Cara Menggunakan Kartu Kredit dengan Aman dan Tepat

cara menggunakan kartu kredit

Seperti yang sudah kita ketahui, walaupun banyak yang menganggap bahwa memiliki kartu kredit adalah hal yang sia-sia karena hanya akan mendorong kita menjadi konsumtif.

Namun banyak hal positif yang bisa dapatkan jika memiliki kartu kredit seperti bisa membeli barang terbaru dengan cicilan 0%, bisa digunakan ketika kita sedang berada di luar negeri, dan untuk pinjaman uang.

Di artikel cara menggunakan kartu kredit ini, kami akan memberikan tips supaya Anda bisa memanfaatkannya dengan baik dan benar.

Kartu kredit merupakan alat pembayaran favorit bagi banyak orang karena banyak fasilitas yang bisa diperoleh dari penggunaannya. Contohnya adalah potongan harga yang cukup besar dan fasilitas cicilan yang sangat ringan.

Pembuatan kartu kredit adalah hal yang paling populer kedua setelah pengajuan pinjaman uang dengan gadai BPKB Mobil atau Motor.

Namun walaupun memiliki segudang fasilitas, penggunaan kartu kredit harus secara bijaksana karena jika tidak berhati-hati maka Anda bisa terjerat oleh utang yang sangat tinggi.

Saat ini kita tidak puas jika hanya memiliki 1 kartu saja karena setiap bank menawarkan berbagai penawaran yang menarik seperti promo pembelian gadget dan makan di restoran mahal.

Syarat membuat kartu kredit pun sekarang sudah tidak sulit seperti dulu sehingga jika tidak berhati-hati, maka ini bisa dimanfaatkan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Hal yang harus benar-benar dijaga kerahasiaannya adalah nomor credit card, tiga angka dibelakang kartu serta informasi data diri Anda mulai dari tanggal lahir hingga nomor handphone yang digunakan.

Prinsip kehati-hatian lebih penting dibandingkan hanya mempelajari cara menggunakan kartu kredit.

Biasanya para penjahat akan mencari dan mencocokan kombinasi dari data seseorang. Salah satu tips sederhana yang bisa Anda terapkan adalah sebisa mungkin jangan menggunakan data email dan no hp yang selalu sama untuk setiap data perbankan yang digunakan.

Memiliki credit card memang bisa memudahkan segala urusan Anda. Tapi juga bisa menyebabkan masalah jika terlalu banyak memilikinya. Usahakanlah maksimal hanya menggunakan 2 kartu saja.

Kelebihan dari uang plastik ini sehingga banyak diburu adalah karena bank akan menalangi terlebih dahulu semua kebutuhan uang untuk memenuhi segala transaksi Anda.

Hal selanjutnya, pada tanggal tertentu, pengguna CC harus membayar uang talangan dari bank yang telah digunakan sebelumnya.

Nah disinilah biasanya masalah sering muncul, banyak nasabah yang tidak segera melunasi pembayaran tagihan pada saat jatuh tempo untuk uang yang sudah mereka gunakan sehingga nasabah terkena bunga serta utang yang tidak ada habisnya.

Tidak peduli apa jabatan Anda serta pekerjaan, status atau pengaruh Anda, semua orang yang menggunakan credit card akan mengalami masalah keuangan jika tidak bijaksana dalam penggunaannya.

Bunga angsuran Bank saat ini cukup tinggi yaitu sekitar 2,95 % per bulan (awal Juni 2017 bunganya menjadi 2,25 %).

Dengan penurunan bunga pada awal Juni 2017, serta adanya wajib lapor data transaksi ke dirjen pajak, nasabah harus menentukan lagi tujuan utama memiliki kartu kredit.

cara menggunakan kartu kredit bca

Sekedar informasi tambahan, saat ini dirjen pajak kembali mewajibkan bank untuk melaporkan data transaksi nasabah kartu kredit kepada pihak dirjen pajak setelah program tax amnesty berakhir pada bulan Maret tahun 2017.

Namun Anda tidak perlu khawatir karena jika masih memperlakukan kartu kredit sebagai alternatif untuk memudahkan transaksi serta pembayaran, maka nasabah tidak perlu takut dengan kebijakan baru tersebut asal penggunaan credit card diimbangi dengan kemampuan finansial Anda.

Selain informasi cara menggunakan kartu kredit, berikut ini adalah kelebihan dari uang plastik tersebut.

