Tips Membeli Mobil Baru Agar Tidak Tertipu

tips membeli mobil baru

Mobil saat ini sudah menjadi kebutuhan yang sangat penting untuk segala aktivitas, apalagi bagi yang sudah berkeluarga.

Karena harganya cukup mahal, Anda perlu mempelajari tips membeli mobil baru yang akan diinformasikan di artikel ini.

Manfaat lain memiliki mobil adalah bisa melindungi keluarga dalam perjalanan dan menghindarkan dari ancaman di jalan raya.

Namun tidak semua orang bisa memiliki mobil dikarenakan harganya yang bisa dibilang cukup tinggi walaupun untuk jenis LGCC (low cost green car).

Oleh karena itu, produsen mobil perlu memberikan solusi yang tepat supaya masyarakat luas mampu memiliki mobil.

Salah satunya adalah dengan Kredit Kendaraan Bermotor atau KKB yang dihadirkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat agar bisa memiliki mobil atau kendaraan impian.

Bijaksanalah dalam membeli mobil dan pilihlah yang sesuai dengan penghasilan Anda karena jika sudah memiliki mobil, maka akan ada banyak sekali biaya yang harus dikeluarkan seperti biaya asuransi, pajak dan biaya perawatannya.

Berikut ini adalah cara membeli mobil baru agar terhindar dari penipuan oleh oknum nakal yang tidak bertanggung jawab.

Jangan Beli Hanya untuk Gengsi

Tetapkanlah tujuan Anda membeli mobil dan jangan hanya untuk membuktikan bahwa Anda sudah mapan atau untuk pamer ke orang lain.

Kenyamanan, fungsionalitas dan keamanan haruslah menjadi faktor utama dalam membeli, apalagi jika bisa digunakan juga untuk berbisnis.

Jika digunakan untuk keperluan usaha, sebaiknya pilih yang berjenis pick up atau double cabin (pertimbangkan juga pajak tambahan atau biaya KIR) dan bila untuk keluarga yang paling cocok adalah jenis minibus.

Biasanya rasa gengsi justru bisa membuat kondisi keuangan makin kritis, contohnya adalah membeli tidak sesuai kemampuan kantong, tapi memaksa memilih merk dengan tipe yang tertinggi.

Padahal saat ini sudah banyak mobil keluaran china seperti wuling yang memiliki kualitas sangat baik namun dengan harga cukup terjangkau.

Tips membeli mobil baru yang pertama ini memang musti menjadi perhatian khusus agar tidak ada penarikan kendaraan dari pihak leasing.

Mengumpulkan Berbagai Informasi

diskon beli mobil cash

Untuk yang pertama kali baru membeli mobil, carilah informasi mengenai jenis-jenis mobil karena hal tersebut sangat penting.

Pahamilah berbagai tipe-tipenya, pelajari cara perawatan dan harus juga mengetahui berbagai kelebihan maupun kekurangannya.

Di era internet sekarang ini, menggali dengan detail berbagai informasi mengenai mobil bukanlah sesuatu yang sulit.

Salah satu hal yang bisa Anda lakukan adalah bergabung di forum-forum otomotif di internet untuk bertanya tentang sesuatu yang masih Anda ragukan.

Atau bisa juga langsung mengunjungi situs resmi milik perusahaan otomotif yang produknya sedang Anda incar.

Hal lain yang sangat penting ialah mengetahui harga jual kembali (purnajual) mobil tersebut di pasaran, apakah akan turun drastis atau masih stabil.

Itulah fungsinya mengumpulkan banyak informasi supaya Anda dan masyarakat umum tidak membeli kucing dalam karung.

Salah satu info bermanfaat yang bisa diperoleh adalah dari artikel di Blog SolusiBiaya mengenai tips membeli mobil baru agar tidak tertipu.

Oke mari kita lanjutkan pembahasannya.

Keuntungan membeli mobil dengan merk yang ternama atau banyak digunakan oleh masyarakat adalah jika suatu saat Anda sedang membutuhkan uang cepat cair, maka bisa memanfaatkannya dengan cara gadai BPKB mobil di perusahaan leasing atau multifinance.

