Investasi di Bank yang Dapat Dilakukan Sambil Menabung

investasi di bank

Investasi sebenarnya bisa diartikan sebagai salah satu upaya dalam bentuk materi, waktu, atau tenaga yang dilakukan dalam waktu saat ini dengan tujuan agar mendapatkan keuntungan pada masa yang akan datang.

Saat membahas mengenai investasi berupa materi, biasanya kita akan tertuju pada produk perbankan.

Nilai yang diinvestasikan akan tumbuh melebihi modal awal dengan seiring berjalannya waktu

Lalu bagaimana cara investasi di Bank? Apa saja keuntungannya dan dapatkah dilakukan sambil menabung? Ternyata semua itu bisa dilakukan dengan mudah.

Ada beberapa jenis investasi yang bisa dilakukan sambil anda menabung di Bank. Hal ini karena saat ini ada banyak lembaga keuangan yang menawarkan berbagai jenis instrumen untuk mengumpulkan pundi-pundi rupiah. Beberapa bahkan setoran minimalnya hanya beberapa puluh ribu saja.

Jenis Investasi di Bank

tabungan reksadana

Investasi itu penting dalam hidup ini. Sebab, berbagai macam peristiwa penting bisa datang menghampiri seperti sekolah, kuliah, menikah, mempunyai keluarga, sampai dengan masa pensiun kita.

Belum lagi jika ada berbagai kebutuhan tambahan seperti membeli rumah, mobil dan liburan. Tanpa adanya rencana keuangan yang baik, maka semua itu akan sulit terpenuhi.

Itulah pentingnya mengapa kita perlu memiliki produk finansial diluar tabungan yang dimana nantinya uang kita bisa berkembang secara baik.

Berikut ini merupakan beberapa macam investasi di Bank yang bisa anda lakukan sembari anda menabung.

Jadi anda akan memiliki keuntungan ganda, mempunyai tabungan bahkan juga bisa sekaligus berinvestasi.

Tabungan Berjangka

Salah satu solusi bagi anda yang ingin menabung namun berbeda dari fasilitas pada umumnya adalah dengan tabungan berjangka.

Maksudnya adalah, dengan memilikinya,maka uang anda akan ditarik otomatis oleh Bank sesuai dengan kesepakatan.

Baca juga: Cara Bayar Pajak Motor Secara Online

Baik itu dari jumlah nominal dana sampai dengan tanggal yang telah ditetapkan untuk penarikannya.

Tabungan berjangka ini juga mempunyai fasilitas asuransi jiwa. Inilah yang menjadi hal menarik dari fasilitas ini.

Dengan begitu, nasabah akan memperoleh pertanggungan dana sesuai dengan kebijakan dari masing-masing bank.

Anda dapat memilih jangka waktu sesuai dengan keinginan. Bisa dimulai dari 12 bulan hingga 240 bulan lamanya. Jenis tabungan berjangka diyakini mampu menjamin masa depan anda. Sama seperti investasi.

Deposito

investasi reksadana

Deposito adalah salah satu jenis investasi yang saat ini juga banyak dipilih oleh berbagai kalangan masyarakat.

Hal tersebut karena memiliki resiko sangat rendah jika dibandingkan dengan instrumen investasi lainnya seperti reksadana.

Deposito memberikan suku bunga cukup tinggi, setiap bulannya bisa sampai kisaran empat hingga lima persen dan ini aman juga relatif tetap.

Walaupun terkadang ada perubahan yang dikarenakan oleh fluktuasi, akan tetapi nilai pokoknya tidak akan berubah. Saat anda menyimpan uang dalam wujud deposito, bukan hanya aman tapi uang anda akan beranak pinak sebab adanya bunga dan tidak adanya biaya administrasi bulanan layaknya tabungan konvensional. Deposito bisa jadi pilihan tepat dalam menambah kekayaan anda.

Tabungan Emas

Salah satu instrumen investasi yang sekarang ini sedang banyak diminati oleh beberapa kalangan adalah berupa emas.

Hal ini karena jenis instrumen ini memang bisa dibilang sangat menguntungkan dan mempunyai tingkat resiko sangat rendah.

Untuk dapat memulai investasi emas batangan, saat ini bisa dilakukan dengan mudah karena sudah banyak layanan yang menawarkannya mulai dari pegadaian, antam hingga aplikasi online.

Sebagai contoh di pegadaian yang juga mempunyai program namanya tabungan emas. Sehingga anda dapat memiliki emas dengan cara menabung.

Walaupun namanya adalah tabungan emas, akan tetapi ini tidak berarti anda harus menyetor dalam bentuk emas.

