Cara Mengatasi Kredit Macet Secara Cerdas dan Tepat

kredit macet

Sebelum membahas mengenai bagaimana cara untuk mengatasi kredit macet, ada baiknya kita bahas terlebih dahulu apa itu kredit.

Mungkin beberapa dari kita masih ada yang belum paham mengenai apa itu kredit dan kegunaannya.

Kredit adalah sejumlah uang yang dipinjamkan oleh pihak kreditur (leasing atau multifinance dan bank) kepada pihak debitur (nasabah).

Kredit cepat dapat diberikan ke perorangan maupun badan usaha dengan berbagai syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi.

Dalam proses tersebut akan dilakukan suatu perjanian atau akad yang berfungsi sebagai pengikat antara kedua belah pihak.

Perjanjian yang dilakukan tersebut memiliki kekuatan hukum tetap sehingga kedua belah pihak akan merasa aman karena telah dilindungi oleh hukum yang berlaku.

Didalam perjanjian kredit, pihak debitur atau peminjam dana tunai, diharuskan untuk melakukan pembayaran cicilan tagihan dengan cara mengangsur setiap bulan hingga seluruh pinjaman beserta bunganya lunas.

Atau dengan kata lain, pembayaran angsuran bulanan harus dibayar tepat waktu sesuai perjanjian, jika melewati batas waktu maka nasabah akan dikenakan sanksi berupa denda keterlambatan.

Untuk proses pengajuan pinjaman uang atau kredit, ada beberapa tahap yang harus dilakukan yaitu:

  1. Calon peminjam uang dapat mengajukan kredit kepada pihak leasing dan bank. Hal ini bisa dilakukan jika semua persyaratan yang ditentukan oleh pihak finance bisa dipenuhi oleh konsumen (terlampir didalam aplikasi pengajuan kredit).
  2. Pihak perusahaan akan melakukan verifikasi awal melalui telepon, lalu survey unit yang akan dijaminkan serta pengecekan keabsahan data dari calon peminjam. Hal tersebut dilakukan untuk memastikan bahwa semua data dan dokumen benar-benar valid. Setelah semua data sesuai dengan profil atau unit dari si calon nasabah, maka pinjaman dapat dicairkan.
  3. Jika nasabah dianggap layak atau eligible, maka pihak multifinance atau bank akan menyetujui permohonan kredit, namun jika ternyata data tidak valid dan kapasitas dari calon peminjam dianggap tidak sesuai kriteria, maka permohonan pinjaman tidak dapat disetujui.
  4. Sebelum pinjaman dicairkan, kedua belah pihak terlebih dahulu melakukan akad atau perjanjian kredit. Dalam perjanjian tersebut berisi berbagai hal-hal yang harus dilakukan oleh kedua belah pihak dan tidak boleh dilaanggar dengan alasan apapun. Selain butir-butir perjanjian, disana juga mencakup perhitungan bunga, denda, biaya serta penalti jika melakukan pelunasan dipercepat (prepayment). Hal lain yang penting adalah konsekuensi yang harus ditanggung jika ada pihak yang melanggar perjanjian atau wanprestasi.

Bagi pihak kreditur, setiap perusahaan atau lembaga keuangan pasti memiliki kriteria yang berbeda-beda, mulai dari pencairan, kriteria kendaraan hingga bunga yang diterapkan.

Bukan hanya itu saja, biasanya dalam menilai calon nasabah juga tidak sama antara satu perusahaan dengan perusahaan keuangan lainnya.

Itulah mengapa SolusiBiaya.com hadir ditengah-tengah masyarakat, kami menjadi solusi bagi Anda sehingga Anda tidak perlu mencari lembaga peminjaman uang terbaik, karena kami yang akan mencarikan dan kami terbaik.

Biasanya finance akan melakukan penggolongan terhadap seluruh pengajuan dari calon konsumen.

Penggolongan kualitas kredit yang dilakukan memiliki tujuan untuk menghitung potensi kerugian karena pihak kreditur pasti akan berusaha menghindari yang namanya kredit macet.

