Kualitasnya Diragukan, Mobil China Siap “Merusak” Harga Pasar

kualitas mobil china

Apa yang terlintas dibenak Anda jika mendengar produk made in china?

Pasti yang pertama kali kita bayangkan adalah kualitasnya yang buruk, selanjutnya adalah harga yang sangat murah.

Anggapan tersebut memang tidak salah karena mayoritas produk dari China identik dengan barang KW.

Namun saat ini produk buatan China sudah mulai menunjukkan taringnya di Indonesia, mereka berani memberikan harga yang tetap terjangkau, namun memiliki kualitas yang lebih baik.

Mungkin Anda tidak asing lagi dengan beberapa merk terkenal asal China seperti Xiaomi dan Wuling.

Pada awalnya kedua merk tersebut memang dipandang sebelah mata oleh masyarakat dan para kompetitornya.

Tetapi sekarang kehadiran mereka sudah mulai mengancam pemain lama yang memasang harga lebih mahal.

Berbicara mengenai merk mobil China yaitu Wuling, akhir-akhir ini kita sedang dihebohkan dengan kabar bahwa penjualan Confero menjadi salah satu yang terbaik di Indonesia dan melebihi ekspetasi pihak PT SGMW Motor Indonesia.

Sejak awal Confero memang digadang-gadang akan bisa merusak harga pasar mobil di Indonesia.

Baca Juga: Gadai BPKB Mobil: Plafon Cair 90% & Bunga 0.7%

Sebagai bukti yang terbaru adalah, beberapa harga mobil bekas pun terkena imbasnya karena kehadiran tipe tersebut.

Sekarang mobil buatan China ini sudah menjadi incaran bagi kelas menengah karena harganya yang lebih murah dibandingkan merk Jepang.

Namun perjuangan Wuling masih sangat panjang di Indonesia, mereka harus bisa membuktikan bahwa produknya benar-benar berkualitas.

Walau sudah berhasil membukukan penjualan yang cukup baik, namun masih banyak yang berspekulasi bahwa merk ini tidak dapat bertahan lama di Indonesia.

Anggapan tersebut wajar saja karena selain stigma masyarakat kita yang masih menganggap produk China kualitasnya buruk, para kompetitor pun pasti sudah mengantisipasinya.

Apalagi harga dari Wuling sendiri memiliki rentan yang cukup lumayan jika di bandingkan dengan mobil sejenis.

Sehingga banyak yang berpikir bahwa harganya murah tapi produk cepat rusak, sehingga konsumen lebih baik membeli yang mahal tapi bisa bertahan lama.

Padahal ada juga teori seperti ini, karena kita sudah terbiasa ditawarkan mobil dengan harga yang mahal, padahal biaya produksinya tidak terlalu tinggi dan fiturnya biasa saja.

Akhirnya pola pikir kita menjadi “tersetting” dan mengikuti permainan dari para produsen besar tersebut.

Dengan kehadiran Wuling, sebenarnya bisa menjadi berkah bagi kita semua karena kita ditawarkan mobil dengan fitur yang luar biasa tapi harga terjangkau.

Selain Wuling, saat ini industri otomotif Indonesia akan menerima kedatangan merk China yang lain yaitu Dongfeng Sokon (DFSK).

Mobil pertama yang diluncurkan adalah DFSK Glory 580 yang memiliki empat varian, tipe ini menjadi penantang serius Honda CR-V.

Harga yang ditawarkan pun juga sangat rendah dibandingkan dengan kompetitor, yaitu kisaran 240 juta hingga 300 jutaan.

Kelebihan lain dari DFSK adalah mereka berani memberikan garansi hingga 7 tahun.

Dengan keberanian tersebut, kita harap DFSK juga berani mengeluarkan LMPV, sehingga konsumen semakin mendapat banyak pilihan mobil murah berkualitas.

Meskipun banyak yang meragukan kualitas mobil China dan kualitas mesin mobil Wuling, tidak ada salahnya untuk mengetahui seberapa jauh kemampuan luar maupun dalam mobil ini. Karena bisa jadi wuling memang di desain memiliki keunggulan namun dengan harga yang lebih bersaing.

Kelebihan dan kekurangan mobil China Wuling

ketahanan mobil wuling

Terlepas dari banyaknya spekulasi di masyarakat yang muncul mengenai kehadiran mobil buatan China.

Beberapa kompetitor pun juga khawatir bahwa kedatangan mobil China akan merusak harga pasaran mobil di Indonesia yang selama ini sudah berlangsung.

Sedikit akan kami beri ulasan mengenai interior, eksterior dan dapur pacu mobil Wuling.

Sebelum lanjut ke pembahasan dari kualitas mesin mobil Wuling, akan kita mulai terlebih dahulu dengan pengenalan dari eksteriornya.