Anda di sini cukup menabung untuk membeli emas. Sehingga ini akan cocok sekali bagi yang ingin berinvestasi emas namun tidak memiliki banyak uang untuk membelinya secara tunai.

Investasi di P2P Lending

investasi di bank yang menguntungkan

Model investasi terkini yang banyak diminati adalah P2P Lending atau Peer to Peer Lending. Pengelola platform P2P ini secara prinsip menawarkan paket investasi di dalam bentuk permodalan kepada pemilik usaha yang telah dibantu dalam sebuah platform teknologi online.

Keuntungan saat berinvestasi lewat P2P Lending adalah memiliki imbal balik yang sangat menarik.

Rata-rata berada dalam kisaran angka 15%. Akan tetapi bisa dibilang memiliki tingkat resiko yang juga besar. Sebab, analisa kredit ini dilakukan oleh platform dan masih ada kemungkinan resiko manipulasi data dan lain sebagainya.

Nilai minimal dalam penempatan dana relatif terjangkau hanya mulai dari 1 juta saja. Proses mudah, sebab ini adalah platform digital sehingga semuanya bisa dilakukan lewat proses online.

Syarat untuk investasi ini juga mudah sekali, anda hanya perlu membuat akun pada platform tersebut.

Menabung Saham

Investasi di Bank bisa dilakukan dengan salah satu cara ini, yaitu menabung saham. Memang cara ini sekarang belum terlalu umum untuk orang Indonesia.

Padahal sekarang ini cara menabung dengan saham sangatlah mudah untuk dilakukan. Sama seperti saat kita menabung konvensional.

Menabung saham dapat dilakukan dengan cara calon nasabah datang ke bank-bank yang jadi pilihan kemudian membuka rekening biasa.

Lalu nasabah membuka rekening investasi dengan cara membuat akun identifikasi investor pada perusahaan sekuritas, perantara perdagangan saham atau broker.

Dana yang telah disimpan pada rekening bank tersebut akan dipotong secara otomatis untuk dibelikan saham ataupun produk reksa dana yang telah disetujui oleh si investor tersebut. Nilainya juga dapat disesuaikan dengan kemampuan serta kebutuhan dari nasabah.

Jika nominal dana telah ditentukan, anda dapat menyetor dana pada rekening saham dengan rutin setiap periode.

Nasabah bebas memilih saham yang hendak dibeli asal sesuai dengan setoran tiap bulannya. Ini merupakan investasi jangka panjang antara 5 sampai dengan 10 tahun.

Pada 10 tahun terakhir IHSG atau Indeks Harga Saham Gabungan tumbuh 25% sementara deposito hanya tumbuh pada kisaran 7,2% saja.

Menabung Dolar

tabungan investasi

Layanan investasi di Bank cenderung aman untuk masyarakat yang hendak memulai untuk berinvestasi.

Seperti tabungan mata uang asing. Jika dibandingkan dengan tabungan mata uang rupiah, bunga tabungan mata uang asing memang dinilai lebih rendah.

Akan tetapi, bisa dimanfaatkan untuk investasi dengan keuntungan yang tidak ada pada jenis tabungan biasa.

Saat anda menabung mata uang asing maka itu bisa dijadikan sebagai dana untuk perjalanan ke luar negeri baik itu untuk keperluan wisata atau untuk ibadah haji.

Bisa juga digunakan sebagai dana untuk belajar ke luar negeri. Selain itu juga dapat mempertahankan daya beli saat nilai rupiah sedang jatuh.

Beberapa macam jenis investasi di Bank yang bisa dilakukan sembari menabung ini tentunya bisa memberikan anda keuntungan tersendiri.

Selain memiliki tabungan, anda juga akan mempunyai investasi yang bisa digunakan untuk kebutuhan hidup dalam jangka waktu yang akan datang.

Seperti yang kita ketahui bahwa investasi itu sangat penting untuk dilakukan demi kelancaran kehidupan dan terpenuhinya kebutuhan baik untuk kehidupan saat ini atau yang akan datang.

Apabila Anda sudah tidak sabar melakukan investasi namun penghasilan bulanan hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarga dan sisanya untuk ditabung, maka tidak perlu khawatir sebab ada solusi yang tepat serta cerdas.

Anda dapat mencari pinjaman uang dengan gadai bpkb mobil, motor atau sertifikat bunga ringan dan nanti dana yang diperoleh digunakan untuk berinvestasi.

Percayakan solusi dana tunai kepada solusibiaya.com karena sudah memiliki pengalaman selama bertahun-tahun serta telah membantu ratusan ribu hingga jutaan orang diseluruh Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp Chat Only