Kebebasan Finansial Bukan Sekedar Impian!

Kebebasan Finansial

Banyak orang menyatakan keinginannya untuk bebas secara finansial, namun tidak tahu bagaimana kunci dan kiatnya.

Bagi para pekerja pun meski bisa menghasilkan uang setiap hari belum tentu bisa merasakan bebas secara finansial di masa tuanya. Lalu apa kunci untuk mencapai kebebasan finansial dan bagaimana kiat mencapainya? Simak ulasan di bawah ini yang penting untuk diketahui.

Kunci Meraih Kebebasan Finansial

kebebasan finansial islam

Untuk merasakan hidup yang bebas secara finansial kuncinya bukan hanya menyisihkan penghasilan saja tapi tahu prioritas mengalokasikan sebagian untuk investasi.

Untuk mencapai hal itu tentu tidak bisa serta merta tercapai tapi butuh proses panjang dan penuh kesabaran. Ada 4 kunci untuk mencapai kebebasan finansial yang dimimpikan semua orang, yaitu:

Memiliki pondasi yang kuat. Keluarga adalah lingkungan yang memiliki tugas untuk menanamkan pondasi keuangan kuat pada individu. Akan sangat beruntung jika berasal dari keluarga yang berintegritas dan memiliki pandangan sukses dan pekerja keras.

Kebebasan secara finansial sepenuhnya ada ditangan sendiri bukan orang lain, jadi berusaha lah dengan keras.

Memilih karir dengan bijak. Memilih karir adalah satu keputusan yang sangat penting dalam hidup seseorang karena hal ini berhubungan dengan masa depan.

Dalam memilih karir harus bijak, jika bahagia saat bekerja maka uang akan dihasilkan dengan sendirinya tanpa rasa tertekan. Perhatikan passion dalam urusan pekerjaan, perhatikan juga bakat dalam memilihnya.

Belajar mengatur keuangan dengan baik. Setelah berhasil mendapatkan karir yang sesuai kunci untuk bebas secara finansial selanjutnya adalah mampu mengatur keuangan.

Meskipun penghasilan besar jika tidak mampu melakukan pengaturan, maka akan sia-sia tidak menciptakan kebebasan finansial.

Konsisten dengan tujuan. Selalu ingat tujuan akhirnya yaitu bebas secara finansial, jadi harus terus konsisten untuk meraihnya.

Setiap langkah yang diambil harus lah sesuai dengan tujuan akhir yang ingin dicapai. Kesabaran dan konsisten akan menghantarkan kaki ke kebebasan yang diinginkan di masa tua.

Nah itulah 4 kunci yang bisa dijadikan pegangan agar bisa membuka pintu finance freedom untuk diri sendiri. Memang bukanlah hal yang mudah untuk mencapainya, namun pasti semua orang bisa asalkan disiplin dan konsisten.

Apa kiat yang bisa dilakukan agar selangkah lebih dekat dengan kebebasan finansial, ini dia pembahasannya :

7 Kiat Mencapai Financial Freedom

jelaskan manfaat bisnis dalam peningkatan kebebasan finansial seseorang

Jangan sampai merasakan keinginan bebas secara finansial di usia senja, karena hal itu sudah terlambat. Saatnya mendekatkan diri dengan kebebasan finansial dengan melakukan langkah nyata, memang tidak mudah tapi bisa dilakukan.

Di bawah ini adalah kiat-kiat yang bisa dilakukan agar semakin dekat untuk merasakan bebas secara finansial:

  1. Mengendalikan Pengeluaran

Ini merupakan hal yang sangat sulit apalagi bagi yang memiliki jiwa konsumtif tinggi, tapi tidak ada pilihan lain ini harus dilakukan untuk masa depan.

Kendalikan dengan baik pengeluaran setiap hari, perlu berfikir berulang-ulang sebelum melakukan pengeluaran.

Pikirkan apa belanja uang tersebut benar-benar perlu dilakukan dan bermanfaat? Jika memang dibutuhkan maka tidak apa-apa melakukan pengeluaran tersebut.

Mungkin memang akan terasa sulit di awal, tapi ketika ingat tujuan akhir untuk hidup yang lebih baik maka motivasi itu akan tumbuh.

Mulailah berfikir jangka panjang saat akan melakukan pengeluaran agar pengeluaran dana tetap terkendali, bisa dengan membuat anggaran pengeluaran.

  1. Menabung

Ini merupakan salah satu keharusan dalam mencapai kebebasan finansial dalam hidup yaitu menabung. Wajib menyisihkan sebagian penghasilan untuk di tabung demi keadaan keuangan mendatang yang lebih cerah.

