Pentingnya Memahami Konsep Manajemen Keuangan

manajemen keuangan

Bagi perusahaan besar maupun kecil, manajemen keuangan sangatlah penting untuk dipahami karena berkaitan dengan kegiatan penyimpanan dana, pemeriksaan, pengelolaan, perencanaan dan pengendalian yang dilakukan oleh organisasi perusahaan.

Jika sebelumnya kita memahami manajemen keuangan hanya berkutat pada pengalokasian dan penggunaan dana secara efisien.

Namun seiring dengan perkembangan bisnis saat ini, manajemen keuangan perusahaan meliputi kegiatan yang lainnya seperti pengelolaan aset atau aktiva, cara memperoleh dana, dan mengatur penggunaan uang untuk kebutuhan operasional bisnis.

Bisnis yang yang tidak memiliki perencanaan keuangan yang baik, dipastikan akan mengalami kegagalan karena tidak adanya kontrol pengeluaran.

Hal yang sering terjadi adalah uang perusahaan digunakan untuk kepentingan pribadi atau untuk memenuhi kebutuhan pemilik perusahaan.

Tujuan Manajemen Keuangan

Tujuan utamanya adalah untuk mengoptimalkan nilai dari perusahaan. Jika suatu saat perusahaan akan diakuisisi sepenuhnya oleh pihak lain, nilainya bisa semakin tinggi.

Oleh karena itu, manajemen di suatu perusahaan harus mampu meminimalisir segala resiko yang dapat merugikan perusahaan dengan cara menekan atau mengatur arus peredaran dana.

Berikut adalah ruang lingkupnya :

  • Keputusan pengaturan aset. Adalah kebijakan untuk mengatur aset perusahaan agar dapat mencapai tujuan utama organisasi yaitu menghasilkan keuntungan namun tetap efisien dalam penggunaannya.
  • Keputusan pendanaan. Adalah kebijakan manajemen untuk hal yang berhubungan dengan memperoleh dana perusahaan. Biasanya kegiatan ini akan di handle oleh unit finance and treasury.
  • Keputusan investasi. Kebijakan ini berkaitan dengan kegiatan penanaman modal untuk aktiva tetap, seperti tanah, gedung kantor, dan yang lainnya atau bisa juga berupa aktiva finansial dalam bentuk surat berharga seperti surat obligasi dan saham.

Dibawah ini adalah tugas pokok manajemen keuangan untuk bisnis.

materi manajemen keuangan

Perencanaan Pajak

Salah satu fungsi pentingnya adalah untuk membantu perencanaan pajak, dengan begitu perusahaan akan terbantu untuk pembuatan estimasi perhitungan pajak sehingga pengalokasian dananya bisa dilakukan dengan baik.

Jika perhitungannya tepat maka perusahaan bisa terhindar dari denda keterlambatan atau kurang bayar yang biasanya sering terjadi di pertengahan bulan.

Mengelola Operasional Kas

Pengelolaan arus kas dengan baik membuat perusahaan akan selalu memiliki cadangan uang kas untuk membiayai berbagai kegiatan operasional seperti biaya sewa kantor, gaji karyawan, beban telepon, asuransi, cicilan angsuran pinjaman dana serta biaya utilitas.

Untuk itu Anda harus bisa memprediksi dan melakukan pengecekan kapan piutang usaha jatuh tempo lalu lakukanlah perbandingan dengan tanggal jatuh tempo tagihan yang terutang.

Untuk terhindar dari keterlambatan pembayaran piutang oleh pihak vendor, persingkatlah waktu jatuh tempo dengan melakukan negosiasi ulang kepada vendor.

Jika piutang tidak bisa dikelola dengan baik maka efeknya adalah perusahaan akan terbebani oleh kewajiban untuk membayar biaya operasional perusahaan.

Dampaknya adalah kegiatan operasional kantor akan terganggu dan memaksa Anda untuk berhutang lagi kepada pihak bank atau multifinance.

Menurunkan Biaya

Salah satu tugas pokok manajer di bidang manajemen keuangan adalah bertanggung jawab menjaga biaya pengeluaran serendah mungkin.

Hal ini tentu diperlukan peraturan khusus yang dibuat oleh manajemen perusahaan untuk membuat keputusan yang mengatur seluruh pengeluaran biaya operasional.

Untuk mengurangi biaya yang besar dapat dilakukan dengan cara lebih selektif memilih vendor, menggunakan penghemat daya untuk listrik, tidak terlalu sering melakukan perjalanan dinas dengan memanfaatkan teknologi seperti skype dan masih banyak lagi.

Jika ingin lebih ekstrim lagi, lakukan pengurangan karyawan yang tidak produktif dan kalau perlu bentuklah satgas khusus yang ditugaskan untuk mencari pekerjaan mana saja yang membutuhkan sumber daya manusia cukup banyak, lalu rampingkanlah.

