Renovasi Rumah Minimalis Bergaya Modern!

renovasi rumah minimalis

Nampaknya renovasi rumah minimalis masih diminati oleh banyak orang sampai beberapa tahun ke depan, mengingat luas tanah yang semakin terbatas apalagi di Ibukota.

Permukiman padat penduduk sudah mulai tidak terkendali semakin banyaknya para pendatang yang tidak langsung mendapatkan pekerjaan di Ibukota membuat banyak tempat tinggal ilegal bermunculan.

Melihat kondisi demikian kita diharuskan untuk pintar-pintar membuat konsep rumah senyaman mungkin walaupun minimalis.

Harga tanah selalu melambung tinggi ini sangat cocok untuk investasi, karena harganya yang lumayan membuat kantong sedikit meringis jadi siapkanlah uang lebih banyak.

Terdapat beberapa alasan yang melatarbelakangi orang masih tertarik dengan konsep minimalis.

Apa itu Minimalis?

renovasi rumah subsidi

Istilah minimalis sedang naik daun sejak 2 tahun terakhir ini, pertama kali konsep ini dikenal karena gaya hidup orang jepang yang rela untuk hidup “apa adanya”.

Lebih mengutamakan produk yang mempunyai nilai atau berguna daripada menghabiskan uang untuk membeli barang konsumtif (kurang berguna).

Coba anda ingat-ingat kembali, pernahkah membeli barang dengan harga mahal namun pemakaian hanya sekali setelah itu hanya ditumpuk dengan barang-barang bekas lainnya?

Barang tersebut hanya membuat ruangan kamar atau ruangan tertentu penuh, seharusnya masih terdapat ruang kosong untuk meletakkan perabot tetapi terkendala karena tumpukkan barang.

Pemilik rumah yang lebih menyukai rumah konsep minimalis, sudah harus mempersiapkan “peta” sendiri.

Less is More merupakan filosofi ajaran buddhism zen, penulis buku Fumio Sasaki lewat tulisannya berbagi pengalaman hidup tentang cara hidup minimalisnya.

Beliau menunjukkan furniture seperti meja kerja, beberapa peralatan kamar mandi dan perlengkapan di kamar tidur yang ala kadarnya.

Terdengarnya sangat mudah dilakukan oleh siapapun bukan? Setelah anda praktekkan pola hidup demikian sebagian orang tidak mampu karena dibutuhkan kekonsistenan.

Renovasi Rumah Minimalis

cara renovasi rumah lama

Orang masih saja ada yang salah kaprah mengenai konsep minimalis mereka hanya berpikir rumah minimalis dari segi interior dan eksterior.

Padalah bukan hanya sekedar itu saja, membuat rumah konsep minimalis masih ada kaitanya dengan gaya hidup penghuni/pemilik.

Logikanya adalah bagaimana bisa seseorang yang masih berpikiran konsumtif (membeli barang-barang konsumtif) tapi menginginkan rumah desain minimalis?

Baca Juga : Gadai Sertifikat Rumah Tanpa Ribet Bunga Rendah

Anda sebenarnya dituntut untuk dapat memilah dan memilih barang apa yang bisa diletakkan di rumah.

Rumah “kecil” di dalamnya terdapat banyak furniture besar kami rasa kurang cocok dan terlihat sesak, kecuali pemilik rumah pintar mengakalinya.

Sebelum berniat untuk melakukan proses renovasi rumah minimalis persiapan dana adalah yang utama karena tanpa dana cukup renovasi akan dikerjakan ditengah jalan hasilnya pun tidak akan apik sesuai harapan.

Dibawah ini merupakan furniture pendukung untuk rumah minimalis anda :

  • Sofa jangan terlalu besar agar ruang tamu tidak terlihat sempit
  • Coffee Table berbahan kayu jati + finishing cat duco
  • Siapkan cermin besar di ruangan besar (berlawanan dengan jendela luar)
  • Pemilihan meja makan sendiri ada breakfast bar dan pedestel bar
  • Ubah dapur agar tidak terlihat sempit dengan bentuk U
  • Pilihlah tanaman hias kaktus bonsai (kesan alami)
  • Tambahkan aksesoris dinding boleh berupa foto keluarga, cermin dinding, atau tulisan vintage

Kelebihan dan Kekurangan

biaya renovasi rumah minimalis

Berikut adalah kelebihan dan kekurangan mempunyai rumah konsep minimalis :

Kelebihan

  1. Semakin Sedikit Barang Kekacauan Semakin Kecil

Furniture yang dibutuhkan lebih sedikit dan fungsional mulai dari lemari sampai tempat tidur pemilihannya harus tepat.

