Manfaat Hutang dan Fungsinya Bagi Kehidupan Kita

manfaat hutang

Mungkin kita semua sudah menyadari bahwa berhutang adalah tindakan yang selalu dihindari apabila kondisi keuangan sedang tidak terdesak.

Namun dengan semakin banyaknya kebutuhan, mahalnya harga barang, ketatnya kompetisi serta melekatnya sifat konsumtif pada diri manusia membuat hutang menjadi “agenda resmi” dalam perencanaan keuangan kita.

Ada hal aneh yang sering terjadi dalam dinamika kehidupan kita sehari-hari yaitu orang sangat takut berhutang untuk kegiatan produktif seperti berbisnis serta pengembangan usaha, tapi sangat bersemangat apabila melihat hal berbau konsumtif seperti mobil keluaran terbaru, gadget canggih barang branded, dan lain-lain.

Manfaat hutang menjadi sia-sia jika penggunaan dana yang diperoleh hanya digunakan untuk membiayai kebutuhan konsumtif saja.

Baca juga: Bagaimana Cara Melunasi Hutang yang Menumpuk

Lalu bagaimana cara mudah memperoleh pinjaman uang atau dana tunai apabila kita sedang butuh cepat?

Silakan kunjungi situs SolusiBiaya.com untuk mendapatkan pembiayaan kredit multiguna dengan gadai BPKB Mobil, Motor dan Sertifikat.

Syaratnya sangat mudah, cepat cair, proses tidak berbelit-belit, melayani hampir di seluruh wilayah Indonesia dan bunga paling ringan.

Apakah ada KTA (Kredit Tanpa Agunan)? Untuk itu kami ada, namun hanya partnership dengan pihak ketiga, silakan kunjungi beranda (home) situs ini, lalu klik tombol “KTA”.

Kami menyarankan supaya lebih memilih produk pinjaman dana menggunakan jaminan / agunan karena jauh lebih menguntungkan konsumen dari segi suku bunga dan prosedur.

Berikut ini kami informasikan manfaat hutang untuk memaksimalkan keuntungan usaha kecil Anda, simak baik-baik dan jika berguna silakan bagikan dengan yang lain.

Jaga Bisnis Berharga Milik Anda

keuntungan hutang jangka pendek

Tidak peduli seberapa bagus ide bisnis Anda, ada kemungkinan pada titik tertentu Anda akan membutuhkan lebih banyak uang daripada yang sudah direncanakan, baik untuk perluasan perusahaan atau untuk membeli inventaris.

Ketika saldo di rekening bank mulai menipis, banyak pengusaha dan perusahaan startup bereaksi secara spontan untuk menjual bagian dari bisnisnya (atau dikenal sebagai ekuitas) ke mitra baru sebagai solusi cepat jangka pendek.

Lebih baik hindari membuat keputusan seperti itu karena masalah terbesar hanya pada kurangnya kreativitas Anda.

Kami sebagai situs dana tunai yang sudah melayani banyak nasabah dari berbagai kalangan sangat mendorong Anda untuk mempertimbangkan kembali keinginan menjual bagian penting dari perusahaan Anda demi uang tunai.

Apabila Anda melepaskan bagian penting perusahaan, itu sama saja memberikan keuntungan kepada orang lain atas usaha yang sudah diperjuangkan oleh Anda dan tim selama ini.

Setelah melepas semua itu, Anda mungkin sudah tidak memiliki hutang di atas kertas lagi, tetapi akan dibayangi oleh rasa penyesalan.

Bandingkan jika Anda memilih cara mempertahankan bisnis dengan berani mengambil pinjaman dana tunai dengan Gadai BPKB atau Sertifikat, tentu itu jauh lebih baik karena bisnis bisa terus berjalan dan profit yang diperoleh dapat digunakan untuk membayar angsuran bulanan.

Sedikit kami berikan informasi, banyak orang sukses di dunia ini karena mereka mengetahui manfaat hutang untuk hal produktif dengan dilandasi keyakinan bahwa perencanaan mereka pasti berhasil.

Tentu ada kemungkinan gagal, tapi itu pasti sudah diantisipasi sejak awal. Oleh sebab itu, pilihlah lembaga atau situs pinjaman uang yang bunganya ringan seperti SolusiBiaya.com

Betapa bahagianya jika Anda lebih fokus mengambil cara ini, kami sebagai perusahaan keuangan yang sudah puluhan tahun berdiri, banyak melihat nasabah kami yang dulunya terpuruk dan butuh dana, sekarang bisnisnya sudah memiliki omzet miliaran bahkan triliunan rupiah perbulannya.

Manfaatkan Keuntungan Anda

keuntungan jangka pendek

Cara termudah untuk mengetahui apakah bisnis akan menguntungkan adalah dengan mengukur laba atas investasi (ROI).