Eksterior mobil Wuling sendiri memiliki tampilan seperti mobil low mpv pada umumnya. Simple dan elegan.

Tapi jika dibandingkan dengan mobil low mpv seperti Toyota Avanza atau Daihatsu Xenia, dari segi tampilan wuling lebih menonjolkan karakternya yang lebih terlihat kekar dan berotot.

Bisa di bilang kualitas mobil China dari segi eksteriornya tidak kalah dari mobil buatan Jepang lainnya yang sudah mendapat pasar di masyarakat Indonesia.

Adapun lebih jelasnya lagi kelebihan mobil ini meliputi sebagai berikut.

  • Memiliki desain yang elegan futuristik, simple dan modern
  • Bodynya cukup bongsor sehingga terlihat lebih berkarakter
  • Di lengkapi dengan lampu yang modern dan stylist dengan kombinasi grille dan bumper chrome
  • Sudah memiliki DRL (Day Running Light)
  • Velg modern
  • Di sematkan spion mobil dengan turning light

Lanjut ke pembahasan selanjutnya pada bidang interior, kualitas mobil China ini tidak ada bedanya dengan mobil low mpv pada umumnya seperti fitur AC dll.

Apa saja yang tersemat dalam interior mobil ini antara lain sebagai berikut.

  • AC lengkap dengan double blower terpasang pada kabin tengah sehingga Ac bisa merata di rasakan oleh penumpanya
  • Kabin cukup luas bisa menampung hingga 7 orang dewasa
  • Layar touch screen 8 inci
  • Di lengkapi dengan audio yang sudah menggunakan 2DIN
  • Di sematkan fitur keamanan dan keselamatan seatbelt pada tiap kursi
  • Kunci pintar dan alarm
  • Dual airbag

Masuk ke dalam jeroan mobil ini yang di gadang-gadang memiliki dapur pacu cukup lumayan, jika di lihat dari kualitas mesin mobil Wuling sendiri bisa di katakan sudah cukup baik.

Karena sudah menggunakan 4 buah silinder dengan kapasitas 1.5 Liter selain itu juga sudah di sematkan teknologi DOHC C-VVT, sehingga mampu menghasilkan daya hingga 107 PS dan torsi 142 Nm.

Mesin yang di usungnya bisa membuat lebih bertenaga dan cepat jadi pihak wuling menyematkan fitur pengereman seperti ABS dan EBD yang memiliki daya pengereman tinggi. Tidak hanya itu saja di tambahkan juga sensor parkir pada bagian depan dan belakang sehingga memudahkan pengemudi untuk memarkirkan mobilnya.

Dari beberapa ulasan tersebut di ketahui bahwa mobil ini cukup dan sangat bisa bersaing dengan mobil low MPV lainnya, apalagi harganya juga cukup terjangkau.

Mungkin pihak wuling juga akan optimis dengan fitur desain dan kualitas mobil China tapi setiap ada kelebihan pasti ada kekurangan.

Kualitas mesin mobil Wuling yang baik memiliki kekurangan dalam sparepartnya yang cukup sulit di temukan di Indonesia.

Pabrik DFSK Sokon di Cikande

Dengan sulitnya mencari spare part pasti akan membuat harga sparepart tersebut menjadi mahal, tidak hanya itu saja harga jual mobil bekasnya juga terpengaruh.

Namun Wuling terus berupaya untuk menambah dealer agar konsumen bisa mudah membeli mobil mereka dan mendapatkan pelayanan yang prima.

Selain itu, Wuling masih menggunakan transmisi manual untuk produk andalannya yaitu Confero, padahal di daerah perkotaan lalu lintasnya sangat macet dan pengendara cukup terbebani jika menggunakan transmisi manual.

Oleh karena itu, cukup sulit menggaet konsumen di wilayah perkotaan yang lebih menyukai mobil dengan transmisi otomatis atau matic.

Seharusnya Wuling berani mengeluarkan Confero dengan transmisi otomatis karena bagaimanapun juga merk mobil ini belum terlalu populer di bandingkan mobil low MPV lainnya.

Apalagi seperti yang kita ketahui masyarakat Indonesia sendiri lebih condong ke merk yang digunakan oleh orang banyak.

Dengan beberapa kekurangan tersebut, sepertinya kekhawatiran para kompetitor karena hadirnya mobil China dapat merusak harga pasaran belum tentu terbukti.

Pada dasarnya, orang-orang kebanyakan membeli mobil selain spesifikasi, kenyamanan dan juga harga, akan memikirkan biaya perawatan nantinya jika mobil tersebut mengaspal di jalan.

Kebanyakan masyarakat Indonesia membeli mobil untuk di jual kembali, entah bosan, membutuhkan uang atau ingin ganti yang terbaru.

Nah, biasanya mobil dengan merk yang kurang diminati dan tidak terlalu terkenal harga jual second-nya akan jauh dari mobil-mobil sejenis dengan merk yang lebih terkenal.

