Lelang Online? Apa Untung dan Ruginya?

lelang online

Lelang online barang yang tak ditebus oleh pemiliknya cukup menguntungkan karena bisa memiliki barang dengan harga cukup terjangkau.

Namun untuk kualitas barang penting untuk di pertimbangkan jangan hanya tergiur harga miring daripada nanti ujung-ujungnya menyesal karena barang tidak terpakai dan menjadi bangkai di gudang.

Masih asing mengenai lelang? Biasanya barang-barang gadai yang tidak tertebus seperti BPKB motor, mobil, emas, laptop dan masih banyak lagi di lelang secara terjangkau untuk mengembalikan sebagian dana kepada pihak terkait.

Adanya lelang online ini selalu di nanti-nanti masyarakat apabila ada yang butuh kendaraan harga terjangkau.

Apa itu Lelang?

hasil harga lelang jba

Menurut sudiono lelang merupakan penjualan dihadapan orang banyak dengan tawaran tertinggi dan dipimpin oleh pejabat lelang.

Dibawah ini adalah prosedur ketika mengikuti lelang antara lain :

Lelang terbuka : Penawarannya secara langsung oleh peserta lelang, sistem harganya naik-naik. Penawaran pertama dilemparkan kepada juru lelang dengan standar harga limit dan pemenangnya.

Lelang tertutup :  Segala tawaran harga dari para peserta lelang harus dimasukkan ke dalam amplop tertutup setelah itu barulah diserahkan langsung kepada juru lelang pada saat berlangsung.

Setelah semua penawaran terkumpul maka juru lelang membuka amplop satu persatu dihadapan peserta.

Kalau lelang online bagaimana? Proses setiap instansi berbeda-beda tapi yang pasti acara tersebut dilakukan di platform sosial media. Pastikan terlebih dahulu kalau memang instansi tersebut aman dalam melakukan transaksi nanti.

Tertarik Ikut Lelang Online? Perhatikan Hal-Hal Berikut!

situs lelang online terbaik

Semua orang menyuka kepraktisan apalagi di jaman serba canggih dan modern hanya melalui gadget kamu semua bisa dilakukan.

Para milenial sangat mengemari lelang barang secara online tanpa harus dapat ke tempat pelelangan kita sudah bisa nego harga dan memilih sesuai keinginan.

Baca Juga : Gadai BPKB Mobil Cepat & Prosedur Termudah (Sudah Terbukti)

Karena sangat bersemangat mengikuti lelang ini hampir lupa memperhatikan kualitas juru lelang. Berikut merupakan tips agar kita tidak tertipu saat mengikuti lelang secara online :

Hindari Berekspetasi Berlebihan

Sebaiknya cari channel terpercaya apalagi lelang online ini memiliki antusias paling tinggi dari kaum milenial.

Kadang banyak oknum tidak bertanggung jawab mengatasnamakan balai lelang tertentu demi meraup keuntungan pribadi. Sehingga para calon peserta lelang harus cerdas bila mengelola informasi dan kurangi ekspetasi.

Cek Lembaga Tersebut Aman atau Tidak

Keamanan transaksi mulai dari proses lelang sampai transfer dana bahkan kualitas barang bagus atau tidak patut diperhatikan seksama.

Coba tanyakan kepada pihak customer service lembaga tersebut apakah benar sedang mengadakan lelang online.

Jangan Langsung Mengirimkan Uang

Jangan langsung tergoda apabila pihak terkait langsung meminta kamu mentransfer uang dalam jumlah besar apabila orang tersebut memaksa tolak saja permintaan tersebut.

Kendaraan seperti motor atau mobil siapa yang tidak butuh apalagi kalau ada yang menawarkan dengan harga murah melalui lelangan. Tapi tunggu dulu sebelum membeli harap ketahui untung dan ruginya dahulu!

Untung

  • Harga dapat disesuaikan dengan kesehatan keuangan rumah tangga dan pribadi
  • Kendaraan dapat dilihat secara langsung kondisinya
  • Dokumen pun lengkap dan bisa di cek secara langsung sehingga tidak ada yang ditutup-tutupi
  • Pilihan jenis kendaraan lebih bervariasi dibandingkan di showroom
  • Dapat terjad proses tawar menawar

Rugi

  • Proses lelang lebih dari 1 hari karena unit kendaraan yang ditawarkan cukup bervariasi
  • Belum tentu semua unit dari segi dokumen lengkap sehingga nanti pemilik harus mengurus sisanya

Semua pasti ada untung ruginya tinggal bagaimana kamu menentukan mau mobil jenis apa, tahun berapa dan berapa budget maksimalnya. Pikirkan juga pengeluaran untuk asuransi dan servis bulanan agar mobil lebih awet bertahun-tahun.