Keuntungan Kartu Kredit :

  • Praktis dan nyaman untuk melakukan pembayaran
  • Pengganti uang tunai
  • Ada fasilitas cicilan 0 persen
  • Memiliki banyak manfaat yang bisa didapat oleh nasabah
  • Lebih aman dibandingkan membayar dengan uang tunai
  • Memesan tiket pesawat secara online
  • Banyak promo dan diskon dari tenant yang bekerjasama dengan pihak Bank
  • Membantu keuangan pengguna dalam kondisi darurat
  • Dapat mengatur pengeluaran Anda
  • Bisa menjadi alat pembayaran yang diterima di seluruh dunia
  • Lebih memudahkan dalam transaksi online
  • Bisa mengajukan Kredit Tanpa Agunan (KTA) untuk pinjaman uang

Dari semua keuntungan kartu kredit tersebut, salah satu yang menjadi idaman para penggunanya adalah fasilitas pinjaman uang tanpa Agunan atau KTA.

Dengan memanfaatkan fasilitas seperti itu, kartu kredit bisa menjadi sumber modal usaha yang sangat fleksibel atau sumber utang produktif.

Dengan pinjaman uang, Anda tidak perlu lagi pusing untuk memperoleh dana tunai untuk berbagai kebutuhan.

Hal penting yang harus diperhatikan adalah tetap mengedepankan perhitungan serta kalkulasi yang matang dan cermat.

Pelajari secara detail untuk skema dan syaratnya seperti annual fee atau biaya tahunan, suku bunga, dan tanggal jatuh tempo.

Ingat, jangan sampai telat bayar tagihan karena resiko yang terbesar yang akan menimpa Anda adalah terkena BI Checking atau Blacklist BI yang menyebabkan Anda sulit memperoleh fasilitas kredit apapun dari pihak bank manapun.

Jadikan kartu kredit sebagai sumber permodalan yang produktif, walau tujuan utama seseorang memilikinya adalah untuk hal yang sifatnya konsumtif, namun tetap saja harus berimbang agar tidak merugikan. Itu adalah cara menggunakan kartu kredit yang tidak memberatkan nasabah.

Hal “ajaib” yang bisa diberikan oleh kartu kredit adalah dapat memanfaatkan semua fitur pembayaran untuk berbagai tagihan bulanan Anda, seperti tagihan pembayaran listrik, cicilan rumah atau KPR, tagihan telepon, tv kabel, premi asuransi, cicilan kredit kepemilikan kendaraan bermotor (KKB), hingga cicilan air atau PAM.

Dengan fasilitas tersebut, Anda tidak perlu lagi mengantri di mesin ATM setiap menjelang tanggal jatuh tempo pembayaran tagihan dan juga tidak perlu lagi mengingat atau mencatat banyaknya nomor pelanggan yang berbeda-beda.

Cukup dengan mendaftarkan semua fasilitas tersebut ke bank penerbit kartu kredit untuk membayarkan semua tagihan rutin Anda secara autodebet.

Bank akan membayarkan secara otomatis dan biasanya pembayaran tagihan akan dilakukan sebelum tanggal jatuh tempo sehingga Anda musti membayar semua cicilan kartu kredit secara penuh.

Tanyakan ke pihak bank penerbit Credit Card, apakah mereka memiliki layanan pembayaran tagihan secara otomatis.

Bagaimana caranya dan skema pembayarannya. Jika Anda belum memiliki kartu kredit dan berniat ingin membuatnya, pilihlah yang memiliki fasilitas pembayaran untuk berbagai tagihan rutin tersebut supaya semua tagihan dapat di konsolidasi.

Cara menggunakan kartu kredit dapat juga diterapkan untuk yang debit juga.

Kita pasti akan setuju jika segala sesuatu yang terlalu berlebihan, dampaknya tidak akan baik dan justru akan membawa kita kedalam masalah.

Hal tersebut juga berlaku pada kepemilikan kartu kredit, yaitu semakin banyak kartu yang dimiliki, maka akan semakin berat bagi kita untuk mengontrol dan mengatur keuangan.

Dengan kata lain, Anda menjadi semakin konsumtif karena telah dimanjakan oleh kelebihan dari CC tersebut.

Akan menjadi hal yang sangat bijaksana apabila kita memiliki beberapa kartu yang memang disesuaikan dengan kebutuhan, bukan hanya mengikuti keinginan karena tidak akan ada habisnya.

Agar penggunaannya dapat maksimal, berikut beberapa tips dan cara menggunakan kartu kredit yang dapat Anda implementasikan supaya tidak tercekik oleh beban utang.

cara pintar menggunakan kartu kredit

  1. Hindari Utang yang Tidak Produktif

Mungkin terdengar berat bagi Anda karena tujuan utama seseorang untuk memiliki kartu kredit adalah justru agar bisa berhutang bukan untuk menabung.

Namun ketika kita sudah memiliki kartu kredit, maka wajib bagi kita untuk memiliki kesadaran penuh mengenai sejumlah dana, manfaat serta resiko yang terdapat di dalamnya.

Kartu kredit utamanya bukanlah fasilitas pinjaman uang atau dana tunai yang ditawarkan oleh pihak bank secara cuma-cuma.