Ketika berhadapan dengan hutang, Anda harus benar-benar yakin bahwa pendapatan atau omzet usaha melebihi biaya pengeluaran.

Sebagai contoh, katakanlah perusahaan agensi Anda menjalankan sebuah project yang butuh dana sekitar 150 jutaan.

Buatlah perincian sederhana seperti ini. Pendapatan perusahaan sebesar 100 juta perbulan dan biaya pengeluaran sebesar 70 juta, sehingga keuntungan bisnis adalah sebesar 30 juta.

Apabila Anda menggadaikan BPKB Mobil Toyota Avanza tahun 2016 dan memperoleh pencairan bersih maksimal sebesar 120 juta dengan angsuran perbulan 5 juta rupiah, tentu itu masih masuk hitungan.

Perincian perhitungan tersebut sangatlah penting supaya Anda bisa terhindar dari resiko kredit macet yang menyebabkan gagal bayar utang.

Dalam keadaan mendesak, manfaat hutang merupakan sahabat terbaik dalam situasi tersebut. Anda mengambil pinjaman dan membayar.

Untuk skenario diatas, arus kas di akhir bulan jauh melebihi biaya pengeluaran, jadi masuk akal untuk meminjam uang demi lancarnya project.

Sebagai pemilik bisnis, merupakan tugas utama Anda untuk melakukan perhitungan biaya demi lancarnya kegiatan usaha.

Persiapkan Dana untuk Penjualan di Masa Mendatang

manfaat hutang bagi perusahaan

Saat ini banyak sekali bisnis yang sifatnya hanya musiman saja. Contohnya adalah bisnis kue nastar yang booming pada saat lebaran saja.

Perusahaan seperti ini bisa sangat meledak omzet-nya namun hanya di momen-momen tertentu saja, pada saat penjualan mulai turun, butuh perjuangan keras untuk menyeimbangkan arus kas.

Mengambil pinjaman uang pada saat omzet sedang tinggi-tingginya atau ketika 2 bulan sebelum penjualan menurun, merupakan keputusan yang sangat tepat.

Mengapa? Karena salah satu manfaat hutang yaitu untuk menjaga arus kas selama periode tenang yang diakibatkan momen tertentu sudah berakhir.

Contoh lainnya adalah sebagai berikut. Misalnya, Anda memiliki toko hijab yang sangat sukses di Jakarta. Bisnis sangat lambat sebelum musim puasa, tetapi Anda harus memesan inventaris tiga bulan sebelumnya untuk memastikan kesediaan produk cukup pada saat menyambut bulan puasa.

Masuk akal untuk meminjam uang tiga atau empat bulan sebelum momen tersebut dimulai, sehingga tidak mengganggu jikalau order membludak.

Sekarang Anda berada di posisi untuk menikmati peningkatan besar dalam penjualan, membayar kembali pinjaman dalam bentuk angsuran dengan lancar dan menikmati keuntungannya.

Bukan Hanya Mengapa, Tapi Di Mana

manfaat memiliki hutang

Sekarang kami telah meyakinkan Anda mengapa masuk akal bagi bisnis untuk menggali manfaat hutang melalui meminjam uang di lembaga finance resmi, mari kita bahas tentang dimana bisa mendapatkan pinjaman dana tunai.

Ketika harus berhutang, semua kredit tidak sama. Sangatlah penting bagi konsumen untuk menemukan pemberi pinjaman yang mampu memberikan solusi tanpa ribet.

  1. Memahami bisnis Anda.
  2. Memahami logika pinjaman.
  3. Apakah mau meminjamkan uang Anda pada tingkat bunga yang wajar.
  4. Nyaman (Ini berarti pengaturan layanan dan banyaknya fasilitas pembayaran cepat yang sesuai untuk nasabah).
  5. Aman (jaminan berupa BPKB dan Sertifikat dipastikan keamanannya).

Solusibiaya memiliki semua kriteria diatas, jadi jangan ragu mempercayakan kami untuk semua permasalahan keuangan Anda.

Namun perlu diketahui bahwa semua tergantung pada karakteristik bisnis Anda dan jenis pinjaman yang ingin diambil.

Jika ingin mencari kredit multiguna tanpa birokrasi berbelit-belit serta bunga ringan dan tanpa BI Checking, silakan pilih dengan agunan.

Surat yang dapat dijaminkan adalah sertifikat rumah (SHM, SHGB) atau BPKB Mobil Motor. Khusus sertifikat, sebaiknya sudah atas nama sendiri, orang tua atau pasangan (suami, istri).

Ada baiknya hindari pinjam ke Bank karena hanya akan membuang waktu berharga Anda. Alasannya tentu saja dikarenakan penerapan prosedur ketat dan panjang.

