Keuntungan Take Over Kredit Mobil di Tempat Kami

take over kredit mobil

Bagaimana caranya agar bisa mendapatkan uang pinjaman disaat BPKB masih digadaikan di bank atau leasing lain?

Solusi terbaiknya adalah dengan melakukan take over kredit mobil atau mengalihkan sisa cicilan pinjaman dengan gadai bpkb dari tempat lain.

Fasilitas atau program seperti ini adalah andalan bagi kita yang mengalami kesulitan keuangan dan sudah tidak tahu kemana lagi mencari dana disaat jaminan sedang “disekolahkan” di perusahaan gadai.

Hubungi Kami di Nomor 087876723437 (WA/SMS) Jika Ingin Mengalihkan Angsuran Pinjaman Dana Tunai Gadai BPKB Mobil dari Tempat Lain (Bank, Leasing, Multifinance dan BPR).

Walaupun bisa menjadi jalan keluar bagi Anda, namun perlu diperhatikan juga syarat dan ketentuan dari perusahaan multifinance yang memiliki fasilitas ini.

Sebelum kami menjelaskan lebih detail mengenai tips dan skema untuk pinjaman jenis ini, ada baiknya kami informasikan terlebih dahulu yang dimaksud dengan pengambilalihan hutang di lembaga multifinance atau leasing.

Hal ini kami lakukan agar tidak terjadi mispersepi bagi para pembaca di artikel ini atau calon konsumen di Solusi Biaya.

Ada dua jenis take over (TO) kredit, yang pertama adalah TO pembelian kendaraan dengan cara mengangsur setiap bulannya dan karena konsumen memiliki kendala finansial sehingga menyebabkan tidak bisa melunasi sisa cicilan.

Kemudian pemilik mobil menjual ke orang lain dengan cara pembelinya tersebut mengambil alih sisa hutang dan kredit dari pihak pemilik kendaraan.

Dengan skema seperti itu maka pihak penjual tidak lagi memiliki kewajiban untuk membayar sisa cicilan karena semua sudah dialihkan ke pihak pembeli.

Dan kedua adalah TO pinjaman dengan gadai BPKB, yaitu konsumen mengambil kredit pinjaman dengan menjaminkan BPKB yang dimiliki.

Pengalihan ini bukanlah over kredit pembelian unit, tapi peminjaman uang dengan menjaminkan BPKB.

Biasanya nasabah melakukan pengalihan hutang karena ingin mendapatkan dana segar di tempat gadai lain dan mencari yang bunganya lebih ringan.

Tipe yang kedua ini yang ada di solusibiaya.com

Berikut ini adalah alasan utama seseorang melakukan take over kredit mobil :

  • Kecewa dengan pelayanan di perusahaan finance awal tempat pinjam uang.
  • Bisa mendapatkan tingkat bunga yang lebih rendah dibanding finance sebelumnya. Contohnya dari 13% menjadi 10%. Penurunan bunga tersebut akan otomatis menurunkan cicilan perbulannya (dengan tenor yang sama).
  • Agar bisa mendapatkan tambahan dana dari pengalihan tersebut. Misalnya dari 200 juta menjadi 250 juta.

Proses pengalihan dimulai dari permohonan pengajuan kredit dari calon debitur beserta kelengkapan syarat ketentuan pengajuan loan.

Proses selanjutnya adalah kami akan melakukan survey ke calon peminjam, jika sudah memenuhi syarat, selanjutnya tim marketing akan membuat proposal singkat pengajuan pinjaman.

Kemudian proposal akan diajukan ke tim analisa kredit untuk di cek semua validitasnya, mulai dari history payment, keaslian dokumen, dan yang lainnya.

Jika disetujui, akan dilanjutkan dengan proses akad serta pengikatan agunan.

Setelah proses pengikatan agunan, maka si debitur akan didampingi oleh tim marketing menuju kantor cabang finance tempat awal menggadaikan bpkb untuk melakukan pelunasan dengan uang yang didapatkan dari finance yang baru.

Setelah pelunasan dilakukan, si peminjam akan menerima bukti asli kepemilikan jaminan serta slip tanda pelunasan.

Proses terakhir adalah si debitur akan menyerahkan dokumen-dokumen tersebut kepada tempat gadai yang baru untuk melakukan pengikatan agunan.

