6 Lembaga Keuangan Bukan Bank

lembaga keuangan bukan bank
Lembaga Keuangan Bukan Bank
. Lalu lintas perekonomian di negeri ini tidak dapat terlepas dari peran lembaga keuangan.

Dengan berbagai fasilitas yang ditawarkan oleh lembaga keuangan baik mikro maupun makro, arus pemenuhan kebutuhan ekonomi seperti simpan pinjam dapat berjalan dengan optimal.

Lembaga keuangan yang tersebar di seluruh penjuru dunia tidaklah hanya bank. Ada yang dinamakan lembaga keuangan non bank. Keduanya memiliki peran dan manfaat yang berbeda dalam menunjang kehidupan.

Namun, tujuannya sama yakni menggerakkan perekonomian suatu negara. Sudah sejauh mana Anda mengenalnya? berikut manfaatnya ini? Yuk, simak selengkapnya berikut ini.

Lembaga Keuangan Bukan Bank

lembaga keuangan bukan bank pdf

Pegadaian

Pegadaian merupakan salah satu dari deretan Badan Usaha Milik Negara atau yang disingkat dengan BUMN.

Dengan tagline-nya “Mengatasi Masalah Tanpa Masalah” ini Pegadaian berperan dalam memberikan fasilitas pinjaman dengan jaminan atau tanpa jaminan non-bank yang tercatat secara resmi oleh Otoritas Jasa Keuangan atau OJK.

Bagi Anda yang sedang mencari pinjaman dengan jaminan berupa emas, sertifikat kepemilikan kendaraan bermotor atau bahkan rumah, di sinilah tempatnya. Prosesnya mudah dan terjamin keamanannya karena diawasi langsung oleh negara.

Baca Juga : Cara Klaim BPJS Kesehatan Sesuai Prosedur

Ada dua jenis Pegadaian yang tersebar di Indonesia, yakni Pegadaian Konvensional dan Pegadaian Syariah. Bagi Anda yang ingin menghindari adanya riba atau transaksi yang tidak sesuai dengan syariat, maka Pegadaian Syariah bisa menjadi pilihan yang tepat.

Kebanyakan dari mereka memanfaatkan pegadain untuk bertransaksi emas baik cicil atau menabung emas karena dianggap menguntungkan. Pihak pegadaian selalu melakukan penyeleksian ketat bagi mereka yang mau mengajukan pinjaman dana.

Selain peminjaman, beberapa produk Pegadaian ini dapat Anda coba:

  • Produk Utama
  1. KCA
  2. Krasida
  3. Kreasi
  • Produk Syariah
  1. Rahn
  2. Amanah
  3. Arrum
  4. Arrum Haji
  • Investasi Emas
  1. Mulia
  2. Tabungan Emas
  3. Konsinyasi Emas
  • Produk lainnya
  1. Pegadaian Remittance
  2. Multi Pembayaran Online
  3. Persewaan Gedung
  4. Jasa Sertifikasi Batu Mulia
  5. Jasa Taksiran
  6. Jasa Titipan

Itulah ulasan singkat mengenai Pegadaian yang dapat kamu ketahui.

Koperasi Simpan Pinjam

macam macam lembaga keuangan bukan bank

Seperti namanya, koperasi simpan pinjam menyediakan fasilitas simpan pinjam bagi anggota maupun non-anggota. Lembaga keuangan bukan bank yang satu ini biasanya dimanfaatkan oleh kalangan menengah ke bawah.

Bila Anda berbelanja ke pasar, cobalah tanyakan kepada sebagian pedagang tentang dimanakah mereka menabung dan meminjam uang, maka sebagian pedagang tersebut akan menjawab, “koperasi simpan pinjam”.

Koperasi simpan pinjam memberikan keuntungan berupa bunga sekian persen bagi para nasabahnya.

Bunga yang diberikan tersebut cenderung lebih besar daripada lembaga keuangan bank. Bagi yang ingin meminjam sejumlah dana pun, ada tambahan yang dikenakan untuk setiap angsurannya.

Namun, di akhir pengembalian biasanya nasabah akan menerima sisa dana dalam jumlah tertentu.

Sementara bagi anggota koperasi itu sendiri, mereka diwajibkan untuk mengumpulkan simpanan pokok dan dana investasi. Setelah memasuki akhir periode, para anggota koperasi tersebut akan menerima sisa hasil usaha atau SHU.

Besar kecilnya tergantung keuntungan yang didapatkan oleh koperasi tersebut. Bila koperasi mengalami kerugian berarti anda juga rugi begitupun sebaliknya.

Perusahaan Multifinance Atau Leasing

Apabila Anda ingin membeli kendaraan bermotor berupa motor atau mobil dengan sistem angsuran, maka perusahaan multifinance atau leasing inilah tujuannya.

Lembaga pembiayaan ini bekerja sama dengan perseorangan atau perusahaan melalui sistem kontrak sewa dan pembelian secara angsuran.

