Ingin Meminjam ke Bank? Pikirkan Lagi Sebelum Anda Menyesal (Baca Ini Dulu)

pinjam uang di bank

Jika saat ini kita sedang membutuhkan dana tunai yang cukup besar, ada beberapa hal yang bisa dilakukan seperti gadai BPKB Mobil atau Motor.

Namun mayoritas kita akan langsung mengambil jalan pintas dengan mengajukan permohonan pinjaman dana tunai ke bank.

Tetapi beberapa orang tidak menyadarinya dan tidak berhati – hati karena sudah banyak nasabah yang mendapatkan masalah di bank.

Perlu diketahui bahwa semua itu bukan kesalahan dari nasabah. Terkadang bunga pinjaman di bank sangat mencekik dan peraturan di bank yang tanpa kita sadari justru malah akan merugikan kita sebagai pihak peminjam uang.

Pikir Lagi Sebelum Memutuskan Meminjam Uang di Bank

Tanpa disadari, promo kredit yang ditawarkan terkadang malah justru menjegal dan membahahayakan kita.

Dalam penawaran tersebut, kita mengira bunganya sangat rendah, padahal jika kita menghitungnya secara cermat, semakin lama bunga pinjaman di bank mencekik Anda, sehingga membuat kita kewalahan untuk mencicilnya.

Selain itu, uang yang kita dapatkan dari pinjaman bank pun biasanya tidak full atau utuh. Banyak sekali biaya – biaya yang harus dipotong dari uang pinjaman tersebut.

Belum lagi bunga yang diberlakukan sangat tinggi, ditambah denda jika kita telat atau menunggak membayar cicilan.

Besar dana yang harus kita bayar akan menjadi jauh lebih besar nilainya dibanding dengan total dana yang kita terima.

Oleh karena itu Anda harus sangat selektif memilih bank perkreditan rakyat atau konvensional untuk mengajukan pinjaman uang.

Sebagai calon nasabah, Anda wajib mempelajari dengan sedetail – detailnya tentang bagaimana sistem dari bank yang memberikan kredit tersebut.

Ada hal lain yang sering kali tidak diperhatikan oleh calon pemohon kredit pinjaman dana tunai yaitu mencari tahu tentang bagaimana sistem penalty yang dikenakan jika nasabah ingin melakukan pelunasan dipercepat (prepayment) sebelum jatuh tempo.

Contohnya jika kita ingin mengambil hutang sebesar 200.000.000 diangsur 24 kali dan pada angsuran ke 15 kita ingin mengembalikan seluruh sisa hutang biasanya bank akan memberikan penalty yang cukup tinggi.

Nah waspadalah terhadap besarnya penalty yang tidak wajar ini. Berhati-hatilah juga dengan segala penawaran yang diberikan oleh pihak bank yang biasanya terjadi saat kita sedang menjalani masa angsuran seperti penawaran top up kredit yang biasanya nilai kreditnya cukup besar yaitu setengah dari nilai kredit awal.

Jika kita gampang tergiur, maka kita akan terjegal dan kesulitan untuk mencicil angsurannya dan akan merasakan bahwa bunga pinjaman di bank mencekik.

Namun selain banyaknya masalah yang sangat sering kita alami sebagai pihak debitur, banyak juga yang merasa terbantu dengan adanya bank.

Tunggu dulu. Yang dimaksud dengan terbantu adalah karena cabang mereka yang banyak tersebar di seluruh wilayah. Bisa dibilang hanya itulah kelebihan dari mereka.

Dengan banyaknya kekurangan tersebut, bagaimanapun juga semuanya kembali lagi kepada diri kita sebagai konsumen atau nasabah.

Kita harus lebih cermat lagi untuk melakukan perencanaan keuangan dan membuat spekulasi terhadap dana pinjaman yang kita peroleh.

Untuk penggunaan uang harus terperinci dengan jelas karena ada pengembalian uang berupa cicilan bulanan yang wajib dibayarkan setiap bulannya.

