mengetahui produk-produknya apa saja, langkah selanjutnya cari supplier yang banyak menjual produk tersebut.

Untuk metode penjualannya, Anda bisa memanfaatkan marketplace atau dengan fb ads.

Tapi saya sarankan untuk promosi hanya melalui fb ads saja karena pasar yang dijangkau bisa lebih luas.

Toko di MP Anda, hanya dimanfaatkan untuk landing page saja jika konsumen sudah tertarik dengan produk yang dijual melalui facebook.

Saya berikan contoh :

Misalnya produk yang sedang tren adalah baju atau aksesoris yang berhubungan dengan Dragon Ball Super.

Cari supplier di google, lalu hubungi mereka untuk menanyakan apakah menerima dropship.

Jika iya, pastikan stok produk mereka banyak dan selalu ready. Waktu pengiriman juga harus cepat.

Buat brand sendiri untuk jasa Anda.

Selanjutnya adalah Anda buat akun di marketplace. 1 akun saja di 1 MP, tidak perlu banyak-banyak.

Selanjutnya buat fans page di facebook dengan tampilan yang sangat baik dari segi logo, deskripsi maupun cover.

Isi produk di akun MP dan page FB Anda. Setelah itu gunakan fasilitas fb ads.

Riset dengan teliti pasar dan konsumen mana saja yang dituju (penulis sarankan, perdalam pengetahuan mengenai fb ads karena ini sangat berguna sekali).

Buat post di Page FB yang terkoneksi dengan akun toko di MP yang sudah dipilih sehingga jika konsumen meng-klik post tersebut, akan langsung tertuju ke MP.

Sangat mudah sekali bukan.

Poin pentingnya ada di penguasaan Anda di FB Ads, karena disitulah kunci kesuksesan Anda dalam menjual produk dropship.

Yup, semoga artikel cara memulai bisnis online dari nol ini bisa membantu Anda yang ingin memiliki usaha tapi modal yang dimiliki sangat minim.

jika Anda ingin bisnisnya cepat meroket, sangat dibutuhkan yang namanya modal. Jangan pernah takut untuk mencari pinjaman uang jika Anda yakin bisnis Anda memiliki prospek yang sangat bagus kedepannya.

Salah satu fasilitas pinjaman dana tunai yang bisa diambil adalah gadai bpkb mobil atau motor di solusibiaya.com

Dengan proses mudah, bunga ringan dan cepat cair, Anda bisa mendapatkan pinjaman uang yang bisa dimanfaatkan untuk meroketkan bisnis Anda.

Walaupun bisnis bisa dilakukan tanpa modal, namun dengan adanya modal maka peluang suksesnya makin tinggi.

solusibiaya.com
Write a Comment

Fast Respon (Anto)