Pengertian kredit macet adalah kredit yang sudah berada dalam tahap tidak mampu dibayar lagi oleh peminjam karena debitur mengalami kesulitan keuangan sehingga tidak sanggup untuk melunasi angsuran pinjaman.

Pada umumnya lembaga keuangan memiliki laporan lengkap mengenai pembayaran angsuran setiap nasabah mereka.

Hal tersebut bisa memperlihatkan lancar atau tidaknya pembayaran cicilan yang dilakukan oleh calon debitur terhadap pinjaman kredit sebelumnya atau yang saat ini masih jalan.

Sebenarnya bukan hanya pihak kreditur yang diuntungkan dengan adanya penggolongan ini karena bagi calon nasabah pun juga akan memperoleh manfaatnya.

Misalnya nasabah mendapatkan informasi mengenai kualitas kredit mereka sehingga nasabah bisa memperbaikinya.

Kadang tidak semua perusahaan finance yang bersedia untuk menjelaskan kepada konsumen padahal hal tersebut sangat penting.

Karena selain mengetahui kualitas kreditnya, calon nasabah juga bisa paham mengenai konsekuensinya jika tidak disiplin membayar angsuran tiap bulannya.

Mengajukan Kredit Pinjaman Multiguna di SolusiBiaya dengan Persyaratan yang Mudah dan Bunga Paling Rendah

apabila sudah terjadi kredit macet apa yang dilakukan oleh bank

Mayoritas tujuan utama seseorang meminjam uang adalah untuk membayar kebutuhan mendesak.

Oleh karena itu pada dasarnya mereka tidak peduli setinggi apapun bunga yang dikenakan dan yang penting adalah cepat cair.

Hal tersebut yang membuat pinjaman rentenir atau perseorangan sangat menjamur di tengah masyarakat kita.

Namun dengan hadirnya SolusiBiaya.com, selain masyarakat bisa terbantu untuk mendapatkan uang secara cepat, bunga yang diterapkan juga sangat rendah dibandingkan tempat lain.

Walaupun kami bisa membantu kebutuhan finansial Anda, mohon Anda juga dapat bertanggungjawab mengenai kewajiban pelunasan hutang.

Hindari yang namanya kredit macet karena bisa merugikan Anda kedepannya. Jika Anda pernah bermasalah di bank, kami tetap bisa membantu.

Tidak perlu mengajukan ke bank jika kualitas kredit Anda sangat buruk karena data Anda langsung di reject di bank manapun.

Mengapa hal tersebut bisa terjadi?

Di Bank ada yang namanya SID atau Sistem Informasi Debitur di Bank Indonesia, dengan adanya sistem tersebut maka seluruh informasi mengenai debitur untuk riwayat kredit bisa diketahui oleh pihak Bank.

Dalam membuat keputusan, Bank pasti akan mengacu kepada data di SID sebelum memberikan persetujuan kredit.

Itulah alasan utama mengapa harus menghindari bank untuk mencari pinjaman uang jika Anda merasa BI Checking nya bermasalah.

Lalu mengapa kualitas kredit seseorang bisa buruk dan apabila terjadi kredit macet bagaimana keadaan barang jaminan?

Hal ini bisa dikarenakan oleh berbagai hal seperti kesengajaan dari pihak debitur sendiri atau hal diluar perhitungan dan perencanaan awal yang menyebabkan peminjam uang tidak mampu melakukan pelunasan terhadap seluruh hutangnya.

Seluruh perusahaan peminjaman uang mulai dari bank hingga multifinance pasti tidak akan menyukai dampak kredit macet.

Karena hal tersebut dapat mengganggu kinerja keuangan perusahaan dan kegiatan operasional dari kreditur itu sendiri, apalagi jika jumlahnya sangat besar.

Berikut ini akan kami informasikan beberapa faktor dari pihak lembaga keuangan yang bisa menyebabkan kredit macet.