Jadikan kegiatan menabung sebagai prioritas agar pendapatan bulanan tidak habis begitu saja. Selain untuk merasa bebas secara finansial di masa mendatang, menabung juga bisa membuat hidup jadi tanpa kekhawatiran.

Jika memiliki tabungan maka hidup bisa lebih tenang karena ada dana jika ada satu dan lain hal yang membutuhkan dana.

  1. Atur Hutang Sebijak Mungkin

Jika memiliki keinginan untuk bebas dari finansial maka satu hal yang harusnya tidak dilakukan adalah kebiasaan berhutang.

Apalagi jika hutang dengan bunga tinggi, yang akan membuat pengeluaran sebenarnya lebih besar karena harus membayar bunga pinjaman. Hiduplah dengan sederhana, damai tanpa hutang, jangan menuruti gaya hidup yang memang mahal jika dituruti. Namun jika ada keperluan khusus yang mendadak dan membuat harus mengambil hutang tidak mengapa, tapi usahakan segera melunasi.

Dengan demikian tidak perlu membayar bunga hutang semakin lama jika segera melunasinya.

Buatlah hutang tersebut produktif bukan sebaliknya konsumtif agar lebih berguna kelak bagi anda, selain itu pihak pemberi pinjaman juga tidak akan ragu memberikan pinjaman jika sewaktu-waktu anda membutuhkan kembali. Sudah apa saja manfaat hutang bagi kehidupan anda?

  1. Sediakan Dana Darurat

financial freedom di usia muda

Jika pendapatan sudah berlebih atau setidaknya cukup, maka sediakan dana darurat untuk kebutuhan mendadak.

Tidak ada yang tahu apa yang terjadi dalam hidup, seperti PHK, kebangkrutan usaha dan hal negatif lainnya yang mempengaruhi keadaan keuangan.

Setidaknya harus menyediakan dana darurat 3 bulan untuk single atau lebih bagi yang sudah menikah.

Fungsi dana darurat adalah untuk menjamin kehidupan sampai mendapat kepastian pekerjaan. Caranya dengan membuat rekening terpisah untuk dana darurat, dengan menabung secara disiplin setiap bulannya, sehingga bisa digunakan di masa-masa genting.

  1. Terus Belajar untuk Menambah Penghasilan

Penghasilan dari berbagai sumber akan lebih baik dibandingkan dengan satu sumber saja untuk itu penting belajar untuk menambah penghasilan.

Terus belajar untuk mengetahui hal-hal baru yang bisa dijadikan sumber penghasilan, tentu saja yang sesuai dengan skill atau bakat yang dimiliki.

Dengan terus belajar maka akan semakin mudah menemukan cara untuk menambah sumber penghasilan.

Jika sumber penghasilan bertambah maka tabungan bisa semakin bertambah juga dan persediaan dana akan semakin banyak.

Jika seperti itu saatnya untuk melakukan lebih dari sekedar menabung dan menyisihkan uang untuk menabung.

  1. Buatlah Tujuan Keuangan

bebas keuangan

Membuat tujuan keuangan sangat penting dilakukan, untuk mencapai keinginan yaitu kebebasan finansial.

Dengan adanya tujuan keuangan maka hidup akan semakin termotivasi untuk memenuhi hal tersebut dan semakin giat bekerja.

Semua pasti selalu berusaha untuk memotivasi diri dan menjalani hidup sesuai dengan tujuan yang sudah ditetapkan.

Jika tidak memiliki tujuan keuangan yang jelas maka penggunaan uang akan tidak terkontrol dan semangat menghasilkan uang pun tidak ada.

Untuk itu tetapkan tujuan keuangan dari sekarang untuk merasa bebas secara finansial di kemudian hari.

  1. Investasi

Menabung saja memang tidak cukup, karena uang tidak akan bertambah secara signifikan hanya dengan menabungnya di bank.

Meskipun menabung dengan cara deposito pun jasa yang didapat tidak akan cukup besar untuk mencapai kebebasan finansial. Untuk itulah perlu yang dinamakan melakukan investasi untuk sebuah usaha.

Dengan melakukan investasi, maka akan mendapatkan income pasif yang akan membebaskan dari masalah keuangan.

Jika sudah bebas finansial secara penuh akan didapatkan dan hidup akan lebih baik dari hari ke hari.

Demikianlah kunci sukses dan kiat yang harus dilakukan untuk mencapai financial freedom dari sekarang.

Jangan menunggu usia senja untuk merasakan bebas secara finansial, karena seharusnya sudah dilakukan mulai dari sekarang.

Untuk mencapai kebebasan finansial saat ini kami Solusibiaya.com bisa membantu mewujudkannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp Chat Only