Semua mekanisme diatas akan mengakhiri seluruh perjanjian kredit antara konsumen dengan leasing awal dan memulai perjanjian baru dengan tempat gadai bpkb yang baru.

Tips penting agar take over kredit mobil dapat disetujui :

take over leasing mobil

Walau bisa menjadi solusi terbaik disaat Anda sedang mengalami kesulitan keuangan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan jika ingin melakukan pengalihan utang, yaitu :

  • Memiliki riwayat pembayaran yang baik. Sekalipun pernah telat, usahakan tidak lebih dari 30 hari.
  • Nilai taksiran atau taksasi jaminan masih bisa di cover untuk penambahan pencairan plafon pinjaman.
  • Pengambilalihan pinjaman hanya dari multifinance atau bank lain yang terdaftar secara resmi oleh OJK.
  • Tidak menerima pengalihan dari koperasi atau lembaga lain yang tidak diawasi OJK.
  • Konsumen harus sudah melakukan pembayaran minimal 60% dari total keseluruhan tenor.
  • Syarat lainnya yang akan diinformasikan oleh tim marketing kami.

Hal diatas cenderung sangat mudah dilengkapi oleh masyarakat luas karena kami sangat fleksibel dalam memberikan pelayanan yang terbaik.

Supaya pengajuan Anda bisa lancar tanpa hambatan yang berarti, berikut adalah tips penting yang harus Anda jalankan :

  1. Jika Anda adalah tipe nasabah yang selalu telat bayar atau sering terkena denda di leasing sebelumnya, kami sarankan untuk mengurungkan niat melakukan take over karena semua perusahaan pembiayaan pasti akan meminta history payment Anda dan melakukan pengecekan mutasi pembayaran. Namun di tempat kami masih bisa diproses jika debitur tidak pernah telat lebih dari 30 hari.
  2. Rawatlah unit kendaraan Anda dan jangan pernah dimodifikasi karena syarat utama untuk melakukan take over kredit mobil,gadai atau pengalihan adalah unit kendaraan yang “masih original”, masih dalam spesifikasi standar serta tanpa ada cacat yang diakibatkan oleh modifikasi.
  3. Dana talangan yang kami berikan, diambil dari sistem simulasi pinjaman yang baru, sehingga Anda harus menghitung secara pasti sisa total angsuran di multifinance sebelumnya. Silakan dipastikan terlebih dahulu ke pembiayaan Anda sekarang sebelum mengajukan take over.
  4. Mayoritas masyarakat yang mengajukan pengalihan hutang karena ingin mendapatkan dana segar dari selisih pencairan plafon dengan total sisa cicilan saat ini. Ada baiknya konsumen lebih cermat untuk hal ini.
  5. Pastikan bahwa pasangan Anda, baik suami atau istri mengetahui pengajuan yang akan dilakukan, baik pengajuan baru atau pengalihan hutang karena bagaimanapun juga pihak pasangan harus tandatangan di dokumen perjanjian. Jika Anda bersikeras bahwa pihak suami atau istri tidak boleh sampai mengetahui, kami sarankan agar tidak perlu melanjutkan prosesnya karena pasti tidak akan disetujui oleh pihak multifinance manapun.

Demikian tips ampuh yang bisa diterapkan oleh para calon nasabah kami. Selanjutnya kami akan menjelaskan secara detail mengenai take over pembelian secara kredit (mengambil mobil secara kredit).

Hampir semua kebutuhan saat ini sangat memerlukan yang namanya modal usaha. Biasanya hal tersebut selalu menjadi alasan klasik yang banyak digunakan orang untuk menjual aset terpentingnya yaitu mobil pribadi.

Tetapi, bagaimana jika yang ingin dijual adalah mobil yang dibeli secara kredit atau tidak tunai? Apakah masih dapat dijual?

Apakah Anda pernah mendengar tentang take over kredit atau istilah umum di masyarkat kita adalah over kredit.

Pada umumnya sangat jarang seseorang ingin melakukan over kredit karena masih membutuhkan unit kendaraan tersebut untuk kegiatan operasional sehari-hari.