Pahami mekanismenya dengan baik dan ketahuilah bahwa semua transaksi yang kita lakukan menggunakan kartu kredit adalah utang yang wajib kita bayarkan jika tagihan telah keluar.

Gunakanlah kartu kredit yang memberikan banyak manfaat maksimal seperti fasilitas pinjaman KTA utuk modal usaha dan bisnis.

  1. Hindari Memiliki Banyak Kartu Kredit

Perlu Anda ketahui bahwa tidak perlu memiliki banyak kartu kredit karena pada dasarnya semua kartu kredit memiliki fungsi dan fasilitas yang sama.

Yang membedakannya adalah pada kerjasama oleh bank penerbit dengan beberapa perusahaan agar bisa mendapatkan fasilitas cicilan  ringan atau diskon untuk beberapa produk.

Menggunakan banyak kartu kredit justru dapat memicu kita untuk menjadi sangat konsumtif sehingga akan melakukan banyak pembelanjaan yang sebenarnya tidak sesuai dengan kebutuhan.

Sehingga hanya akan menimbulkan sejumlah utang yang cukup besar di masa yang akan datang. Gunakanlah maksimal hanya 2 kartu kredit saja, pilih yang terbaik.

Itu merupakan cara menggunakan kartu kredit dengan efektif dan efisien.

Sebisa mungkin cari yang tidak ada annual fee atau biaya tahunan namun tetap memiliki fasilitas yang terbaik serta memberikan banyak keuntungan bagi Anda.

Hindari belanja yang tidak penting. Walaupun sangat berat bagi kita karena mayoritas dari kita akan tergoda oleh penawaran diskon-diskon yang menarik setiap harinya.

Saran dari kami, jika Anda sudah memiliki kartu yang fungsinya standar dan ingin memiliki kartu yang kedua, usahakanlah yang memiliki fungsi yang lain.

  1. Sesuaikan Limit Kartu Kredit dengan Penghasilan

Ini adalah salah satu yang sering menjadi masalah bagi para pengguna credit card, yaitu penggunaan yang berlebihan.

Banyak dari kita akan khilaf jika sudah melihat barang-barang idaman yang sulit dibeli dengan uang tunai tapi bisa diperoleh dengan menggunakan kartu kredit.

Akan sangat bijaksana jika kita menggunakan kartu kredit hanya dilihat berdasarkan kebutuhan, bukan keinginan.

Dan jangan sampai terjebak oleh limit, yang artinya limit penggunaan harus disesuaikan dengan penghasilan bulanan Anda.

Jangan sampai Anda memiliki banyak kartu kredit yang limitnya jauh lebih besar dari penghasilan bulanan Anda.

Hal ini bisa sangat berbahaya bagi kondisi keuangan Anda, terutama jika Anda memiliki kesulitan dalam mengontrol pengeluaran untuk belanja.

  1. Tutup Saja Kartu Kredit yang Tidak Perlu

cara memanfaatkan kartu kredit

Baiklah, untuk cara menggunakan kartu kredit yang selanjutnya adalah mengenai penutupan.

Biasanya jika Anda sudah memiliki kartu kredit di satu bank. Maka tidak lama berselang kemudian, akan banyak datang penawaran pembuatan kartu kredit dari bank lain.

Dan pihak bank pasti akan memberikan persyaratan pembuatan dengan sangat mudah, bahkan tidak jarang, ketika kita hanya iseng-iseng melakukan pengajuan, ternyata justru di approve.

Hal seperti itu hanya akan membuat kita memiliki banyak kartu kredit yang tidak ada manfaatnya sama sekali, justru menjadi beban dengan biaya tahunan yang walaupun tidak terlalu besar tapi cukup merepotkan kondisi keuangan kita.

Segera lakukan penutupan untuk kartu kredit yang tidak digunakan, kemudian pilihlah kartu kredit yang paling banyak memberikan manfaat dan keuntungan bagi kita.

Untuk melakukan penutupan, perhatikanlah berbagai hal berikut.

  • Besarnya bunga yang dikenakan.
  • Penawaran dan fasilitas apa saja yang diberikan.
  • Biaya apa saja yang dikenakan dan berapa besarnya biaya tahunan.
  • Promo-promo apa saja yang ditawarkan setiap bulannya (awas hati-hati racun…hehehe).
  1. Lakukan Penutupan Credit Card Secara Bertahap

Jika saat ini Anda berniat untuk melakukan penutupan kartu kredit, saran dari kami adalah jangan melakukan pentupan semuanya sekaligus dalam waktu bersamaan.

Hal tersebut justru akan mempengaruhi BI Checking Anda. Lakukanlah secara bertahap. Janganlah melakukan hak konyol dengan tindakan pengguntingan kartu kredit sebelum ditutup secara resmi oleh pihak bank.

