Cara Menyelesaikan Hutang yang Melilit

Cara Menyelesaikan Hutang yang Melilit

Banyak orang yang terlilit hutang dan sulit keluar dari jeratannya. Biasanya ini disebabkan oleh gaya hidup dan manajemen keuangan yang buruk.

Anda mungkin pernah merasakan bagaimana sulitnya bertahan hidup dengan sisa gaji dan masih harus membayar hutang.

Berikut adalah beberapa hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan sebagai cara menyelesaikan hutang yang melilit:

Cara Menyelesaikan Hutang yang Melilit

cara mengatasi hutang banyak

Ada banyak tips dan trik untuk lepas dari hutang. Yang terpenting adalah Anda siap berusaha lebih keras, dan selalu bersabar. Berikut adalah beberapa cara logis dan menguntungkan yang bisa dilakukan:

  1. Jual Barang Tidak Terpakai

Anda pasti punya barang yang tak terpakai. Misalnya pakaian yang kekecilan, sepatu, jam tangan atau perhiasan. Mulai cari barang yang jarang digunakan, kumpulkan kemudian jual.

Tak perlu memasang harga tinggi. Yang terpenting adalah mengeluarkan barang yang kurang berguna. Lalu uang ini bisa digunakan untuk kebutuhan mendesak atau membayar hutang dan angsuran.

  1. Hemat Pengeluaran Bulanan

Langkah ini harusnya dilakukan sejak awal hutang diajukan. Namun jika Anda terlambat menyadarinya, tidak masalah. Anda bisa lakukan mulai dari sekarang.

Ubah gaya hidup anda. Misalnya jika biasanya Anda selalu makan di luar dan jarang memasak, ganti dengan memasak di rumah. Meski menu seadanya, masak sendiri pasti lebih hemat.

Terlebih lagi Anda bisa meningkatkan kemampuan memasak. Sebab, mau tak mau menu yang dimakan harus berganti secara berkala.

  1. Angsur Setiap Bulan

Ini adalah poin paling penting. Membayar hutang dalam jumlah besar pasti terasa berat. Namun jika mengangsur secara disiplin setiap bulan, angsuran akan terasa lebih ringan.

Anda akan membayar sedikit demi sedikit, segera setelah mendapatkan gaji atau penghasilan bulanan.

Kebiasaan ini harus dijaga agar hutang cepat lunas dan tidak terkena denda. Seandainya Anda tidak bisa melunasi dengan cepat, setidaknya disiplin akan membuat perencanaan keuangan lebih mudah.

  1. Simpan Kelebihan Uang Untuk Angsuran Berikutnya

cara mengatasi stres karena banyak hutang

Jika berhemat sudah Anda lakukan, maka nanti uang akan terkumpul dan bahkan bisa menyisihkan beberapa rupiah untuk simpanan. Tahan diri Anda untuk membelanjakannya, dan simpan untuk angsuran bulan berikutnya.

Baca Juga : Kebebasan Finansial Bukan Sekedar Impian!

Jangan khawatir akan sengsara, sebab uang yang sekarang anda tabung kelak akan dituai juga. Kesusahan saat ini untuk membayar hutang akan memudahkan Anda di kemudian hari.

  1. Lakukan Pekerjaan Tambahan

Cara menyelesaikan hutang yang melilit yang kelima adalah menambah pekerjaan. Jika hutang terasa berat dan gaji tidak cukup untuk membayarnya, maka ini saat tepat untuk menambah pekerjaan.

Tak usah mencari yang terlalu berat, sebab jika sakit Anda akan menambah kesulitan lain. Cari pekerjaan yang fleksibel dan ringan.

Anda juga bisa berjualan barang-barang yang murah kepada teman atau tetangga. Bisa juga menawarkan jasa yang dikuasai. Misalnya jasa edit laporan, jasa membuat undangan, desain dan lain sebagainya.

Kumpulkan uang dari proyek-proyek kecil tersebut. Uang yang masuk memang tidak terlalu besar. Namun jika proyek tersebut rutin datang, Anda akan merasakan tambahan penghasilan yang memudahkan untuk membayar hutang.

  1. Selalu Ingat Konsekuensi Jika Hutang Tidak Lunas

Konsekuensi jika hutang macet atau tidak kunjung lunas sangat berbahaya. Beberapa tempat menggunakan sistem cabut paksa jaminan dan barang yang dikreditkan.

Cara menyelesaikan hutang yang melilit dan efektif adalah dengan mengingat selalu konsekuensi ini, agar Anda terus berusaha melunasi dengan disiplin.

Keenam hal tersebut biasanya efektif untuk memacu seseorang agar bisa keluar dari lilitan hutang.

Sesuaikan cara menyelesaikan hutang yang melilit dengan kondisi pribadi dan keuangan Anda.