Jumlah angsuran tiap sepeda motor atau mobil sangat bervariasi, mulai dari 12 bulan hingga 48 bulan tergantung dealer yang dituju.

Sampai angsuran lunas secara keseluruhan, kendaraan bermotor tersebut masih menjadi milik leasing. Keuntungannya ialah Anda akan mendapat fasilitas asuransi terhadap kendaraan yang Anda kredit tersebut. Jadi, semisal ada kerusakan bawaan pabrik atau akibat kecelakaan, maka pihak leasing bersedia untuk memperbaikinya.

Sementara kerugiannya ialah harga sepeda motor atau mobil melalui angsuran tergolong lebih mahal jika diakumulasi seluruhnya.

Hal ini mungkin tidak masalah bagi Anda yang berpenghasilan tetap setiap bulannya. Namun, jika penghasilan Anda belum pasti, lebih baik pertimbangkan dulu matang-matang sebelum mengambil kredit kendaraan bermotor.

Tidak sampai disitu saja leasing juga menyediakan pinjaman dana menggunakan agunan motor, seperti solusibiaya.com bekerjasama dengan leasing terkemuka dan pastinya leasing rekanan kami sudah terdaftar resmi di OJK. Transaksi aman, nyaman dana cepat cair.

Perusahaan Penjamin Dana Pensiun

10 contoh lembaga keuangan bukan bank

Bekal untuk hari tua tentunya harus dipersiapkan mulai dari sekarang. Sebab saat telah mencapai usia pensiun nanti, diri Anda mungkin tak mampu lagi untuk bekerja seperti saat masih muda.

Sedangkan kebutuhan hidup tak dapat ditunda. Jadi, mempersiapkan dana pensiun sangatlah penting. Dana pensiun umumnya diambil dari potongan gaji tiap bulan sampai memasuki usia pensiun. Dana pensiun ini nantinya dapat diambil ketika telah memasuki usia pensiun.

Bagi yang berstatus sebagai ASN atau Aparatur Sipil Negara, tak perlu khawatir karena dana pensiun telah diatur oleh negara sedemikian rupa.

Anda tinggal mengikuti prosedurnya saja. Selain itu, bagi pegawai BUMN atau perusahaan swasta tertentu juga biasanya menjamin dana pensiun bagi pegawainya dengan aturan tertentu.

Perusahaan penjamin dana pensiun yang digunakan oleh lembaga pemerintah (ASN dan BUMN) ialah PT Taspen.

PT Taspen merupakan persero yang termasuk dalam Badan Usaha Milik Negara, perusahaan ini khusus menangani asuransi tabungan hari tua dan dana pensiun bagi ASN dan pejabat negara.

Namun, bagi Anda yang bekerja di luar itu, tentu harus memikirkan sendiri dimana untuk menyimpan dana pensiun.

Perusahaan Modal Ventura

Lembaga keuangan bukan bank selanjutnya ialah perusahaan modal ventura atau Venture Capital Company. Perusahaan yang satu ini memberikan fasilitas berupa pinjaman modal kepada perusahaan yang berkapasitas besar dalam jangka waktu tertentu.

Bentuk modalnya bisa dikatakan sebagai investasi. Perusahaan yang meminjam biasanya perusahaan swasta yang memiliki prospek atau rekam jejak yang baik. Sistem peminjaman dalam modal ventura ini diatur dalam suatu perjanjian yang disepakati oleh kedua belah pihak.

Perusahaan Asuransi

jenis lembaga keuangan bukan bank

Tak dapat dipungkiri bahwa dalam kehidupan ini terdapat banyak risiko yang harus diperhatikan. Dalam rangka membangun benteng pertahanan yang kokoh, risiko tersebut harus bisa dicegah dengan beragam cara. Salah satunya dengan asuransi.

Saat ini banyak perusahaan asuransi yang memberikan layanan untuk berbagai jenis risiko, seperti asuransi jiwa, asuransi kesehatan, asuransi rumah, asuransi mobil, asuransi pendidikan dan lainnya.

Sistem keuangan dalam asuransi ialah dengan membayar premi dalam jumlah dan jangka waktu tertentu sesuai dengan yang tercantum dalam polis asuransi.

Dana tersebut dapat dicairkan atau diklaim saat suatu risiko menimpa diri sendiri. Namun, pada umumnya hal ini tidaklah instan karena perusahaan asuransi perlu meninjau risiko yang terjadi pada Anda tersebut dalam waktu tertentu.

Tujuan dari adanya asuransi ialah untuk berjaga-jaga manakala keuangan Anda tidak mampu memenuhi kebutuhan untuk menanggulangi suatu risiko yang sifatnya urgen atau sangat penting. Pastikan Anda memilih perusahaan asuransi yang tepercaya dan berkualitas!

Itulah 7 jenis lembaga keuangan bukan bank beserta manfaatnya. Pastikan Anda memilih yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan. Jika masih ragu-ragu, lebih baik tunda dulu keinginan untuk mengambil pinjaman!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp Chat Only