Di era teknologi internet saat ini, sudah banyak pekerjaan yang bisa digantikan oleh mesin dan sistem informasi lainnya.

Monitoring Pengeluaran untuk Modal

Dengan sistem yang baik, Anda akan mudah sekali mengontrol semua aktivitas arus kas perusahaan. Satu hal yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan layanan ebanking korporat.

Jika seluruhnya bisa dimonitoring dengan baik maka Anda bisa mengetahui pengeluaran apa yang perlu dan tidak perlu.

Sehingga jika dana terkelola dengan tepat, perusahaan bisa menggunakannya untuk melakukan pembelian aset yang menghasilkan pendapatan.

Tentu Anda tidak boleh ceroboh ketika membeli aset. Hitung terlebih dahulu berapa pendapatan yang bisa dihasilkan oleh aset tersebut.

Apakah bisa menghasilkan keuntungan jangka panjang dan jika kedepannya aset tersebut akan dijual, apakah nilainya bisa lebih tinggi dibandingkan dengan harga pembelian saat ini.

Jangan memaksakan kondisi keuangan perusahaan dengan membeli aset yang tidak produktif, buatlah strategi yang jitu agar semua aset yang dibeli bisa maksimal.

Berikut ini adalah fungsi lain dari manajemen keuangan :

contoh manajemen keuangan

  • Memantau pergerakan dana, sehingga semua tujuan transfer uang bisa diketahui dan menghindari penyalahgunaan uang perusahaan oleh siapapun.
  • Menyusun rencana pengeluaran dan pemasukan dana serta aktivitas lainnya dalam periode tertentu.
  • Bisa mengetahui secara detail data hutang perusahaan yang segera jatuh tempo kepada para supplier atau vendor.
  • Pengendalian data keuangan dengan cara melakukan evaluasi untuk dilakukan perbaikan secara menyeluruh atas sistem dan kondisi keuangan di perusahaan.
  • Melakukan audit secara internal dengan melakukan pemeriksaan keuangan untuk menghindari penyimpangan dari dalam perusahaan.
  • Dengan data lengkap mengenai kondisi keuangan, perusahaan bisa mencari sumber dana untuk pembiayaan.
  • Menyediakan informasi untuk dijadikan bahan perbaikan dan evaluasi.
  • Sebagai dasar pengambilan keputusan oleh manajemen tingkat atas karena data yang digunakan sangat akurat.
  • Merencanakan arus kas atau cashflow untuk melihat apakah perusahaan butuh tambahan modal dari pinjaman uang ke bank atau dari investor.
  • Melakukan analisa seluruh sumber dana perusahaan.
  • Perusahaan akan dianggap kredibel dan bonafid jika laporan keuangan tersaji dengan baik, sehingga calon investor pun akan mudah menilai kinerja perusahaan.
  • Kegiatan menyimpan uang perusahaan. Manajer atau direktur keuangan membuat keputusan dimana uang akan disimpan atau didepositokan.
  • Dengan berbagai cara, dana perusahaan digunakan secara maksimal.
  • Dapat mengetahui data konsumen atau klien yang belum melunasi piutangnya.
  • Merancang penganggaran uang secara detail di bagian pengeluaran dan pemasukan.
  • Melindungi uang perusahaan karena semua transaksi memiliki record dan mutasi rekening yang sangat jelas.

Apakah hanya Manajer Keuangan yang Perlu Memahaminya?

Di suatu perusahaan, peran dari manajer keuangan bisa dibilang cukup vital karena harus bertanggung jawab mengelola keuangan perusahaan dan membuat keputusan untuk mencapai tujuan perusahaan.

Walaupun secara garis besar, seorang CEO lah yang memiliki wewenang paling tinggi untuk menentukan arah kebijakan perusahaan termasuk kemana saja uang harus digunakan.

Namun yang terjun langsung di lapangan dan yang mengetahui seluruh arus perputaran uang perusahaan setiap harinya adalah manajer keuangan.

Lalu apakah hanya finance manager saja yang perlu memahami manajemen keuangan di perusahaan?

Dengan semakin sengitnya persaingan bisnis serta diiringi oleh cepatnya perubahan tren saat ini, maka pengetahuan mengenai masalah keuangan seharusnya tidak hanya dipahami finance manager saja namun juga oleh semua manajer yang mengomandoi unit atau divisinya masing-masing.

Alasan lainnya adalah karena kegiatan yang dilakukan oleh setiap manajer tersebut saling terkait satu sama lain dan memiliki implikasi kepada bidang keuangan seperti pemberian dana untuk kegiatan operasional masing-masing unit.