  1. Adanya kelalaian yang menyebabkan kesalahan dari pihak leasing atau bank ketika melakukan analisa data konsumen untuk memenuhi berbagai persyaratan kelayakan pengajuan kredit.
  2. Tidak memiliki sistem mumpuni yang bisa menilai layak atau tidak data konsumen untuk diberikan kredit. Hal ini diperparah oleh kemampuan tim kerja dari perusahaan tersebut yang tidak mampu mengambil keputusan dengan tepat.
  3. Plafon pinjaman yang dicairkan ke nasabah memiliki tingkat resiko gagal bayar yang cukup tinggi.
  4. Pengawasan yang lemah dari pihak manajemen keuangan perusahaan ke tim kredit, sehingga mereka kurang teliti dan terlalu bebas untuk memberikan pencairan.
  5. Pencairan pinjaman itu sendiri melebihi dari batas kemampuan pihak pemberi dana atau kreditur.
  6. Ketidakmampuan untuk memahami segala resiko yang berhubungan dengan pinjaman uang.

Beberapa faktor diatas bisa berpotensi untuk terjadinya kredit macet. Hal itu bisa berdampak pada kinerja perusahaan keuangan pemberi pinjaman dana tunai.

Berikut ini adalah kriteria nasabah yang pinjamannya masuk dalam kategori macet. Semoga Anda tidak masuk dalam kategori tersebut.

  • Pinjaman sudah masuk kategori tertinggi dan tidak bisa lagi digolongkan kedalam kredit lancar, kredit diragukan dan kredit kurang lancar.
  • Sudah memenuhi berbagai unsur atau kriteria sebagai kredit diragukan dalam jangka waktu sekitar 21 bulan dan nasabah dalam jangka waktu tersebut nasabah tidak ada itikad baik untuk melakukan pembayaran angsuran.
  • Penyelesaian perjanjian kredit sudah diserahkan kepada pihak BUPN dan pihak perusahaan sudah mengajukan permintaan ganti rugi kepada pihak perusahaan asuransi rekanan yang ditunjuk atau bertindak sebagai penjamin.

Cara Mengatasi Kredit Macet

pengertian kredit macet menurut para ahli

Dengan adanya fasilitas kredit multiguna bisa memudahkan masyarakat yang sedang membutuhkan pinjaman uang cepat cair.

Karena sifatnya yang fleksibel, jenis pinjaman ini jauh lebih baik dibandingkan dengan KTA (Kredit Tanpa Agunan).

Untuk memperolehnya, konsumen bisa memilih gadai bpkb mobil atau gadai bpkb motor. Sangat disarankan untuk pinjaman nominal kecil atau sampai dengan 15 juta, lebih baik menggunakan BPKB motor sebagai jaminan.

Sedangkan untuk pinjaman diatas 20 juta bisa menggunakan bpkb mobil sebagai jaminan. Untuk masalah bunga, agunan mobil lebih rendah dibandingkan motor.

Kedua jenis pinjaman dengan agunan tersebut, bunganya jauh lebih rendah dibandingkan dengan KTA yang bisa 8 persen perbulan.

Bahkan ada beberapa situs penyedia jasa pinjaman tanpa agunan yang batas maksimal tenornya adalah 30 hari dan bunganya dihitung 1 persen perhari atau 30 persen perbulan.

Namun apapun jenis loan yang diambil, ada baiknya hindari yang namanya kredit macet karena hal tersebut tidak disukai oleh perusahaan peminjam dana dan bisa merugikan si nasabah sendiri.

Tetapi bagaimana jika sudah terlanjur mengalami gagal bayar karena kondisi keuangan kita sedang buruk.

Jangan khawatir, berikut ini adalah teknik penyelesaian kredit macet dan contohnya. Silakan lakukan instruksi dibawah ini.

Memperpanjang Tenor

Pembiayaan multiguna adalah fasilitas kredit terbaik yang ada saat ini. Anda dapat menggunakan dana pencairan untuk berbagai hal seperti untuk memenuhi kebutuhan produktif atau konsumtif.

Namun, jika kondisi keuangan Anda sedang bermasalah dan tidak sanggup melanjutkan pembayaran angsuran bulanan.