Meskipun mobil tersebut memiliki kualitas yang cukup mumpuni dan harganya juga murah, tapi jika harga jualnya jauh dari harga beli walaupun kondisinya masih bagus, orang-orang akan berpikir ulang untuk membelinya.

Mungkin perlu kesabaran dan promosi ekstra untuk Wuling memasarkan produknya dan merubah pemikiran masyarakat mengenai mobil China.

Tapi dengan adanya keberagaman produsen mobil saat ini seperti halnya Wuling yakni kualitas mobil China yang bisa bersaing di pasaran.

Dapat menjadikan harga pasaran tetap stabil. Karena tidak ada yang memonopoli harga. Siapa yang mampu memberikan harga terbaik dengan kualitas yang mumpuni akan mendapat hati masyarakat.

Update: Saat ini Wuling sudah meluncurkan pesaing Toyota Innova yaitu Wuling Cortez dengan transmisi AMT.

Harga mulai dari 193 juta rupiah hingga 264 juta rupiah.

Pada ajang IIMS 2018, pihak Wuling memperkenalkan Cortez varian baru bermesin 1.5 L.

Kuda Hitam Sokon (DFSK) siap Mendobrak Dominasi Mobil Jepang

dfsk glory 580

Penjualan Wuling yang cukup baik, ternyata membuat pabrikan asal negeri tirai bambu lainnya yaitu Sokon (DFSK) tertarik untuk meramaikan industri otomotif di tanah air.

Melalui PT Sokonindo Automobile, DFSK (Dongfeng Sokon) ingin memberikan bukti kepada konsumen di Indonesia bahwa mereka serius untuk bersaing dengan pabrikan Jepang.

Sama halnya dengan Wuling, DFSK juga membangun pabrik manufacturing yg berlokasi di Kawasan Industri Modern Cikande, Serang – Banten.

Dengan luas lahan 20 Hektar, pabrik Sokon mampu memproduksi lebih dari 50.000 unit mobil pertahun.

Semua proses perakitan di pabrik tersebut sudah ditunjang oleh teknologi canggih atau robotik yang membuat proses produksi semakin efisien.

Pihak Sokon pun mengklaim bahwa dengan penggunaan teknologi tinggi tersebut, kualitas mobil yang dihasilkan memiliki standar mutu yang terjamin.

Bahkan beberapa pihak menyebut, pabrik Sokon adalah satu-satunya pabrik yang siap memproduksi kendaraan listrik.

Produk pertama Sokon adalah DFSK Glory 580, mobil ini diklaim dapat menjadi penantang serius Honda CRV karena hampir memiliki teknologi yang serupa.

Mobil ini mulai resmi diperkenalkan ke publik pada ajang IIMS 2018 dengan harga mulai dari Rp 220 Juta hingga Rp 350 juta.

Dengan teknologi yang hampir menyerupai Honda CRV, kisaran harga tersebut terhitung sangat murah.

Harga untuk tipe terendah CRV yaitu 439 juta dan masih jauh lebih mahal dibandingkan dengan tipe tertinggi DFSK Glory 580.

Tentu saja dengan harga yang sangat terjangkau, mobil ini bisa menjadi solusi bagi pecinta SUV yang tidak mampu membeli CRV.

Bagi masyarakat yang masih meragukan kualitas dari SUV murah tersebut, mungkin Anda perlu mengetahui bahwa produk Glory 580 adalah salah satu model SUV 7 seater terlaris di dunia.

Berikut ini adalah Spesifikasi DFSK Glory 580 :

spesifikasi glory 580

Mesin

  • Tipe Mesin :
    – 1.5 L Turbocharged
    – 1.8 L Natural Asipariton
  • Daya Maksimal :
    – 110 kw (tipe 1.5 L)
    – 97 kw (tipe 1.8 L)
  • Transmisi : CVT / Manual

Sistem Kemudi

  • Sistem : Rack & Pinion with Electric Power Steering (EPS)

Dimensi

  • P X L X T : 4680 x 1845 x 1715 mm
  • Jarak Sumbu Roda : 2780 mm
  • Berat : 1510 kg
  • Kapasitas Tangki : 58 L
  • Kapasitas penumpang : 7 orang

Suspensi (Kaki-kaki)

  • Suspensi Depan : MacPherson Independent
    Suspensi Belakang : Torsion Beam
  • Rem Depan : Disc
  • Rem Belakang : Disc
  • Ban : 225/60 R17

Eksterior

  • Chromed front grille
  • Sports tyle front design
  • Lion-eye shaped head lamp
  • Head lamp height adjustment
  • Dual front / rear fog lamp / reverse lamp
  • LED daytime running lamp
  • LED side turning lamp
  • Sunroof
  • 17-inch sports style wheel rim
  • Bracketless front windshield wiper
  • Rear windshield wiper
  • LED high mount brake lamp
  • Rear spoiler
  • Luggage rack
  • Engine protection / trim plate
  • Body kit
  • Engine hood gas spring
  • Shark fin antenna