Untuk memahami manajemen keuangan, memang dibutuhkan pengetahuan mengenai akutansi. Namun perlu diketahui bahwa terdapat perbedaan yang mendasar untuk keduanya.

makalah manajemen keuangan

Di akutansi, yang perlu dipahami adalah proses penyusunan laporan keuangan perusahaan dan hasil akhirnya adalah report yang berbentuk.

  • Neraca (balance sheet). Berfungsi untuk menggambarkan posisi keuangan perusahaan di satu atau beberapa periode.
  • Laporan Laba Rugi (Income statement). Menginformasikan besarnya laba, penjualan dan penjualan yang terjadi dalam satu periode.
  • Laporan Arus Kas (statement of cashflow). Memberi informasi mengenai penggunaan dan sumber arus kas selama periode akutansi.

Akutansi dan manajemen keuangan memiliki fokus perhatian terhadap pasiva dan aktiva perusahaan. Tetapi keduanya memiliki perbedaan dalam hal periode waktu.

Prinsip manajemen keuangan menekankan pada pembuatan keputusan yang lebih memfokuskan kepada masa depan (future) dan memiliki tugas pokok menggunakan data akutansi untuk mengetahui kondisi keuangan perusahaan yang terjadi saat ini dan di masa lalu.

Sedangkan akutansi fokus kepada aspek review (tinjauan) yang pada umumnya mempunyai wawasan historis (yang sudah terjadi).

Tujuan utama akutansi adalah bertanggung jawab terhadap suatu hal yang telah terjadi. Akuntan menghasilkan neraca untuk menentukan posisi keuangan perusahaan di saat tertentu atau mengaudit laporan keuangan untuk memastikan keakuratannya.

Tugas Pokok Manajer Keuangan

  • Melakukan analisis laporan keuangan perusahaan (laporan laba rugi dan neraca).
  • Menentukan bagaimana mendapatkan uang untuk mendanai seluruh kegiatan yang sudah direncanakan oleh perusahaan.
  • Mengelola penggunaan modal kerja untuk kegiatan operasional sehari-hari perusahaan.
  • Melakukan analisa terhadap aspek keuangan dari semua keputusan yang dibuat oleh manajemen atau unit lain.
  • Menentukan jumlah investasi yang harus dikeluarkan untuk mencapai tujuan perusahaan.

Tanggung Jawab Manajer Keuangan

Karena memegang peranan yang cukup penting untuk hal yang berhubungan dengan keuangan perusahaan, maka tanggung jawab manajer keuangan cukup besar dan meliputi beberapa hal sebagai berikut.

  • Memberikan masukan untuk produk yang akan dibeli dan pasar yang dituju karena harus disesuaikan dengan kondisi keuangan perusahaan.
  • Memiliki andil dalam pembuatan strategi yang berhubungan dengan investasi, penelitian, pemasaran dan produksi.
  • Menyesuaikan kebijakan dari manajemen dengan kondisi finansial, supaya keputusan yang diambil tidak memberatkan finansial perusahaan.
  • Mencari dana jika perusahaan sedang membutuhkan untuk biaya-biaya seperti gaji karyawan, membayar utang, membeli aset berupa mobil kantor dan yang lainnya.

Yang menjadi pertanyaan adalah mengapa seseorang dengan level manajer saja bisa begitu besar pengaruhnya kepada keputusan manajemen?

Karena manajer keuangan sering berinteraksi langsung dengan manajemen level atas sebelum keputusan diambil.

Jika kebijakan yang dibuat tersebut tidak menyesuaikan dengan kondisi finansial, maka justru akan merugikan perusahaan.

Bicara mengenai manajemen keuangan, tidak selalu berhubungan dengan perusahaan besar yang sudah bonafid.

Karena bisa juga diterapkan bagi pengusaha pemula atau yang baru memulai bisnis. Biasanya banyak pemula di dunia bisnis sering melakukan kesalahan yang cukup mendasar.

Ya, mereka sering lepas kendali karena tidak adanya kontrol yang baik untuk urusan finansial. Apalagi jika selalu membuat keputusan yang salah, maka bisnis bisa dengan cepat gulung tikar.

Berikut ini adalah beberapa kesalahan yang sering dilakukan oleh pebisnis pemula :

manajemen keuangan menurut para ahli

Investasi yang Berlebihan Tanpa Melakukan Perhitungan yang Matang

Hal ini biasanya terjadi untuk masalah pembelian barang yang terlalu banyak namun sebenarnya tidak penting.

Lebih baik Anda membeli barang yang benar-benar dibutuhkan saja seperti meja kerja untuk para karyawan, belilah PC atau komputer yang prosesornya tidak terlalu tinggi jika hanya digunakan untuk kegiatan administratif saja, dan lain-lain.

Seharusnya yang wajib dilakukan sejak awal adalah menempatkan uang dalam bentuk cadangan modal awal sehinggan Anda dapat melakukan antisipasi jika terjadi hal-hal yang diluar perencanaan.