Dan pencairan yang diperoleh bisa sangat tinggi dibandingkan dengan mobil yang kurang akrab ditelinga masyarakat.

Persiapkanlah Dana Minimal 30% dari Harga Mobil

Sebenarnya peraturan BI (Bank Indonesia) hanya mengharuskan down payment atau DP sebesar 25% dari harga kendaraan (hanya berlaku untuk pembelian secara kredit).

Namun ada baiknya memberikan DP diatas 25% supaya cicilan bulanan Anda tidak terlalu berat atau jika ada uang lebih, lebih baik segera lakukan pelunasan dipercepat.

Makin besar DP yang diberikan maka semakin kecil angsuran yang dibayarkan tiap bulannya sehingga disaat Anda sedang menyetir mobil baru tersebut, pikiran Anda tidak terbebani oleh besarnya cicilan tagihan kendaraan.

Waktu yang Tepat untuk Membeli Mobil Baru

tips membeli mobil baru secara kredit

Tips membeli mobil baru yang keempat adalah cari waktu yang tepat untuk mengunjungi dealer.

Datanglah ketika ada promo yang sedang ditawarkan seperti diskon yang cukup besar pada akhir bulan atau akhir tahun.

Lebih baik pilih waktu di 3 bulan terakhir penutupan tahun karena diskon yang diberikan sangat besar bahkan bisa mencapai puluhan juta.

Mengapa hal itu bisa terjadi?

Karena perusahaan sedang mengejar target penjualan dan ingin menghabiskan stok untuk peluncuran tipe baru di tahun depannya.

Agar Anda tidak ketinggalan informasi mengenai promo dari dealer, ada baiknya follow media sosial milik dealer tersebut atau perusahaan otomotif yang Anda minati produknya.

Tetapi jika tidak tahan menunggu sampai akhir tahun, datanglah ke pameran otomotif yang diselenggarakan oleh Gaikindo seperti GIIAS dan yang lainnya.

Selain harga yang terjangkau, Anda juga bisa memperoleh berbagai souvenir kendaraan yang cukup bagus kualitasnya.

Sebelum memutuskan untuk menjatuhkan pilihan pada produk tertentu, ada baiknya kumpulkan brosur-brosur dari dealer yang akan berguna sebagai pembanding harga antara satu mobil dengan mobil lainnya.

Terakhir jangan sungkan untuk bertanya kepada customer service mengenai hal yag ingin Anda ketahui.

Tidak perlu malu dianggap “rewel” dengan banyak bertanya karena yang Anda beli adalah mobil bukan kwaci.

Perhatikan Pajak Tahunan Mobil dan PPnBM

cara membeli mobil cash di dealer

Tips membeli mobil baru yang kelima ini sebenarnya cukup krusial namun sering tidak mendapat perhatian oleh calon pembeli.

Setelah mengetahui secara detail mengenai tipe, model, spesifikasi dan harga mobil yang diminati, Anda juga perlu mengetahui besarnya pajak tahunan dan Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM).

Jelilah dalam membandingkan harga mobil karena walaupun harga kendaraan sama tapi belum tentu pajak yang dibebankan juga sama bahkan bisa sangat berbeda jumlahnya.

Percaya Diri dan Jangan Sungkan Bernegosiasi dengan Pihak Dealer

Memilih mobil sama saja dengan memilih pasangan hidup. Kita musti pelan-pelan dan jangan tergesa-gesa agar bisa memperoleh hasil yang terbaik.

Banyak hal yang wajib dipertimbangkan dan harus benar-benar sesuai dengan kebutuhan bukan keinginan.

Fokuskan pada sistem keamanannya, after sales service, garansi dan kenyamanan saat dilayani oleh tim dari dealer tempat Anda membeli mobil.

Jika sudah menginjakkan kaki ke dealer, jangan langsung menerima begitu saja penawaran dari mereka.