Sebisa mungkin pilihlah lembaga keuangan lain selain bank jika Anda sedang membutuhkan pinjaman dana tunai yang cepat cair.

Pelajari Cara Kerja Pinjaman sebelum Melakukan Pengajuan Pinjaman Uang

cara pinjam uang di bank mandiri

Bila Anda meminjam uang, penting untuk mengetahui bagaimana pinjaman tersebut bekerja. Dengan pemahaman yang lebih baik, Anda bisa menghemat uang dan membuat keputusan yang lebih baik mengenai hutang – termasuk kapan harus menghindarinya.

Pelajari skemanya sebelum Anda mulai meminjam, mulai dari biaya hingga sampai proses pencairannya.

Biaya adalah sesuatu yang penting, Anda harus fokus ke bagian ini. Akan lebih baik jika Anda dapat meminimalkan biaya.

Sebenarnya biaya sangat tidak mudah dimengerti karena pada umumnya pihak pemberi pinjaman tidak pernah sering menunjukkan dengan tepat bagaiman biaya pinjaman bekerja.

Untuk sebagian besar pinjaman, kalkulator amortisasi pinjaman dasar akan menggambarkan bagaimana segala sesuatunya bekerja.

Jika Anda ingin benar-benar mengeluarkan waktu lebih untuk bermain dengan angka-angka, gunakanlah excel atau spreadsheet untuk mengetahui detail yang terjadi saat Anda mengubah variabel.

Disitu akan terlihat bahwa biaya akan menjadi semakin rumit untuk diketahui. Cara yang paling ringkas namun cukup penting adalah dengan membandingkan total angsuran yang harus dibayarkan serta total pencairan yang diterima dengan perusahaan finance lainnya.

Membayar Saldo Pinjaman

Ketika Anda mengetahui bagaimana pinjaman bekerja, Anda akan melihat bahwa sebagian besar pinjaman terbayar secara bertahap dari waktu kewaktu.

Setiap pembayaran bulanan dibagi menjadi dua bagian. Sebagian pembayarannya mengembalikan saldo pinjaman dan sebagian dari itu adalah biaya bunga Anda.

Tabel amortisasi dapat menunjukkan bagaimana prosesnya dan bagaimana biaya bunga turun seiring berjalannya waktu.

Bagaimana Amortisasi Bekerja?

Pinjaman mungkin atau tidak mungkin memiliki “jangka waktu” – jangka waktu untuk melunasinya.

Beberapa hipotek berlangsung selama 30 tahun, sementara pinjaman lainnya hanya bertahan selama 3 tahun terakhir.

Kartu kredit adalah jenis pinjaman “bergulir”, artinya Anda dapat meminjam dan melunasi sebanyak yang Anda mau tanpa mengajukan pinjaman baru.

Istilah ini mempengaruhi bagaimana proses loan tersebut. Syarat yang lebih pendek membutuhkan pembayaran yang lebih besar.

Kualifikasi untuk Loan

Untuk bisa mendapatkan loan, Anda harus memenuhi syarat. Pemberi kredit hanya memberikan pencairan jika si calon nasabah memiliki kemampuan untuk melunasi semua kewajibannya.

Kredit yang sebelumnya sudah Anda lakukan akan sangat penting bagi pihak kreditur untuk memuluskan pengajuan Anda.

Walau pada akhirnya, penghasilan calon debitur menjadi pertimbangan yang paling utama untuk memberikan dana tunai.

Bagaimana skor kredit serta rasio utang terhadap pendapatan?

Jika sebelumnya Anda tidak memiliki riwayat kredit yang kuat atau mumpuni untuk mengajukan dana tunai tanpa agunan, Anda harus menggunakan agunan atau jaminan.

Jika sudah berada dalam posisi tersebut, Bank bukan tempat yang cukup baik untuk menggadaikan jaminan, silakan pilih multifinance atau perusahaan leasing saja (SolusiBiaya.com – red).