Terakhir adalah berhati-hati mengeluarkan biaya untuk kegiatan apapun, jika ingin beriklan, lebih baik gunakan iklan digital saja yang jauh lebih murah dibandingkan media konvensional.

Tidak Memisahkan Aset Bisnis dan Pribadi

Kesalahan fatal yang selanjutnya adalah menggabungkan aset bisnis dan pribadi. Dengan tidak dipisahkannya aset tersebut, maka penggunaan dana menjadi tidak teratur.

Seharusnya ini yang musti Anda lakukan. Jangan mengambil uang di tabungan pribadi untuk kepentingan bisnis atau untuk menutup biaya operasional ketika perusahaan sedang mengalami penurunan.

Usahakanlah jika bisnis Anda yang sedang megalami kesulitan, cari cara untuk menutupi kerugian tersebut dengan aset atau sumber daya yang ada di bisnis Anda.

Contohnya adalah jika sedang butuh uang untuk modal usaha, lebih baik cari pinjaman uang dengan gadai bpkb mobil, motor atau kendaraan lainnya yang dimiliki oleh bisnis Anda.

Solusi terbaik adalah mencari pinjaman dana tunai diluar rentenir, tetapi ke lembaga gadai resmi  seperti SolusiBiaya.com ini.

Kami akan memberikan solusi yang bisa menjadi pertimbangan manajemen keuangan untuk bisnis Anda melalui pinjaman uang dengan jaminan BPKB dan SHM + IMB serta HGB untuk ruko.

Terlalu Menyepelekan Pengeluaran Kecil

Bagi perusahaan yang masih tahap pemula, kesalahan ini termasuk yang sering terjadi, hal-hal kecil untuk membeli alat tulis kantor (ATK), laptop, printer dan stiker.

Pengeluaran untuk hal tersebut jika diakumulasikan akan sangat membebani perusahaan. Sebagai masukan bagi Anda, sebaiknya alat tulis seperti pulpen, pensil, penghapus dan tipe ex tidak perlu di cover dengan uang perusahaan.

Lebih baik karyawan disuruh membawa sendiri. Setelah Anda melakukan hal tersebut, maka hasilnya akan terasa cukup signifikan bagi keuangan perusahaan.

Yang kedua adalah biaya telepon, biasanya karyawan sering berlebihan jika menggunakan telepon kantor dan mayoritas justru untuk kepentingan pribadi.

Anda harus melakukan kontrol terhadap hal ini setiap bulannya. Saat ini pihak penyedia jasa telepon sudah memiliki teknologi untuk monitoring penggunaan telepon.

Yang terakhir adalah masalah tagihan internet kantor Anda. Investasikanlah beberapa juta rupiah dana perusahaan Anda untuk membeli software yang dapat memblokir situs-situs tertentu yang bisa menghabiskan bandwith.

Contohnya, jika masih jam kerja, blokirlah media sosial seperti facebook, instagram, twitter, youtube dan yang lainnya.

Terakhir adalah lakukan blokir permanen situs-situs download film dan streaming seperti ganool, lk21, spotify dan sejenisnya.

Selain agar karyawan Anda bisa tetap produktif karena mereka menggunakan waktunya untuk menyelesaikan pekerjaannya, tagihan internet Anda bisa menjadi cukup ringan.

Kesalahan Pada Peminjaman Uang

mendapatkan dana perusahaan

Mengambil pinjaman uang memang sangat penting bagi bisnis Anda, namun harus disertai dengan timing yang tepat.

Jangan meminjam uang terlalu banyak karena selain penggunaannya menjadi tidak jelas, angsuran bulanan yang dibayar juga besar.

Hal penting lainnya adalah sebisa mungkin hindari pinjam uang ke bank karena selain prosesnya sangat rumit, bunga yang dikenakan juga sangat tinggi.

Lebih baik pinjam uang di multifinance saja karena selain plafon yang dicairkan sangat besar, syarat mudah, bunganya juga sangat ringan.

Gunakanlah aset seperti mobil kantor untuk dijaminkan karena pinjaman dana tunai dengan gadai BPKB Mobil adalah jenis pinjaman yang terbaik bagi perusahaan pemula.

Silakan ke SolusiBiaya.com untuk mengambil pinjaman uang, pelayanannya sangat cepat dan baik sekali.

Setelah membaca artikel mengenai konsep manajemen keuangan ini, Anda pasti sudah memiliki gambaran jelas mengenai fungsi dan peran pentingnya bagi bisnis.

Ikutilah langkah-langkah yang sudah dipaparkan diatas, maka bisnis dan perusahaan Anda bisa menjadi lebih baik untuk masalah keuangan.

solusibiaya.com
Write a Comment

Fast Respon (Anto)