Ada baiknya Anda berusaha untuk meminta harga yang terbaik dan baru akan memutuskan membeli jika harga sudah cocok.

Kebanyakan dari kita pasti akan terburu-buru jika sudah datang ke dealer yang tepat sehingga tidak melakukan negosiasi terlebih dahulu.

Jika tawaran Anda ditolak padahal Anda mengetahui bahwa harga bisa lebih murah lagi, segera tinggalkan dealer tersebut dan pilih dealer yang lain.

Pintar-pintarlah melakukan negosiasi karena salah satu hal utama agar semua tips membeli mobil baru dapat berjalan dengan lancar dan menguntungkan Anda kedepannya adalah dengan pintar bernegosiasi.

Carilah Lembaga Pembiayaan yang Kredibel dan Terpercaya

Apabila sudah menjatuhkan pilihan, hal selanjutnya adalah apakah Anda ingin membelinya secara cash atau kredit.

Jika kredit, pilihlah perusahaan pembiayaan yang kredibel dan berkualitas. Sama seperti membeli mobil, silakan Anda bandingkan terlebih dahulu tingkat suku bunga yang diterapkan,

Jangan langsung tergiur dengan promo bunga 0 persen karena tidak ada yang seperti itu dan tak ada satupun perusahaan keuangan yang berani menawarkan hal tersebut.

Karena sudah banyak perusahaan pembiayaan yang menjamur di Indonesia, maka bunga yang ditawarkan menjadi sangat kompetitif.

Dapatkan yang Harganya Murah, Namun Tidak Murahan

persiapan sebelum membeli mobil baru

Tips membeli mobil baru yang selanjutnya adalah mengenai harga dan kualitas dari kendaraan roda empat.

Sekarang persaingan antar produsen kendaraan sudah sangat sengit dan semakin banyak merk dari china yang masuk bahkan mereka berani investasi besar-besaran di Indonesia.

Namun biasanya ada harga ada rupa, sehingga jangan mudah tergiur dengan harga yang murah sebelum kualitasnya sudah teruji di jalanan Indonesia.

Lalu bagaimana dengan merk yang sudah besar di luar seperti china yang berani menawarkan harga yang sangat murah tapi dengan kualitas setara dengan merk ternama?

Jika tertarik, ada baiknya Anda wait and see, tunggu pengguna lain mencobanya terlebih dahulu dan tunggu testimoni dari mereka setelah penggunaan dalam waktu beberapa bulan.

Bagi para pembeli mobil pemula, hal yang paling mendasar adalah menentukan model mobil yang diinginkan serta fitur dan kelengkapan di dalamnya.

Hal tersebut untuk mengetahui kegunaan apa yang paling diperlukan dan Anda juga wajib mengetahui mengenai perlengkapan tambahan yang diberikan, apakah sudah satu paket atau hanya dijual secara terpisah.

Apabila tidak memperhatikan hal tersebut, maka biaya yang harus dikeluarkan semakin membesar dan diluar perencanaan Anda.

Lakukan Test Drive Sebelum Membeli

Dari semua tips membeli mobil baru yang sudah dipaparkan diatas, ada salah satu tindakan yang paling penting dan sangat harus dilakukan yaitu test drive.

Banyak yang tidak melakukannya karena sudah terlanjur percaya setelah mendengar beberapa testimoni yang beredar diberbagai media.

Pada umumnya pihak dealer akan memberikan waktu sekitar 30 menit kepada calon konsumen untuk melakukan test drive.

Jika Anda bertemu dengan sales yang kerjaannya tidak hanya menjual produk tapi juga mengutamakan kualitas, maka Anda akan selalu dihubungi jika ada mobil keluaran terbaru yang sudah bisa di test drive.

Lakukanlah percobaan untuk mengetahui kenyamanan dari suatu produk baru ataupun seken (bekas).

Melakukan percobaan belum tentu membeli namun membandingkan produk mana yang benar-benar terbaik.