Kelebihan Penjualan Melalui Lelang Secara Umum

lelang motor bali

Objektif. Namanya lelang haruslah bersifat transparan di depan umum, tidak ada prioritas atau pembatasan peserta lelang semua sama saja. Sehingga menghasilkan hasil yang objektif karena semua diketahui khalayak umum.

Aman. Pelaksanaan lelang disaksikan, dipimpin oleh pejabat lelang dari instansi legal. Sebelumnya pejabat lelang harus memastikan dulu barang gadai yang dijual memiliki keabsahan atau tidak.

Cepat dan Efisien. Waktu dan penyerahan berkas lengkap kurang lebih dari 5 minggu (lelang eksekusi) dan 2 minggu (lelang non eksekusi).

Built in Control. Sebelum lelang dilakukan sebaiknya pasang pengumuman kepada khalayak umum untuk menarik peminat.

Adanya Uang Setoran Jaminan. Uang jaminan ditetapkan oleh penjual dengan ketentuan minimal 20% dari perkiraan harga limit. Uang setoran harus sudah disetor 1 hari sebelum lelang dimulai untuk memastikan keseriusan peserta mengikuti lelang.

Sedikit tips untuk calon peserta ketika ingin ikut proses lelang agar semua berjalan lancar :

Cari Informasi Mengenai Harga Pasaran

Mencari informasi lengkap mengenai harga pasaran dapat membantu kita untuk membandingkan harga lelang apakah perbedaan signifikan atau tidak.

Kamu juga mengetahui apakah harga yang ditentukan memang sesuai dengan kualitas barangnya atau malah justru sebaliknya siapa tahu ada proses nego tipis.

Siapkan Budget Maksimal

Poin penting adalah mempersiapkan budget maksimal agar tidak mengganggu keuangan pribadi, bukankah sangat menguntungkan kalau ternyata barang yang diincar harganya dibawah budget maksimal.

Bidik Barang

Sebelum menentukan budget maksimal pasti kita sudah mempunyai angan-angan mau membeli barang lelang yang mana, informasi mengenai spek manfaat juga tak luput untuk dilakukan untuk meminimalisir rasa kecewa apabila barang yang diterima tidak sesuai dengan ekspetasi.

Pastikan Legalitas Juru Lelang

Mengincar emas lelangan dari sebuah instansi? Pastikan ada sertifikat yang dilampirkan sebagai bukti bahwa emas tersebut asli.

Barang-Barang yang Biasanya di Lelang

lelang mobil murah

Barang yang digadaikan pastinya harus mempunyai nilai taksiran dan banyak digunakan semua orang. Agar suatu saat nanti apabila konsumen atau nasabah mengalami gagal bayar barang tarikan tersebut bisa dipromosikan kepada calon pembeli lain.

Tentunya kita sebagai peminat pasti awalnya berpikir barang yang dibeli nanti benar-benar bermanfaat atau sebaliknya.

Untuk itulah mengapa banyak tempat gadai selalu menawarkan pinjaman dana tunai menggunakan jaminan.

Dari sisi pengaju pun juga memberikan keuntungan karena barang jaminannya mempunyai nilai taksiran tinggi apalagi kalau sedang terdesak butuh dana di tengah krisis.

Dibawah ini adalah beberapa produk lelang yang mempunyai nilai tinggi :

  1. Mobil
  2. Motor
  3. Rumah
  4. Laptop
  5. Emas
  6. Jam tangan
  7. Tas mewah
  8. Sepeda gunung

Barang-barang yang disebutkan diatas merupakan barang lumrah dan biasa kita lihat serta miliki, tapi tahukah kalian kalau ternyata di luar negeri banyak barang aneh yang dilelang secara online, apa saja barang aneh tersebut?

  1. Tengkorak manusia (Jepang)
  2. Rumah berusia 150 tahun (Jepang)
  3. Walkman termahal di dunia (Jepang)
  4. Kumbang bertanduk (Jepang)
  5. Saus Mc Donald’s
  6. Biskuit titanic

Cukup aneh dan mengerikan bukan? Semoga ketika kita hendak membeli barang dari lelang online selalu memperhatikan kualitas dan fungsi produk tersebut ya! Butuh informasi lengkap mengenai lelang? selengkapnya disini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp Chat Only