Jeda waktu penutupan yang baik adalah sekitar 1 bulan setelah penutupan kartu yang pertama. Ikuti semua prosedur yang diinformasikan oleh pihak bank.

Biasanya bank akan merepotkan kita yang berniat menutup kartu kredit. Kadang Anda harus sedikit keras jika mereka tetap menyulitkan Anda untuk melakukan penutupan.

Mungkin hal terakhir bukanlah cara menggunakan kartu kredit yang baik, namun itu lebih baik dibandingkan jika CC Anda terus “menggantung”, sementara Anda harus tetap membayar annual fee.

  1. Gunakanlah Secara Bergantian

Saat memiliki banyak kartu kredit, maka dapat dipastikan hanya ada satu kartu yang menjadi favorit Anda dalam melakukan banyak hal.

Jika sudah seperti itu, maka biasanya kita hanya akan menunggu promosi yang dikeluarkan oleh bank penerbit kartu tersebut.

Padahal penawaran dari bank lain tidak kalah menariknya. Perlu Anda ketahui bahwa hal tersebut kurang baik bagi Anda yang memiliki hobi mencari pinjaman uang tanpa jaminan atau KTA.

Jika Anda tidak memiliki niat untuk melakukan penutupan, maka lebih baik lakukan rotasi untuk penggunaan setiap kartu.

Itu merupakan cara transaksi kartu kredit yang baik dan benar.

  1. Pilih yang Memberikan Suku Bunga Terendah

Setiap bank memiliki berbagai kebijakan untuk setiap kartu kredit yang diterbitkan. Hal yang paling penting bagi nasabah atau konsumen tentunya adalah suku bunga yang dikenakan.

Pilihlah bank yang memberikan suku bunga yang terendah, jangan tergiur oleh berbagai tawaran promo dan diskon namun suku bunga yang dikenakan cukup memberatkan nasabah.

Lakukanlah perbandingan antara satu bank dengan bank lainnya. Jika Anda orang yang cermat dalam melakukan perhitungan. Silakan buat perbandingan menggunakan spreadsheet.

Memang terlihat sedikit merepotkan, namun itu adalah satu-satunya cara menggunakan kartu kredit yang dapat membuat Anda terhindar dari beban bunga.

  1. Minta Kenaikan Limit jika Penghasilan Anda Sudah Cukup Besar

Biasanya pihak bank akan memberikan limit sesuai dengan penghasilan bulanan Anda. Jika penghasilan Anda sudah lebih besar dari sebelumnya, silakan ajukan kenaikan limit dengan menghubungi call center dari bank penerbit.

cara menggunakan kartu kredit untuk modal usaha

Limit yang cukup tinggi di satu kartu lebih baik daripada kita memiliki banyak kartu demgan limit yang cukup rendah.

Hindari pengajuan pembuatan CC baru ke bank lain jika hanya ingin memperoleh limit yang tinggi.

Jangan pernah sungkan untuk mengajukan kenaikan limit ke bank penerbit, terutama jika Anda sudah cukup lama menjadi nasabah mereka.

Namun jika pihak bank tetap bersikeras untuk menolak pengajuan kenaikan limit Anda, segera tutup saja kartu yang Anda miliki dan ajukan yang baru ke bank lain dengan limit yang lebih tinggi.

Jangan pernah menggunakan kartu kredit hingga melebihi batas kredit maksimum karena akan membuat skor kredit Anda menjadi buruk.

Gunakanlah kartu kredit pada batas limit yang wajar saja, yaitu hanya sekitar 40% dari limit yang diberikan oleh bank sudah lebih dari cukup.

  1. Lunasi Semua Tagihan

Sangat penting namun sering disepelekan. Tunaikanlah semua kewajiban Anda, jangan hanya semangat menggunakan kartu kredit namun setelah tagihan keluar, Anda malah lalai.

Jangan sampai kelalaian Anda justru akan membuat Anda terkena BI Checking. Lakukanlah pelunasan pembayaran untuk semua tagihan penggunaan serta berbagai biaya yang muncul di kartu kredit Anda.

Jika sampai skor kredit Anda buruk, maka dapat dipastikan Anda akan mengalami banyak kesulitan kedepannya.

Demikianlah cara menggunakan kartu kredit dengan aman dan tepat, jangan pernah memperlakukan CC sebagai dana cadangan.

Meskipun bisa untuk memperoleh pinjaman dana tunai, sebaiknya urungkan niat Anda tersebut.

Lebih baik letakan fungsi dasar kartu kredit hanya sebagai alat atau alternatif pembayaran tanpa uang cash.

Jika Anda membutuhkan pinjaman uang atau dana tunai, silakan gunakan fasilitas gadai BPKB Motor atau Mobil di SolusiBiaya.com

solusibiaya.com
Write a Comment

Fast Respon (Anto)