Namun, apabila sudah berada dalam kondisi yang kepepet atau memaksa harus melepaskan unit tersebut, mau tidak mau musti melakukan over kredit karena merupakan satu-satunya solusi.

Pahami Ketentuan Take Over yang Benar

Sebelum berniat untuk melakukan take over kredit mobil, ada beberapa poin penting yang musti diperhatikan, yaitu terkait dengan syarat dan ketentuan hukum yang berlaku saat ini.

Jangan sampai hanya karena pengetahuan Anda yang terbatas untuk masalah pengalihan utang, Anda justru salah langkah dan melakukan take over dibawah tangan atau dengan kata lain tidak melibatkan perusahaan resmi yang memiliki fasilitas leasing kendaraan bermotor.

Lalu Apa yang dimaksud dengan pengalihan utang dibawah tangan?

Kegiatan dibawah tangan tersebut merupakan aktivitas yang biasa dilakukan oleh debitur dalam usahanya untuk dapat mengalihkan kewajiban pembayaran kreditnya kepada pihak lain atau pihak pembeli.

Namun tidak menggunakan jasa dari perusahaan leasing yang resmi. Hal yang salah tersebut dapat dikategorikan sebagai tindakan yang melanggar hukum.

Karena unit mobil yang digunakan merupakan agunan hutang milik debitur kepada pihak multifinance atau leasing.

Jika nanti kedepannya muncul masalah akibat kredit dibawah tangan, maka perusahaan leasing tempat debitur mengajukan pembelian secara kredit, dapat melayangkan gugatan dan menuntut ganti rugi kepada pembeli pertama yang tercatat secara sah sebagai debitur.

Oleh sebab itu, ikuti peraturan yang berlaku dan lakukanlah pengalihan kredit secara resmi dan sesuai prosedur agar tidak menimbulkan masalah yang justru akan merugikan Anda.

showroom terima over kredit

Melakukan Take Over Kredit mobil secara Resmi Melalui Fasilitas Multifinance atau Bank

Cara aman yang dapat konsumen lakukan adalah mengajukan take over kredit melalui multifinance atau lembaga pembiayaan resmi yang diawasi oleh OJK.

Proses yang dilalui sebenarnya cukup mudah, yaitu dengan menghubungi pihak pembiayaan leasing dan sampaikanlah maksud dan tujuan Anda melakukan over kredit.

Selanjutnya pihak finance akan melakukan analisa awal terlebih dahulu untuk menilai kemampuan finansial dari pihak pembeli terkait kemampuan dirinya dalam membayar sisa angsuran.

Jika hasil dari analisis tidak sesuai yang diharapkan, maka pengajuan sudah pasti tidak akan disetujui.

Namun jika calon pembeli mampu memenuhi segala persyaratan dan ketentuan dari perusahaan, maka proses over kredit dapat dilanjutkan dengan sejumlah syarat dan biaya yang berlaku.

Mengenai masalah biaya, biasanya hanya meliputi biaya asuransi dan notaris. Jika sudah di approve dan konsumen sudah melakukan pembayaran semua biaya, maka debitur yang baru dapat menggantikan posisi penjual (debitur awal atau pertama).

Lalu kemudian langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah memenuhi semua kebijakan dari pihak multifinance atau bank.

Tips Take Over Kredit Mobil yang Aman dan Menguntungkan

Apabila Anda saat ini memiliki rencana untuk mengajukan take over kredit mobil, berarti Anda sudah membaca artikel yang tepat karena kami akan menginformasikan beberapa hal penting yang wajib diperhatikan oleh masyarakat luas. Yaitu diantaranya:

  1. Pastikan Calon Pembeli Tidak Termasuk dalam Kriteria Kredit Macet

Jika Anda sekarang bertindak sebagai pihak pembeli, sebelum memilih fasilitas pengalihan utang, pastikanlah pihak penjual (debitur awal atau lama) tidak memiliki kendala pembayaran cicilan kredit.

Anda harus lebih berhati-hati terkait dengan adanya kemungkinan denda keterlambatan pembayaran atau lebih parahnya lagi kredit macet.

Apabila terdapat masalah, silakan paksa orang tersebut untuk menyelesaikan semua kewajiban dan tanggung jawabnya.