Jika dalam kondisi yang terdesak tidak memiliki jaminan apapun untuk diagunkan, Anda mungkin bisa bekerjasama dengan seseorang yang bisa dipercaya namun bersedia untuk mem-back up semuanya.

Misalnya Anda minta tolong kepada teman yang memiliki riwayat kredit yang baik untuk mengambil pinjaman dan untuk pembyaran cicilan dilakukan oleh Anda.

Hal tersebut memang beresiko bagi teman Anda dan biasanya hanya pihak keluarga dari calon peminjam yang bisa melakukan hal ini.

Sekarang Anda sudah cukup memiliki pengetahuan mengenai skema pinjaman uang di Bank.

syarat pinjam uang di bank bni

4 Kesalahan yang Harus Dihindari Saat Mendaftar Pinjaman Bank

Tentu saja mendapatkan pinjaman dari Bank bukanlah sesuatu yang mudah, terutama untuk bisnis kecil menengah (UMKM).

Dengan kata lain, saat ini bank masih kurang ramah terhadap usaha kecil menengah atau bisnis yang baru mulai didirikan.

Kenyataan tersebut menyebabkan banyak usaha kecil yang sulit untuk berkembang, sekalipun bisa mendapatkan loan, syaratnya pasti luar biasa sulit.

Berikut ini adalah kesalahan yang sering dilakukan oleh pemilik bisnis kecil dan menengah saat mengajukan pinjaman uang.

Kesalahan # 1 : Meremehkan nilai kredit pribadi. Bankir melihat sejarah kredit pribadi Anda (kartu kredit, pembayaran hipotek dan tagihan pribadi) untuk mendapatkan gambaran rekam jejak Anda dengan tanggung jawab keuangan.

Jika seorang pemilik bisnis tidak menunjukkan ketekunan dalam mengelola kredit pribadi mereka, maka kemungkinan berpotensi kuat bahwa mereka akan melakukan pendekatan yang sama terhadap kredit bisnis mereka.

Kesalahan # 2 : mengambil jenis pinjaman yang tidak sesuai dengan kebutuhan bisnis. Salah satu jebakan atau perangkap yang paling terkenal untuk para pemilik bisnis adalah mereka yang menggunakan kredit dengan tenor yang singkat (jangka pendek) untuk melakukan pembelian jangka panjang.

Pada akhirnya mereka akan menggunakan kredit tersebut untuk tujuan yang salah. Misalnya, jika Anda mengambil pinjaman untuk membeli mesin, namun kenyataannya untuk memenuhi kebutuhan jangka pendek seperti membyara gaji karyawan, maka Anda beresiko terbebani dengan pinjaman yang tidak bisa dilunasi.

Kesalahan # 3 : Mengharapkan pinjaman tanpa agunan (KTA). Seorang Bankir tidak tidak akan menyetujui pinjaman yang menurutnya tidak memiliki kesempatan untuk dibayar kembali atau dilunasi.

Jadi bagi Anda yang berniat untuk mengambil produk Kredit Tanpa Agunan (KTA), pastikan untuk membuat detail mengenai rencana penggunaan dana tersebut.

Berikan penjelasan lengkap kepada pihak Bank mengapa pinjaman tersebut sangat penting untuk bisnis Anda.

Pastikan ada rencana bisnis yang solid mengenai apa yang harus dilakukan dengan bisnis Anda dan bagaimana pembiayaan yang diterima akan mendukung visi dan misi perusahaan.

Kesalahan # 4 :  Tidak membangun hubungan baik dengan pihak pemberi pinjaman (Bank atau Multifinance). Ada hal yang paling penting namun seringkali tidak dilaksanakan oleh pihak pemilik bisnis.

Hal tersebut adalah menjalin hubungan baik atau melakukan pendekatan khusus dengan pihak kreditur.

Perlu diketahui bahwa pihak kreditur bisa cepat untuk meminjamkan uang kepada Anda jika mereka sudah mengetahui dengan detail siapa diri Anda dan bisnis yang sudah Anda jalankan.