Maka segera konsultasikan dengan pihak multifinance atau bank untuk mencari solusi yang terbaik. Salah satunya adalah dengan cara memperpanjang tenor atau jangka waktu pembayaran supaya cicilan semakin ringan.

Restructuring / Restrukturisasi

Kredit di lembaga keuangan resmi seperti Bank dan Multifinance/leasing pasti akan berhubungan langsung dengan institusi tersebut untuk pemrosesannya.

Jika Anda merasa bahwa dalam beberapa bulan kedepan kemampuan keuangan sudah tidak sanggup untuk membayar cicilan bulanan, jangan diam saja.

Segera hubungi atau datang ke bank/multifinance untuk mengkonsultasikan hal tersebut dan mintalah persyaratan kembali (restructuring).

Selanjutnya bank akan memberikan solusi yaitu menawarkan beberapa opsi yang sesuai dengan kondisi finansial Anda saat ini.

Penggolongan kredit macet ada 3 kelompok, yaitu;

  • Kredit kurang lancar
  • Kredit macet
  • Kredit diragukan

Melakukan Konversi Tunggakan Hutang Menjadi Pokok Kredit Baru

kasus kredit macet dan penyelesaiannya

Pinjaman dengan tenor yang panjang biasanya akan berpotensi gagal bayar dikarenakan nasabah malas atau sudah bosan disamping kondisi keuangannya yang buruk.

Jika Anda sudah merasa seperti itu segera konsultasikan ke pihak bank dan minta kepada mereka untuk melakukan konversi tunggakan.

Hal tersebut dapat membuat Anda untuk melakukan pembayaran bunganya dibelakang sehingga tidak memberatkan Anda.

Pembebasan Bunga Kepada Peminjam

Selain cara yang mewajibkan nasabah untuk membayar bunga kreditnya saja, maka dengan cara ini akan sedikit berbeda.

Bank akan melakukan penghapusan bunga yang dibebankan kepada nasabah. Dengan mekanisme seperti ini, debitur hanya diwajibkan untuk membayarkan sisa pinjaman pokoknya saja.

Namun hal ini harus melewati proses yang cukup panjang dan bank harus memastikan bahwa nasabah yang akan diberikan fasilitas tersebut saat ini memang sudah tidak mampu lagi secara keuangan.

Rajin Membayar Angsuran Bulanan

Pada umumnya pinjaman multiguna ditawarkan sebagai solusi dan bukan menjadi beban, namun yang memberatkannya justru dari konsumen itu sendiri.

Oleh sebab itu jika tidak ingin menjadi beban finansial, Anda harus disiplin membayar cicilan bulanan.

Salah satu solusi yang bisa Anda lakukan jika tidak ingin telat bayar angsuran adalah dengan mendaftarkan pembayaran secara autodebet.

Hal itu akan membuat tagihan Anda akan terbayar secara otomatis, namun Anda harus selalu menyisihkan saldo di nomor rekening yang sudah di setting autodebet.

Reschedulling (Penjadwalan Kembali)

makalah kredit macet

Pada umumnya kredit macet terjadi karena nasabah sudah tidak mampu lagi membayar cicilan dalam jangka waktu tertentu.

Segera ajukan reschedulling sebelum masalah terjadi. Itu akan lebih baik dibandingkan Anda selalu dikejar-kejar oleh debt collector atau penagih hutang.

Pihak kreditur dengan senang hati akan membantu jika nasabah sejak awal mau kooperatif dan ada itikad baik menyelesaikan semua tanggung jawabnya.

Saran dari kami, jika Anda sudah mendapatkan peringatan terakhir, segeralah lakukan penjadwalan kembali untuk mengajukan penambahan waktu.

Menjaminkan Barang Agunan

Jika Anda sudah benar-benar tidak memiliki kemampuan untuk melunasi sisa hutang, tidak perlu khawatir karena masih ada cara yaitu dengan menggadaikan barang yang memiliki nilai taksiran yang sama dengan pokok hutang beserta bunga yang belum terbayar.

Ini dilakukan jika Anda meminjam di pegadaian. Jika pinjam uang ke bank, silakan tawarkan opsi ini ke pihak bank.

