Tips Membeli Mobil Baik Cash atau Kredit

tips membeli mobil

Saat jumlah keluarga semakin besar karena jumlah anak yang bertambah, maka kebutuhan alat transportasi pun meningkat.

Apalagi saat tinggal di kota besar yang butuh mobilitas tinggi, maka mobil merupakan pilihan transportasi yang paling tepat.

Namun tahukah jika membeli mobil tidak semudah itu, tidak boleh sembarangan untuk mendapatkan mobil yang tepat. Simak tips membeli mobil di bawah ini.

Tips Membeli Mobil

pertanyaan saat membeli mobil baru

  1. Tentukan Kebutuhan Mobil Terlebih Dahulu

Pertama yang harus dilakukan saat ingin membeli mobil tentu saja adalah menentukan kebutuhan mobil terlebih dahulu.

Tentukan tujuan membeli mobil terlebih dahulu, untuk mobil keluarga, bisnis, sport atau kebutuhan lainnya.

Ada banyak sekali jenis mobil yang ada di pasaran yang akan membuat pembeli bingung jika belum memiliki pilihan yang jelas.

Oleh sebab itu sangat penting melakukan tips membeli mobil yang pertama yaitu menentukan kebutuhan mobil terlebih dulu sebelum membelinya.

Jika ingin memiliki mobil keluarga maka mobil kelas MPV akan sangat tepat untuk memenuhinya. Ada juga mobil sport atau mobil mewah yang bisa dipilih sesuai kebutuhan.

  1. Kumpulkan Informasi Sebanyak-banyaknya

Setelah menentukan ingin jenis mobil apa, maka harus mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya tentang mobil yang diinginkan.

Penting melakukan hal ini untuk mendapatkan semua informasi tentang mobil yang diinginkan agar tidak sampai salah memilih.

Kumpulkan informasi lengkap mulai dari fasilitas, fitur-fitur keamanan dan kenyamanan, desain interior dan eksterior, kapasitas, kebutuhan BBM dan lainnya.

Jika perlu cari juga informasi review oleh pengguna jenis mobil yang sama sebelumnya. Dengan begitu dapat mengetahui pendapatan sebenarnya dari para pengguna mobil tersebut untuk dijadikan pertimbangan dalam mengambil keputusan.

  1. Pilih Sesuai Budget yang Dimiliki

tips membeli mobil bekas matic

Dari sekian banyak mobil sudah seharusnya memilih mobil yang sesuai dengan budget yang dimiliki di tabungan.

Sangat penting mengendalikan diri untuk tidak memilih jenis mobil yang melewati batas kemampuan, untuk menghindari masalah di belakang.

Baca Juga : Kualitasnya Diragukan, Mobil China Siap “Merusak” Harga Pasar

Jangan sampai hanya menuruti gengsi semata kemudian memilih mobil yang mewah di atas kemampuan finansial sebenarnya. Hal ini akan berakibat pada ketidakmampuan membayar jika membelinya secara kredit.

Jika membeli secara tunai maka akan menghabiskan tabungan bahkan dana darurat, yang akan mengacaukan perencanaan keuangan.

  1. Cari Tempat yang Menyediakan Mobil Impian

Setelah mendapatkan mobil pilihan yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan, maka tips membeli mobil selanjutnya adalah mencari showroom yang menyediakannya.

Sebuah tempat tentu tidak menyediakan semua jenis mobil dan berbagai merek mobil, jadi harus mencari showroom yang menyediakan.

Cari sebanyak-banyaknya tempat yang menyediakan jenis mobil yang dicari, agar semakin banyak bahan perbandingan.

Siapa pun pasti mencari mobil terbaik dengan harga termurah, untuk itulah perlu mencari showroom terbaik untuk menyediakan semuanya.

Dengan begitu maka bisa mendapatkan mobil terbaik sesuai kebutuhan dengan harga yang sesuai dengan kemampuan atau bahkan lebih murah.

  1. Luangkan Waktu untuk Mencari Mobil di Setiap Showroom

Setelah mengumpulkan sejumlah nama showroom, maka luangkan waktu untuk melakukan survei sendiri.

Cari apakah mobil yang dibutuhkan memang benar-benar ada di showroom tersebut, buktikan dengan mata kepala sendiri.

Tanyakan secara detail informasi terkait dengan mobil yang dicari, mulai dari harga, fitur di dalamnya dan info lainnya.

Jangan perah malu untuk bertanya kepada petugas atau sales di showroom tersebut untuk mendapatkan informasi yang lengkap.