Selain dana tunai, hal penting lainnya adalah Anda berkesempatan untuk mendapatkan masukan yang sangat berarti dari pihak bankir untuk bisnis yang sedang dijalani saat ini.

Bagaimanapun juga mereka memiliki pengalaman yang sangat banyak karena telah meng-handle para pemilik bisnis dari berbagai macam sektor.

Alternatif Lain Selain Mengajukan Pinjaman Kredit di Bank

cara pinjam uang di bank bca

Seperti yang sudah Anda ketahui dari penjelasan diatas. Selain bunganya yang tidak masuk akal serta nilai pencairannya yang kecil karena banyaknya potongan.

Kendala lainnya adalah prosesnya yang sangat rumit karena birokrasi di perbankan sangat panjang dan berbelit-belit.

Belum lagi penerapan BI Checking yang semakin menyulitkan kita untuk memperoleh pinjaman uang.

Cobalah untuk mencari alternatif lain selain mengajukan pinjaman ke bank seperti multifinance. Terlebih lagi jika Anda memiliki aset berupa BPKB Mobil atau Motor.

Aset tersebut bisa digadaikan untuk mendapatkan kredit. Keuntungan lainnya mencari dana dengan sistem gadai adalah bunga yang dikenakan sangat kecil.

Prosesnya juga tidak serumit di bank, nominal yang diterima cukup tinggi karena potongan yang dikenakan hanyalah untuk biaya asuransi.

Dan asuransi tersebut pun untuk kebaikan si peminjam uang karena Anda dan pihak lembaga gadai akan sama-sama aman.

Mungkin banyak juga masyarakat yang berpikir dengan sistem gadai justru akan mempersulit mereka.

Namun kenyataannya tidak seperti itu, gadai BPKB atau SHM justru dapat membuat Anda semakin produktif karena hanya BPKB saja yang digadaikan dan unit masih bisa Anda gunakan untuk keperluan yang bisa menghasilkan uang.

Setelah pinjaman lunas, Anda tetap bisa melanjutkan usaha dengan unit kendaraan tersebut karena tidak Anda jual tapi Anda gadai.

Bayangkan jika Anda lebih memilih untuk menjual, tentu itu akan sangat menyita waktu Anda karena dilain hal Anda sedang membutuhkan uang yang cepat cair.

Pinjaman dana tunai dengan gadai bpkb mobil atau motor saat ini adalah satu-satunya cara untuk memperoleh solusi biaya dan finansial Anda.

Banyak yang menganggap bahwa fasilitas seperti ini harus dihindari karena nasabah berpotensi untuk kehilangan unit yang digadaikan.

Stigma tersebut harus segera dihilangkan karena bagaimanapun juga, tidak ada pinjaman yang lebih baik dan yang bunganya paling ringan dibandingkan di solusibiaya.com

Jangan pula mudah percaya dengan berbagai tawaran yang tidak masuk akal seperti KTA tanpa BI checking, tanpa survey, bunga paling ringan, gadai mobil tanpa BPKB, jaminan sertifikat rumah yang pasti disetujui.

Sebagai konsumen hendaknya lebih berhati-hati, mengingat belum tentu semua lembaga gadai memiliki reputasi yang baik serta bagus.

Kepercayaan konsumen tidak boleh sampai dihancurkan, itu adalah moto dari solusibiaya.com, oleh karena itu bagi Anda yang butuh dana tunai dengan gadai bpkb mobil, dapat membaca hal penting dibawah ini.