Namun jika ada angsuran yang belum dibayarkan, maka segera minta kepada dia untuk dibayarkan terlebih dahulu.

Dan Jika masih ada denda keterlambatan atas kewajiban pembayaran angsuran bulanan, segera minta untuk dibayar agar tidak membebani Anda.

  1. Taati hukum yang berlaku agar Terhindar dari Pelanggaran dengan cara melengkapi hal yang sifatnya administratif.

Mungkin terdengar sepele namun akan berdampak besar bagi Anda kedepannya. Setelah melakukan pemeriksaan seluruh detail riwayat pembayaran kredit si penjual, hal selanjutnya yang musti dilakukan adalah mengecek dengan cermat kelengkapan dokumen administrasinya.

Periksalah secara teliti. Jangan sampai ada kelengkapan surat-surat penting atau dokumen yang terlewat.

Kelengkapan seluruh dokumen administrasi yang ada hubungannya dengan kredit mobil musti jadi prioritas utama bagi Anda.

  1. Pahami Semua Cara dan Proses Perhitungan Kredit

Buatlah langkah antisipatif dengan cara melakukan perhitungan kredit dan biaya ganti kredit. Jika pihak penjual memberikan nilai yang tidak wajar atau terlampau tinggi, Anda sebagai pihak pembeli harus lebih berhati-hati.

Selalu mengupayakan untuk melakukan take over kredit mobil dengan harga yang sewajarnya supaya Anda sebagai pihak pembeli tidak merasa dirugikan.

Kadang pihak bank atau multifinance pun sering mengabaikan hal-hal yang seharusnya penting bagi nasabah.

Solusi jangka pendeknya adalah gunakan google untuk membandingkan dengan cepat harga wajar satu lembaga pembiayaan dengan yang lainnya.

biaya administrasi over kredit mobil

Atau jika ingin menghemat waktu, gunakan aplikasi khusus untuk menghitung harga wajar suatu unit.

Jaman sekarang sudah sangat mudah untuk mencari semua informasi yang sangat krusial, beda dengan jaman dulu, sangat sulit sekali kita mengakses informasi, apalagi jika harus menanyakan ke pihak perusahaan.

Dapat dipastikan kita tidak akan dilayani dengan baik karena mereka anggap kita membuang-buang waktu penting mereka.

Take Over Kredit Bisa Jadi Masalah dan Solusi bagi Keuangan Anda

Saat ini Take over kredit mobil memang sudah mulai dijadikan solusi untuk menyelesaikan masalah keuangan masyarakat luas.

Bisa dibilang itu menjadi solusi jangka pendek terbaik yang bisa ditawarkan ke masyarakat dari pihak pembiayaan.

Apalagi bagi yang kondisi keuangannya sedang sangat sulit. Banyak calon konsumen kami yang memiliki masalah seperti itu. Prosentasenya bisa mencapai 20%

Dan bagi pihak penjual, kebutuhan akan dana cepat biasanya jadi alasan utama untuk melakukan pengalihan utang.

Sementara bagi si pembeli, melakukan take over kredit mobil bisa menjadi kesempatan besar untuk memperoleh kendaraan roda empat tanpa harus membelinya secara tunai.

Namun jika tidak dilakukan secara teliti, justru bisa berbalik merugikan Anda.

Oleh karena itu pilihlah lembaga pembiayaan yang terpercaya seperti solusibiaya.com karena kami memiliki prestasi yang sangat baik dalam memberikan pelayanan ke konsumen.

Take Over Kredit Kepemilikan Rumah (KPR)

Perlu diketahui bahwa ada lagi jenis take over yang sangat diminati oleh masyarakat yaitu pengalihan KPR.

Kami akan menjelaskan sedikit untuk Anda mengenai hal tersebut.

Sebelumnya, pertanyaan dari kami adalah apakah Anda mengalami kekecewaan kepada pihak Bank penyalur Kredit Kepemilikan Rumah atau KPR?

Jika iya, maka kami akan sedikit memberikan tips agar Anda bisa pindah ke bank lain.

Biasanya hal yang membuat nasabah beralih ke bank lain adalah karena pelayanan yang sangat buruk dan bunga cicilan yang terus tinggi.

Baiklah, sebelum Anda mengambil keputusan untuk pindah ke lain hati, ada baiknya pelajari beberapa hal berikut ini.