Jangan Lakukan Hal ini!

bagaimana cara melunasi hutang dengan cepat

Berikutnya yang harus diketahui adalah beberapa hal yang harus dihindari saat masih terlilit hutang.

Tindakan-tindakan ini akan membantu Anda untuk mempercepat lepas dari masalah kredit atau hutang.

  1. Membuka Hutang Lain di Bank

Jangan pernah terpikir untuk meminjam uang, dengan tujuan membayar hutang. Ini namanya gali lubang tutup lubang, dan menyebabkan ada lubang lain yang harus ditutup.

Hutang tidak akan selesai, namun hanya akan berpindah ke tempat lain dan menambah panjang waktu terlilitnya hutang.

Bukannya menyelesaikan masalah, Anda mungkin akan menemukan masalah baru. Hutang pasti ada bunganya jadi menambah hutang berarti menambah bunga.

Misalnya, di awal Anda berhutang 10.000.000 kemudian setelah diangsur, total akhir yang dibayarkan sebesar 12.000.000 rupiah. Lalu sisa hutang sebesar 8.000.000 rupiah.

Nah, jika Anda ingin berhutang untuk membayar yang sebelumnya, Anda harus meminjam lagi 8.000.000 rupiah belum termasuk bunga. Katakanlah bunganya sebesar 1.600.000 berarti, untuk melunasi 8.000.000 rupiah, Anda harus membayar 9.600.000 rupiah. Rugi bukan?

Apalagi bunga bank dan prosedurnya super sulit selain itu ada pengecekan BI Checking. Kredit anda buruk, pasti ditolak. Lebih baik ajukan saja di solusibiaya tanpa BI Checking, proses, paling mudah dan cepat.

  1. Membeli Barang Mahal

Ini biasanya terjadi di awal pencairan uang pinjaman. Cara menyelesaikan hutang yang melilit berikutnya adalah mengesampingkan rasa bahwa Anda memiliki banyak uang.

Dengan berhutang, Anda akan merasa memiliki lebih banyak uang secara tiba-tiba. Sehingga keinginan berbelanja amat besar.

Anda jadi mampu untuk membeli barang mewah. Padahal ini Anda tidak butuh. Tahan keinginan tersebut, dan ingat bahwa harga barang akan turun setelah digunakan. Ini bisa menjadi kerugian sebab turunnya harga jual.

  1. Sering Pergi Ke Mall

 

cara mengatasi hutang yang menumpuk

Mall menawarkan banyak barang untuk dilihat dan dibeli. Selain barang seperti baju, sepatu, dan perhiasan. Disana Anda juga sering menjumpai pameran kendaraan dengan harga yang terlihat murah.

Selain itu, jajanan dan makanan di sana jauh lebih mahal dari harga di luar karena terkena pajak.

Mall dengan pesona dan tata lampunya menyebabkan orang ingin berbelanja. Dari yang merasa tidak butuh apa-apa menjadi ingin membeli beragam barang.

Terlebih ada uang atau kartu debit dan kredit di tangan. Keinginan berbelanja akan semakin besar.

Untuk itu, hindari pergi ke mall terlalu sering. Jika perlu, tinggalkan ATM dan kartu kredit di rumah serta batasi jumlah uang yang dibawa jika ingin berjalan-jalan di Mall.

  1. Terlambat Membayar

Cara menyelesaikan hutang yang melilit adalah dengan berdisiplin. Terlambat membayar angsuran bisa menyebabkan Anda terkena denda harian.

Jika baru terlambat satu atau dua hari mungkin denda tidak terasa berat. Namun, lama kelamaan diri Anda bisa saja semakin abai dan menunda pembayaran.

Kebiasaan ini kelak akan menyulitkan sebab membuat pengaturan prioritas terganggu. Tandai tanggal pembayaran angsuran di kalender, bila perlu pasang alarm.

Bayar angsuran tepat waktu tak pernah merugikan nasabah. Jadi pastikan Anda disiplin dalam mengangsur hutang dimanapun.

Berhutang mungkin adalah pilihan terakhir Anda saat membutuhkan biaya. Beberapa keadaan kadang memaksa untuk segera mendapatkan uang. Kami Solusibiaya menggunakan sistem sederhana dan mudah.

Proses sangat cepat, sehingga tak perlu menunggu lama untuk persetujuan pinjaman dan pencairan.

Bunga di tempat kami tidak berat. Bahkan sangat ringan dan menguntungkan Anda. Selain itu, plafon pinjaman kami cukup tinggi.

Sesuai dengan jaminan yang Anda berikan. Hubungi kami segera jika anda butuh pinjaman. Layanan prima akan kami berikan selalu untuk Anda. Semoga cara menyelesaikan hutang yang melilit tersebut bisa membantu para pembaca. Butuh biaya? Solusibiaya saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp Chat Only