Memang jika kita sudah menganggap oke produk tersebut setelah diuji, butuh waktu setidaknya beberapa tahun untuk mengukur daya tahan mesinnya.

Di dalam melakukan uji kendaraan, perhatikanlah beberapa hal penting dibawah ini (ini sangat krusial karena semua tips membeli mobil baru yang sudah diinformasikan sebelumnya tidak akan berguna jika Anda tidak melakukan uji kendaraan).

  1. Tes semua fitur dan teknologi yang ada di mobil seperti air conditioner (AC), audio, power window, internet dan lain –lain.
  2. Perhatikan kapasitas bagasi dan ukuran kabin karena bagasi memiliki peran yang cukup penting bagi pengguna.
  3. Perhatikan semua hal yang bersifat teknis misalnya akselerasi mesin, handbrake, jenis transmisi, dan lain-lain. Pilih jenis transmisi yang paling nyaman bagi Anda. Pada umumnya, mobil di pasaran memiliki 2 jenis transmisi yaitu matic dan manual. Cari informasi secara lengkap mengenai kekurangan dan kelebihan dari kedua jenis transmisi tersebut.
  4. Kenyamanan kursi pengemudi. Cek bagaimana cara pengaturannya dan pastikan apakah seat beltcukup nyaman untuk digunakan. Bagaimana bentuk dari dashboard? Apakah kursi bisa diatur dengan mudah untuk menyesuaikan dengan postur tubuh ketika mengemudi? Karena mungkin saja dashboard dan desain kursi akan memengaruhi tingkat visibilitas kita sebagai pengemudi.
  5. Kendarai mobil tersebut di jalan umum. Rasakan pergantian transmisi, akselerasi serta kualitas kemudi lalu cobalah untuk memarkir mobil dengan berbagai macam posisi.

Setelah selesai melakukan test drive, Anda akan menemukan mobil apa yang paling tepat, segera tanyakan apakah mobil tersebut indent atau ready stock. 

 Jika mobil ready stock, Anda bisa memperolehnya saat itu juga. Namun berbeda dengan indent, Anda masih harus menunggu dalam waktu beberapa bulan untuk bisa mendapatkan mobil tersebut.

Tetapi ada keuntungannya, yaitu Anda dapat melakukan penambahan fasilitas atau custom sesuai dengan keinginan.

Tips Membeli Mobil Baru Secara Tunai Bagi Pemula

tips membeli mobil baru secara cash

Membeli mobil adalah hal yang sangat mudah bagi yang sudah berpengalaman. Tetapi hal tersebut akan menjadi sesuatu yang rumit bagi seorang pemula.

Banyak yang harus diperhatikan karena sudah menjadi rahasia umum ada beberapa oknum di dealer yang justru sangat membenci kepada konsumen yang membeli mobil secara tunai.

Sehingga tidak jarang, pembeli justru akan dipersulit. Saran dari kami, jika Anda dipersulit dengan oknum tersebut, jangan banyak berkompromi dan segera adukan ke kepala dealer.

Apabila kepala dealer susah untuk dihubungi dan sulit untuk ditemui, segera tinggalkan dealer tersebut lalu cari dealer yang lainnya.

Berikut ini adalah tips penting bagi Anda yang berniat membeli mobil baru secara tunai.

 

  1. Pastikan Dana Tersedia untuk Jenis Mobil Yang Anda Inginkan

Hal utama yang harus disiapkan tentu saja adalah dana. Pastikan ketersedian uang sedikit lebih banyak dari harga jual untuk berjaga-jaga jika ada biaya yang tidak terduga.

  1. Survey dan Kumpulkan Informasi Sebanyak Mungkin

Salah satu tips membeli mobil baru bagi seorang pemula adalah mencari informasi sebanyak-banyaknya untuk mendapatkan referensi dealer yang terbaik.

Jangan langsung menjatuhkan pilihan kepada satu sales/dealer saja dan 1 tipe mobil yang ingin dibeli, berusahalah untuk membandingkan jenis mobilnya dengan tipe lain, apakah benar-benar sudah sesuai dengan kebutuhan Anda.