Interior

  • Front senter storage box
  • Second row central armrest
  • Ergonomic leather seat
  • Dual electronic AC
  • HD touchscreen audio system
  • Power windows
  • Auto-down power windows
  • Jam protection power windows
  • Remote window lifting
  • Remote window descending
  • Remote central lock
  • Foldable remote key
  • Doors auto-locking
  • 6 speakers
  • Outer rearview mirror power adjustment
  • Outer rearview mirror auto fold
  • Outer rearview mirror heating
  • Vehicle running recorder
  • Cup holder
  • Dual sun visor
  • Anti – dazzing inner rearview mirror
  • Dashboard information screen
  • Interior lamp
  • Luggage lamp
  • Chromed door handle
  • Glove box

Sistem Keamanan

  •  EBA (electronic brake assist) + ABS + EBD
  • EPB (electronic parking assist)
  • TPMS (tyre pressure monitoring system)
  • Front dual airbags + Front side airbags
  • Pretensioner seatbelt
  • Seatbelt height adjustment
  • Engine burglar alarm system
  • Vehicle burglar alarm system
  • Child lock
  • Child seat ISOFIX interface
  • Reserve radar
  • Reserve video
  • 12v power outlet
  • Rear defogger
  • Dual-tone horn
  • Crash auto-unlocking

Bukan hanya Glory 580, Sokon juga mengeluarkan penantang Suzuki Carry, Tata Super Ace dan Gran Max Pick Up yaitu Super Cab.

dfsk sokon super cab

Dengan dimensi yang lebih besar dibandingkan para pesaingnya, Super Cab bisa menjadi pilihan utama bagi operasional bisnis Anda.

Alasan utama Konsumen Otomotif Indonesia masih memperhitungkan Brand ketika membeli Mobil

mobil china terbaik

Ketika kita membeli mobil, hal pertama yang dipertimbangkan adalah harga dan biaya operasional kendaraan.

Kedua hal tersebut wajib menjadi pertimbangan karena selain harga mobil yang cenderung mahal, tentu setelah memiliki mobil impian, pasti kita tidak ingin uang di rekening kita tergerus hanya karena biaya operasional kendaraan yang mahal.

Hal kedua adalah merk atau brand tertentu. Biasanya beberapa merk tertentu sangat kuat di masyarakat seperti Honda dan Toyota, sehingga setiap ada tipe baru yang dikeluarkan, pasti hampir selalu laku dipasaran.

Ini tentu menjadi tantangan tersendiri bagi mobil merk China jika ingin langgeng di Indonesia.

Baca Juga: Tips Membeli Mobil Baru agar Tidak Tertipu

Apabila strategi harga murah tidak diimbangi dengan after sales service yang baik, maka dapat dipastikan tidak akan bisa bersaing dengan pemain lama.

Keempat adalah ketersediaan suku cadang atau spare part. Salah satu alasan mengapa mobil merk jepang sangat populer adalah suku cadangnya sangat mudah diperoleh bahkan hingga ke pelosok daerah.

Kelima, harga jual kembali yang masih tinggi. Walaupun saat ini harga mobil bekas sudah mulai goyang karena kehadiran mobil China, namun tidak terlalu mempengaruhi pasar mobil bekas.

Alasan terakhir adalah karena mudah digadaikan jika sedang membutuhkan pinjaman dana tunai dengan gadai BPKB mobil.

Di perusahaan leasing atau multifinance biasanya lebih tertarik mencairkan dana kepada nasabah jika menggunakan jaminan BPKB mobil merk Jepang.

Selain itu pencairan uang yang diperoleh juga bisa sangat tinggi, itu dikarenakan harga OTR masih tinggi walaupun mobil tahun lama.

Demikianlah artikel ini dibuat, semoga bisa menambah wawasan Anda mengenai mobil China yang saat ini mulai menggempur pasar otomotif di Indonesia.

Tidak ada unsur komersial di dalam artikel ini dan tulisan dibuat semata-mata karena penulis ingin menyadarkan masyarakat bahwa ada pilihan lain yang lebih murah dan berkualitas.

Mungkin selama ini kita sudah terlalu lama “disiksa” oleh harga mobil Jepang yang terlalu mahal (overprice).

Oleh sebab itu sudah saatnya kita mengalihkan pilihan ke mobil merk China yang memang serius ingin memanjakan konsumen di tanah air.

Keseriusan itu dibuktikan dengan investasi triliunan rupiah untuk membangun pabrik di Indonesia dan membuka bayak dealer di seluruh wilayah.

solusibiaya.com
Write a Comment