  • Berapa tinggi nilai dari bunga yang diberikan. Hal yang sudah pasti diberikan oleh lembaga keuangan adalah bunga. Sama halnya dengan SolusiBiaya. Sebagai informasi, bunga adalah nilai yang ditambahkan untuk pengembalian yang dilakukan oleh konsumen atau nasabah. Nilainya sangat beragam, biasanya semakin tinggi pencairan maka semakin rendah bunga yang dikenakan.
  • Tenor yang diminta. Pada umumnya semakin panjang tenor yang diminta, maka hal tersebut bisa mempengaruhi nilai cicilan bulanan yang menjadi lebih ringan. Sesuaikan kebutuhan dan kemampuan bayar Anda dengan tenor yang diambil.
  • Pilih lembaga dengan fitur pembayaran yang channelnya banyak. Misalnya jika Anda tidak memiliki waktu untuk datang langsung ke kantor cabang, maka perusahaan tersebut memiliki opsi lain yang bisa digunakan untuk melakukan pembayaran angsuran bulanan. Di SolusiBiaya.com memiliki fasilitas pembayaran angsuran yang banyak sekali dan mudah digunakan bahkan oleh nenek-nenek sekalipun, seperti di minimarket, ATM, Mobile Banking, setor tunai di bank, Kantor Pos, Internet Banking dan masih banyak lagi yang lainnya.

Beberapa keuntungan yang akan Anda peroleh jika mengajukan gadai bpkb di solusibiaya, yaitu :

cara pinjam uang di bank tanpa jaminan

  • Syarat dan ketentuan yang diberikan ke konsumen sangatlah mudah sekali, sehingga tidak membuat bingung calon nasabah kami. Hanya dengan menggunakan BPKB dan kelengkapan identitas. Urusan selesai.
  • Survey bisa dikantor nasabah. Khusus untuk gadai bpkb mobil cepat, survey ditempat kami sangatlah fleksibel, data bisa kami jemput, survey tidak harus di rumah nasabah. Dan proses survey sangatlah cepat sekali.
  • Diberikan nilai pencairan yang tinggi dan angsuran yang rendah. Mengapa kami bisa tinggi? Karena konsumen akan diberikan harga yang sebenar-benarnya sesuai harga OTR yang berlaku saat ini (80% – 90%). Jika di bank, plafon yang bisa didapatkan hanya maksimal sebesar 60% dari harga OTR, di kami bisa sampai 90% (untuk beberapa jenis kendaraan dan kondisi nasabah).
  • Prosesnya sangat luar biasa cepat. Tidak seperti di bank yang membutuhkan waktu berminggu-minggu, di finance kami, prosesnya hanya membutuhkan waktu sekitar 2 hari saja dan untuk pencairan hanya hitungan menit.
  • Ada asuransi. Beberapa multifinance kadang tidak terlalu peduli dengan tidak mengasuransikan pinjaman konsumen demi memberikan angsuran yang tidak masuk akal. Namun jika sudah ada kehilangan BPKB dll, maka konsumen akan sangat dirugikan. Di Solusi Biaya, pencairan bersih yang diberikan ke konsumen sudah termasuk biaya asuransi.
  • BPKB aman dan tidak dijaminkan kembali. Ini yang tidak diketahui oleh masyarakat atau konsumen, hal itu sangat wajar karena memang sengaja disembunyikan oleh pihak finance. Di kami, BPKB sangat aman dan tidak dijaminkan kembali karena keuangan kami sangat kuat sehingga tidak perlu “mengorbankan” BPKB nasabah hanya untuk memperoleh dana talangan.

Demikianlah penjelasan dari kami mengenai pinjaman uang yang berkualitas dan tidak bermasalah kedepanya.

Hal ini kami informasikan karena kami sangat sayang kepada konsumen dan berusaha untuk tetap menjaga kepercayaan masyarakat.

Semoga dengan adanya artikel ini, Anda sebagai orang yang butuh dana tunai serta pinjaman jaminan BPKB Mobil bunga rendah bisa segera tercerahkan dan tidak menggantungkan nasib keuangan Anda ke bank.

Segera hubungi kami (087876723437WA/SMS/Tlp) jika ingin mendapatkan solusi keuangan yang cepat, aman, tepat dan pastinya bunganya ringan.

solusibiaya.com
Write a Comment

Fast Respon (Anto)