Pada dasarnya tidak ada manfaat hutang dari Bank sebab kurang memperhatikan tentang kebutuhan kredit dan lebih fokus ke hal mengenai pendapatan tahunan, frekuensi setoran bank, dan berapa persen dari bisnis Anda yang dimiliki.

Pinjaman online solusibiaya dapat dipastikan menjadi satu-satunya jalan keluar terbaik bagi masyarakat di Indonesia.

Sebelum mengajukan pembiayaan, mohon perhatikan arus kas, khususnya keluar masuk uang di dalam rekening perusahaan.

Karena kami dan beberapa perusahaan keuangan pasti akan melakukan pengecekan mutasi rekening 3 bulan terakhir.

Namun mengenai mutasi tabungan, kami lebih fleksibel karena apabila ada nasabah yang jarang menggunakan rekening sebagai tampungan dana.

Maka dapat menggunakan bukti penjualan produk, orderan barang, bukti piutang, SKU (Surat Keterangan Usaha), dan beberapa legalitas yang diminta oleh tim lapangan kami.

Manajemen Hutang

keuntungan hutang jangka panjang

Penghambat terbesar seseorang yaitu tidak berani merasakan manfaat hutang sebab takut jika suatu saat tidak mampu melunasinya.

Hal itu tentu akan berdampak panjang seperti jatuhnya harga diri karena orang lain akan menganggap si peminjam sedang bermasalah finansialnya.

Apalagi kalau sampai dikejar-kejar oleh debt collector, tentu akan sangat memalukan bagi dirinya beserta keluarga.

Oleh sebab itu bijaksanalah jika sudah berhutang ke teman, saudara maupun ke lembaga pinjaman resmi.

Jangan sampai tali persahabatan yang sudah terjalin lama akhirnya retak karena ketidakkonsistenan Anda selaku peminjam uang.

Seperti yang sudah kita ketahui, kata ‘hutang’ selalu diasosiasikan dengan sesuatu yang negatif.

Ketika perusahaan atau individu mengambil pinjaman, maka di dalam pikiran orang awam pasti langsung menganggap ia sedang mengalami ketidakmampuan dari segi finansial.

Padahal utang merupakan alternatif terbaik untuk memperoleh modal atau bagi yang ingin memiliki barang impian namun terkendala budget.

Cibiran dari orang lain terkadang membuat keinginan seseorang dapat tertunda, akhirnya mereka lebih memilih menabung saja demi memiliki cukup uang untuk membeli suatu barang.

Manfaat hutang sangatlah banyak dan jika dikelola dengan baik, kita mampu terhindar dari penderitaan finansial.

Coba Anda bayangkan dan pikirkan, apakah bisa bisnis berkembang apabila tidak berhutang? Sedangkan omzet perusahaan digunakan untuk membayar gaji pegawai, kegiatan operasional dan aktivitas kantor lainnya.

Dan apakah seseorang dapat memiliki rumah, mobil atau produk jasa lainnya tanpa kredit, padahal penghasilan tidak mencukupi.

Ingatlah ini, lebih baik tidak memaksakan sesuatu yang bisa menganggu stabilitas keuangan seperti menabung terlalu ekstrim demi memiliki mobil baru.

hutang jangka panjang dan pendek

Padahal ada skema kredit yang memudahkan seseorang memiliki mobil hanya dengan down payment (DP) rendah serta bunga ringan.

Bagaimana kalau pola pikirnya sedikit diubah mengenai persoalan keuangan kita, misalnya dengan adanya pinjaman, maka kita akan terpacu untuk mencari uang dengan lebih keras demi menunaikan kewajiban berupa angsuran bulanan.

Apalagi niat tersebut dilandasi oleh keinginan untuk membahagiakan keluarga kecil kita. Niat positif disertai dengan perhitungan cermat, pasti akan membawa hasil baik.

Contoh lainnya manfaat hutang yaitu rumah. Tentu semua orang tahu bahwa setiap tahun harga rumah selalu naik setidaknya 10% pertahun.

Karena harganya mahal, mustahil bagi kebanyakan orang mampu membelinya secara cash atau tunai.

Satu-satunya jalan supaya niat memiliki aset berupa rumah dapat tercapai yaitu melalui Kredit Kepemilikan Rumah (KPR).

Semakin Anda menunda, maka semakin tertinggal oleh kenaikan harga dan berdampak pada besarnya cicilan perbulan.

Segera manfaatkan akses tersebut sebelum menyesal pada akhirnya. Ingat ini. Kewajiban akan mendorong kedisiplinan.

Di jaman sekarang, segala sesuatu bisa di kredit, mulai dari jasa belajar mengendarai mobil, peralatan rumah tangga, alat elektronik, smartphone canggih, motor, sampai dengan biaya perjalanan ibadah.