  1. Pengerjaannya Cepat dan Mudah

Bentuknya yang sederhana membuat pengerjaanya lebih cepat, bagian terpenting finishing aslinya cukup sulit untuk bidang tertentu.

Namun peluang untuk rumah konsep tersebut lebih cepat sehingga banyak sekali yang menawarkan rumah minimalis. Tidak perlunya penggunaan banyak warna karena dengan 1 warna blok sudah cantik.

  1. Lebih Mudah Dalam Penataan

Setiap ruangan mempunyai fungsi berbeda-beda kita ambil contoh ruang kerja, masih berkaitan dengan poin pertama tentang pemilihan furniture pilihlah meja kerja yang fungsional jangan terlalu besar atau kecil.

  1. Terlihat Rapi dan Modern

Renovasi rumah minimalis dengan dekorasi minim namun tetap terkesan modern menjadi daya tarik utama. Bentuk rumah tidak berbelit-belit dan developer rumah menawarkan kepada generasi milenial dengan harga cukup terjangkau.

  1. Bersih dan Elegan

Permainan 1 warna memberikan kesan bersih, elegan dan luas. Kebersihan ditekankan juga di konsep ini.

  1. Bentuk Sederhana dan Umum

Dari segi bentuk sangat sederhana dan apa adanya itulah yang disukai oleh banyak orang, sehingga mereka tertarik untuk melakukan renovasi rumah minimalis.

Keseluruhan rumah memang mempunyai fungsi masing-masing sehingga tidak adanya ruangan kosong tak terpakai. Kalaupun ingin ada gudang khusus penataannya juga harus rapi agar tidak kelihatan berantakan.

Kekurangan

  1. Cukup Sulit Membangun Rumah Minimalis yang Rapi

Keterbatasan teknologi dan skill pekerja membuat rumah minimalis terkadang kurang rapi (pembangunan rumah baru atau renovasi).

  1. Adanya Kesan “Kosong” Tanpa Makna Apapun

Tidak adanya makna apapun, sederhana, tanpa dekorasi berlebihan itulah konsep minimalis. Ada yang mengganggap merenovasi atau membangun rumah minimalis berarti menghilangkan identitas arsitektur lokal. Benarkah demikian?

Semua sebenarnya tergantung pemilik rumah karena setiap orang memiliki selera berbeda-beda, kita ambil contoh saja rumah minimalis bali walaupun konsep sederhana tetap pemilik menambahkan nuansa bali jadi sepertinya anggapan menghilangkan identitas arsitektur lokal kurang tepat.

  1. Butuh Modal Cukup Besar agar Sesuai Selera

Perlu tambahan untuk renovasi rumah minimalis? Kami siap membantu anda untuk memperolehnya dengan cepat bisa menggunakan agunan BPKB motor, mobil atau SHM tergantung kebutuhan dana.

Biaya tak terduga akan muncul setelah hitung menghitung dan seringkali ternyata budget diluar dugaan apalagi kalau sudah memakai jasa developer atau tukang kerja yang kredibilitasnya bagus.

  1. Tidak Memiliki Identitas Lokal

Cara mengakalinya sudah diinfokan di poin ke 2 tapi sebagai info tambahan bagi pembaca jika terlalu banyak barang tambahan justru menghilangkan kesan minimalis, setuju?

Bagaimana Cara Membuat Taman Belakang untuk Rumah Minimalis?

renovasi rumah minimalis budget 30 juta

Pertama, mempertimbangkan luas area lahan dan tata letak taman akan mempengaruhi tema dan jenis tanaman yang diinginkan. Bila taman belakang lahannya cukup luas anda dapat menambahkan lampu taman.

Sedangkan untuk lahan sempit letakkan tanaman kecil di area, hindari mengurangi tanaman terlalu banyak untuk menghindari kesan sumpek. Dengan lahan terbatas tanaman gantung atau tanaman di pipa-pipa sangat cocok.

Kedua, memilih jenis tanaman yang sesuai sebelum pergi untuk membelinya sebaiknya anda mencatat terlebih dahulu. Sesuaikan dengan luas lahan jika sempit hindari untuk membeli tanaman ukuran besar.

Ketiga, perhatikan drainase atau saluran air. Drainase fungsinya adalah untuk mengatur dan menyerap kelebihan daya air supaya tidak menggenang.

Penyerapan air yang bagus, tanaman akan tumbuh subur. Tanah yang terlalu kering tandanya unsur hara di dalam tanah berkurang.

Tunggu apalagi ingin renovasi rumah minimalis bergaya modern? Lakukan sekarang juga dan dapatkan dana tambahannya disini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp Chat Only