Semakin lengkap akan semakin baik dan memudahkan pengambilan keputusan saat memilih showroom untuk membeli mobil. Dengan begitu akan memudahkan dalam melakukan pemilihan showroom yang paling tepat.

  1. Periksa dengan Teliti Fitur-Fitur Dalam Mobil

tips membeli mobil bekas avanza

Jangan berhenti sampai pada informasi yang diberikan oleh petugas sales saja, karena harus dibuktikan sendiri info-info yang sudah didapatkan.

Periksa dengan teliti sambil mencocokkan antara informasi dengan fitur atau spesifikasi yang telah disampaikan petugas sales.

Dengan demikian bisa membuktikan antara informasi dan kenyataan yang ada dalam mobil yang dicari tersebut.

Periksa dengan teliti fitur-fitur, spesifikasi, desain interior dan eksterior apakah benar-benar sesuai dengan informasi yang diberikan oleh sales.

Jika tidak sesuai maka bisa segera mengundurkan diri, dan mencari mobil atau showroom yang lain.

  1. Jangan Terkesan Sangat Membutuhkan Mobil

Satu lagi tips membeli mobil yang harus dilakukan adalah jangan sampai terkesan tergesa-gesa dan sangat membutuhkan mobil.

Hal itu akan dijadikan senjata oleh sales untuk mempengaruhi pembeli dengan memberikan harga yang tinggi.

Jika benar terjadi demikian maka keadaan ini akan sangat merugikan bagi pembeli mobil, karena akan mendapatkan harga yang tinggi.

Selain itu sales juga akan mendesak untuk segera memutuskan membeli di showroom tersebut. Padahal mungkin masih banyak pilihan showroom lain yang lebih bagus, sangat merugikan bukan?

  1. Pilih Dealer dengan Penawaran Terbaik

Setelah mendapatkan informasi yang tepat akan mobil dan showroom-nya maka saatnya memilih dealer yang tepat untuk membeli mobil.

Pertimbangkan dengan baik fasilitas, bonus atau diskon harga serta kualitas mobil yang akan dibeli.

Sebisa mungkin pilih dealer yang memberikan penawaran terbaik dengan harga terendah dan kualitas terbaik serta bonus terbanyak.

Akan sangat beruntung jika pembeli mendapatkan penawaran lengkap dari dealer yang seperti itu.

Maka dari itu, pilih dengan tenang dan selektif jangan terburu-buru saat menentukan pilihan dealer untuk membeli mobil baik cash atau pun kredit.

Dengan demikian pembeli akan mendapatkan mobil terbaik sesuai kebutuhan dengan harga sesuai kemampuan.

  1. Mintalah Test Drive

tips membeli mobil bekas

Jika memungkinkan mintalah test drive kepada petugas dealer tempat membeli mobil, agar bisa merasakan mengendarai mobil yang dipilih.

Dengan melakukan test drive maka pembeli bisa membuktikan sendiri dan merasakan fitur-fitur yang dimiliki mobil tersebut.

Selain merasakan fitur-fitur kenyamanan dan keamanan juga bisa melihat secara langsung desain interior mobil dan seat mobil tersebut.

Dengan demikian pembeli bisa memutuskan dengan tepat, untuk membeli mobil atau tidak setelah merasakan sendiri kenyamanan mobil.

Test drive bisa meyakinkan atau malah membuat pembeli mengurungkan jika fitur yang dirasakan saat test drive tidak sesuai dengan keterangan sales.

  1. Jika Membeli Kredit Siapkan Setidaknya 25% Dari Harga Mobil

Setelah yakin memilih sebuah mobil, maka putuskan bagaimana cara membelinya, mau cash atau kredit? Jika memutuskan kredit karena budget tidak mencukupi membeli secara cash maka setidaknya harus tersedia uang 25% dari total harga mobil.

Tips membeli mobil yang satu ini penting karena berpengaruh pada kemampuan finansial saat membayar angsuran mobil.

Jika memiliki budget lebih besar dari 25% akan lebih bagus, karena efeknya angsuran mobil akan lebih kecil. Maksimalkan kemampuan mengangsur saat memutuskan memilih beli mobil secara kredit agar bunga tidak membengkak.

Nah, itulah tips membeli mobil yang bisa dilakukan untuk mendapatkan mobil terbaik dari segi kualitas dan harga.

Ingat, beli mobil sesuai kebutuhan jangan terlalu meninggikan gengsi padahal tidak sesuai kemampuan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp Chat Only