Manfaat hutang produktf adalah menjadikan barang tersebut menjadi sesuatu yang produktif bahkan mampu membiayai utangnya sendiri.

Contohnya kredit mobil untuk dijadikan taxi online, ambil laptop, hp, modem untuk berbisnis di internet.

Hal produktif lainnya adalah memutar hasil pembelian secara kredit tersebut sebagai sarana investasi Anda seperti ruko, apartemen dan rumah yang bisa disewakan.

Pendapatan bulanan dari properti tersebut untuk bayar cicilan KPR dan kenaikan harga jual dapat menguntungkan Anda kedepannya apabila unit ingin digadai sertifikatnya atau dijual.

Keuntungan dari perjuangan Anda tersebut baru akan dirasakan apabila Anda sudah memperoleh penghasilan dari hasil berhutang.

Tidak Perlu Ragu Lagi

fungsi utang

Dengan berbagai keuntungan dan keunggulan yang kami jelaskan diatas, apaah Anda masih ragu untuk berhutang?

Ragulah jika uang pinjaman hanya digunakan untuk memuaskan keinginan konsumtif kita, tapi apabila dana digunakan untuk sesuatu yang produktif, jangan pernah ragu.

Kekhawatiran tidak mampu melunasi diakibatkan karena tidak adanya perhitungan yang matang atau penggunaannya melenceng dari rencana.

Menghindari kekosongan dana, berguna bagi perputaran bisnis serta beberapa fungsi berikut ini.

Sebagai Sarana Menghasilkan Uang Tambahan

Manfaat hutang jika dikelola secara tepat, akan menolong kita berinvestasi kepada aset yang produktif.

Misalnya, ketika Anda pandai melihat peluang secara tepat untuk membeli rumah dengan waktu dan lokasi strategis, kenaikan nilainya akan meningkat secara signifikan sehingga mampu memberikan Anda keuntungan saat menjualnya walaupun rumahnya belum lunas dibeli.

Mengapa bisa demikian? Karena seiring berjalannya waktu, nilai cicilan bulanan Anda masih tetap sama, sedangkan harga rumah sudah pasti meningkat setiap tahunnya.

Supaya keraguan Anda hilang, perhatikan ini baik-baik. Berhutang secara cerdas adalah sesuatu yang dapat menghasilkan nilai tambah lebih tinggi di kemudian hari, memang hasilnya tidak langsung dirasakan, namun sudah dipastikan akan menguntungkan.

Murah Meriah

manfaat hutang piutang

Pada saat suku bunga menurun, berhutang menjadi tindakan lebih baik dibandingkan berusaha mencairkan instrumen investasi Anda.

Lakukan ini secara tepat. Perhatikan berita ekonomi dan turun naiknya suku bunga. Gunakan investasi Anda untuk membayar sesuatu hanya pada saat suku bunga sedang mengalami peningkatan.

Saran ini sangat berharga bagi Anda untuk menghindari kesalahan pencairan dana investasi pribadi yang hasilnya menjadi lebih tinggi di masa depan.

Di Indonesia, hal ini masuk kategori tindakan berisiko bukan manfaat hutang, apalagi jika uang yang akan digunakan sifatnya mendesak.

Jadi akan lebih bijaksana sebelum Anda membuat keputusan, segera konsultasikan hal ini dengan pihak asuransi atau perbankan terlebih dahulu.

Apabila kebutuhan dana sudah benar-benar mendesak, gunakan pinjaman dengan jaminan BPKB mobil atau sertifikat.

Tagihan Kartu Kredit

salah satu sumber bencana keuangan seseorang dikarenakan penggunaan kartu kredit secara sembrono.

Memang tidak mudah untuk lepas dari godaan kartu sakti ini, apalagi promo segala jenis produk sudah semakin masif di dunia maya.

Bila tidak dikontrol, bersiaplah kaget melihat tagihan bulanan Anda. Ingatlah agar selalu tepat waktu membayar cicilan credit card agar tidak terkena BI Checking.

Menurut data internal kami, lebih dari 55 persen nasabah pengaju dana tunai di luar bank adalah yang memiliki masalah di BI Checking mulai dari kolektibiltas 2 hingga 5.

Kalau tidak bisa menghindari sifat konsumtif, sebaiknya perlu diterapkan metode penundaan pembelian barang-barang yang tidak terlalu dibutuhkan.

Penghematan dapat dimulai dari hal paling kecil seperti mulai dari kebiasaan makan di restoran, menonton bioskop hingga pembelian pakaian secara online.

Pemborosan bukan bagian dari manfaat hutang sebab mampu merugikan kita semua. Kontrolah keuangan Anda sendiri.

solusibiaya.com
Write a Comment

Fast Respon (Anto)