Jika sudah sangat yakin dengan tipe tersebut, silakan bandingkan pelayanan dealer satu dengan yang lainnya.

Saat ini untuk mencari informasi mengenai hal yang berhubungan dengan kualitas kendaraan atau pelayanan suatu dealer tidaklah sesulit dulu.

Cukup join atau bergabung di komunitas penggemar tipe dan merk mobil tertentu yang ada di grup media sosial seperti facebook, lalu mintalah pendapat ke mereka.

  1. Booking Fee

cara membeli mobil baru dengan harga murah

Selanjutnya adalah perhatikan booking fee untuk tanda jadi pembelian mobil. Untuk jumlahnya sekitar 1 – 5 juta rupiah atau tergantung dari kebijakan di masing-masing dealer.

Anda akan menerima SPK (Surat Pemesanan Kendaraan) setelah memberikan uang tanda jadi. Tapi ada baiknya lakukan negosiasi terlebih dahulu kepada pihak dealer untuk meminta promo atau aksesoris kendaraan.

Setelah terjadi kesepakatan dan Anda sudah tertarik dengan semua penawaran, silakan beri uang tanda jadi.

Lakukan pembayaran booking fee secara tunai untuk mengurangi rasa khawatir dan Anda bisa memperoleh bukti transaksi pada saat itu juga.

  1. Perhatikan SPK 

Tips membeli mobil baru yang selanjutnya adalah sesudah melakukan pembayaran booking fee, Anda akan menerima Surat Pemesanan Kendaraan atau SPK.

Terdapat beberapa poin penting yang harus diperhatikan di dalam surat tersebut, yaitu:

  • Tanggal pemesanan – Harus sama atau sesuai dengan tanggal pembayaran booking fee.
  • Harga unit (mobil) – Hal ini penting karena ada kemungkinan harga mobil akan mengalami kenaikan.
  • Warna mobil – Tanyakan kepada dealer apakah hal ini sudah mengikat atau masih dapat diubah untuk permintaan warna yang lain setelah booking.
  • Diskon mobil – Jangan meremehkan hal ini, segera tulis jika ada diskon yang sudah disepakati.
  • Aksesoris mobil – ini juga musti tertulis dengan jelas jika pihak dealer menjanjikan memberikan aksesoris kendaraan.
  • Bonus – Promo, diskon, bonus atau tawaran lainnya, apapun itu harus di tulis supaya tidak merugikan Anda kedepannya.

Baca secara rinci dan pahami dengan detail isi dari SPK tersebut. jika ada poin yang kurang dipahami, segera tanyakan kepada sales atau pihak dealer.

bonus membeli mobil baru

SPK ditandatangani oleh kedua belah pihak. Untuk lembaran yang dipegang oleh pelanggan adalah bukti booking fee.

Apabila terjadi pembatalan yang dilakukan oleh pihak konsumen, maka harus dipastikan uang bisa refund atau dikembalikan 100%.

Sebaliknya, jika pihak dealer yang membatalkannya, maka uang pun harus bisa dikembalikan seutuhnya kepada pihak konsumen.

Membeli mobil secara cash memang lebih menguntungkan dibandingkan harus kredit karena total harga beli menjadi lebih rendah.

Pembelian secara kredit bisa memberatkan kita karena harus berhutang dalam jangkan waktu yang cukup lama.

Bukan hanya itu saja, harga mobil makin lama makin menurun sedangkan seluruh DP ditambah dengan total angsuran bisa hampir 2 kali lipat dari harga mobil itu sendiri.

Demikian adalah tips membeli mobil baru yang bisa Anda praktekkan sekarang juga. Semoga bisa bermanfaat bagi Anda.

Jika Anda berminat untuk mencari pinjaman uang dengan gadai bpkb mobil, tempat terbaik hanya ada di SolusiBiaya.com

Hubungi nomor HP yang tertera di situs ini.

solusibiaya.com
Write a Comment

Fast Respon (Anto)