Jika Anda pinjam uang dengan cara gadai BPKB, maka pihak leasing akan melakukan penyitaan unit agunan Anda.

Jangan pernah berniat “menjual” mobil atau motor Anda dengan memanfaatkan mekanisme pinjaman dana tunai dengan gadai BPKB.

Lebih baik lakukan pengajuan pinjaman secara wajar dengan plafon yang bisa diperoleh yaitu sebesar 60% – 85% dari harga OTR kendaraan yang berlaku saat ini.

Banyak sekali konsumen yang coba “mengakali” pihak leasing atau bank dengan cara tersebut, namun saat ini sudah tidak mudah lagi karena pihak perusahaan gadai sudah melakukan antisipasi sejak awal.

Negosiasi dengan Penagih Hutang

Pada umumnya ada beberapa hal yang menjadi faktor kredit macet, begitu juga dengan cara menyelesaikannya.

Saran ini sebenarnya adalah “cara lain” supaya Anda tidak stres karena dikejar-kejar oleh collector. Pada umumnya penagih hutang pasti akan bertindak bengis untuk menakuti nasabah yang nakal.

Anda harus bisa meyakinkan mereka bahwa Anda memiliki itikad baik untuk melunasi semua tunggakan.

Lakukanlah negosiasi dengan penagih tersebut. Yang dimaksud dengan negosiasi disini adalah Anda membuat perjanjian mengenai nominal yang bisa dibayarkan serta tanggal berapa untuk menyetorkannya.

Lakukan Pelunasan Dipercepat (Prepayment)

Pada umumnya minimal tenor yang ditawarkan dari perusahaan finance kepada calon nasabahnya adalah 12 bulan.

Namun jika Anda kebetulan memiliki uang yang cukup banyak, lebih baik jangan digunakan untuk kegiatan yang konsumtif.

Segera lakukan pelunasan dipercepat atau prepayment untuk semua sisa hutang Anda di perusahaan gadai.

Tetapi tidak semua perusahaan finance yang senang dengan hal ini sehingga mereka tetap memberikan fasilitas ini namun sangat memberatkan nasabah.

Contohnya adalah konsumen harus melunasi semua sisa angsuran dan penaltinya namun bunga tidak dihapuskan atau sisa pokok ditambah angsuran yang masih berjalan.

Di SolusiBiaya.com tidak “sejahat” itu karena kami hanya memberikan penalti sekitar 5 – 8 persen dari sisa outstanding dan semua sisa bunga yang masih berjalan akan dihapuskan.

Perusahaan yang sudah berpengalaman seharusnya memiliki cara penagihan kredit macet yang efektif.

Pilihlah Perusahaan Pembiayaan yang Berkualitas dan Terbaik

jenis jenis kredit bermasalah

Ini sudah kami tegaskan dari awal jika Anda tidak ingin mengalami kesulitan kedepannya, pilihlah perusahaan peminjaman dana yang berkualitas dan kredibel.

Jangan mudah terpengaruh oleh promo bunga yang tidak masuk akal seperti bunga 0% dengan plafon pencairan 100% dari harga OTR yang berlaku saat ini.

Itu semua adalah omong kosong. Jika Anda tidak percaya, silakan dicoba saja.

Salah satu situs terpercaya yang memiliki fasilitas pinjaman dana tunai gadai BPKB mobil dan Motor terbaik di Indonesia adalah SolusiBiaya.com

Berpengalaman selama bertahun-tahun sebagai tempat gadai bpkb yang melayani ribuan konsumen di seluruh Indonesia. Dengan aset triliunan yang dimiliki perusahaan pembiayaan terbaik, kami bisa menjamin keamanan BPKB Anda.

Mengapa kami bilang seperti itu? Karena banyak perusahaan finance yang menjaminkan kembali BPKB nasabah kepada pihak lain untuk memperoleh dana.

Jika ingin Gadai BPKB Mobil dan Motor, silakan hubungi kami di nomor 087876723437 (WA/SMS).

solusibiaya.com
Write a Comment

Fast Respon (Anto)