Pindah KPR ke Bank lain sama dengan Mengikuti Prosesnya dari Awal

Disaat Anda pindah Kredit Kepemilikan Rumah dari Bank B ke Bank C, biasanya akan diminta untuk memenuhi semua syarat yang sama seperti ketika Anda mengajukan pertama kali.

Diminta untuk mengisi formulir aplikasi dan melengkapi dokumen yang berisi syarat ketentuan, kemudian harus dilampirkan juga identitas diri dll.

Biaya yang harus dikeluarkan juga tidak berbeda jauh dengan ketika kita pertama kali mengajukan KPR.

Selanjutnya ada biaya tambahan lain, seperti biaya administrasi untuk perpindahan KPR dan lain-lain.

Sejak awal Anda harus dapat memastikan serta mengetahui biaya-biaya apa saja yang dikeluarkan dan kami sarankan untuk meminta keringanan biaya dari pihak bank baru tersebut.

Tentu saja Anda tidak ingin mengalami kerugian kalau pindah bank, namun masih dikenakan biaya yang tidak berbeda dengan bank lama.

Selain pengeluaran diatas, kadang para nasabah KPR juga wajib membayar sejumlah pinalti dari bank lama.

Anda dapat melakukan kroscek apakah biaya pinalti tersebut sudah termasuk dalam perjanjian antara Anda dengan pihak bank. Telitilah setiap isi perjanjian dengan cara membaca tulisan kecil atau sering disebut dengan fine print di setiap formulir aplikasi.

Alasan dan Latar Belakang Pindah KPR

Anda harus memiliki alasan yang masuk akal mengapa ingin mengajukan take over KPR. Jelaskan ke pihak perbankan karena pelayanan kurang memuaskan atau suku bunga yang sangat tinggi.

Hal tersebut sangat penting karena tanpa alasan yang logis, jangan berharap permohonan akan disetujui.

Memilih Bank dengan Penawaran Kredit Terbaik

terima take over kredit mobil

Sebelum memutuskan dengan cepat, lebih baik Anda mencari informasi sebanyak-banyaknya mengenai bank yang akan menjadi tempat pindah KPR.

Lakukan survey, apakah bank tersebut cukup baik pelayanannya, bunga cicilan kompetitif dan memiliki reputasi yang baik?

Sediakan waktu khusus untuk memandingkan antara satu bank dengan bank lainnya serta tanyakan kepada rekan atau saudara yang sudah memiliki pengalaman dengan bank tersebut.

Hitunglah bunga angsuran dan tenor yang masih tersisa dari total angsuran kredit Anda. Jangan sampai pengalihan yang dilakukan justru malah membuat rugi karena tidak memperhatikan hal penting.

Selain itu Anda juga harus mengetahui apakah proses take over KPR tidak terlalu rumit karena biasanya kalau di awal saja sudah rumit, kedepannya pasti juga akan lebih rumit lagi, hal ini juga seharusnya jadi bahan pertimbangan Anda.

Bank Tempat Sebelumnya untuk KPR harus Mengeluarkan Semua Dokumen

Ini sangat penting tapi sering tidak diperhatikan, konsumen harus dapat meyakinkan pihak bank tempat menjalankan KPR harus mengeluarkan semua berkas dokumen yang dibutuhkan untuk mengurus pengalihan KPR.

Misalnya adalah surat roya atau surat pelepasan hak dan tanggung jawab atas aset yang dimiliki dari bank lama.

Nasabah juga wajib melampirkan dokumen utama lainnya seperti fotokopi sertifikat rumah (SHM), fotokopi surat akta jual beli (AJB), izin mendirikan bangunan (IMB) dan surat perjanjian kredit.

Demikianlah informasi mengenai take over kredit mobil.

Kami harap dengan penjelasan yang cukup panjang diatas, bisa membuat Anda tidak terburu-buru untuk mengambil keputusan karena yang berhubungan dengan uang harus dilakukan secara teliti.

Jika Artikel ini berguna, silakan share ke rekan yang membutuhkan dan untuk pinjaman dana tunai gadai bpkb, percayakan kepada kami.

solusibiaya.com
Write a Comment

Fast Respon (Anto)