Bagaimana Cara Melunasi Hutang yang Menumpuk

cara melunasi hutang

Dulu yang namanya hutang adalah sesuatu yang sangat ditakuti oleh banyak orang, namun sekarang malah sudah menjadi kebutuhan.

Mengapa hal tersebut bisa terjadi?

Karena semua harga kebutuhan pokok makin meningkat, sedangkan penghasilan hanya naik sedikit sehingga terjadi ketidakseimbangan antara pemasukan dengan pengeluaran.

Artikel ini akan mengupas secara tuntas cara melunasi hutang yang banyak dan menumpuk.

Hutang adalah kebalikan dari aset, yaitu semakin tinggi hutang yang dimiliki akan menunjukkan bahwa semakin rendah tingkat kekayaan seseorang.

Sebenarnya hutang bukanlah hal yang buruk dan terdiri dari dua jenis yaitu:

  • Hutang produktif. Merupakan hutang yang digunakan untuk membiayai seluruh kegiatan yang mendatangkan keuntungan bagi debitur seperti pinjaman untuk modal usaha.
  • Hutang konsumtif. Adalah hutang yang digunakan untuk kegiatan yang tidak menghasilkan manfaat dari segi finansial si peminjam uang. Contohnya adalah untuk membeli mobil baru atau gadget.

Tidak masalah uang pinjaman untuk membiayai kebutuhan apapun asal dibarengi dengan kemampuan bayar dari si debitur tersebut.

Jika Anda mengambil kredit melebihi dari kemampuan finansial, maka itu sama saja dengan mengambil resiko yang berbahaya karena kecenderungan kredit macet makin tinggi.

Ada baiknya angsuran bulanan yang dibayar tidak melebihi dari 30 persen dari total penghasilan tetap Anda supaya tidak mengganggu kebutuhan yang lain.

Lalu bagaimana jika kita sudah terlanjur berhutang dalam jumlah banyak dan sangat membebani kondisi keuangan.

Berikut ini kami informasikan dengan sangat lengkap cara melunasi hutang secara efektif

cara cepat melunasi hutang dengan doa

Gunakan Uang Tabungan atau Simpanan Darurat

Tujuan dari menabung adanya menyimpan uang yang pada suatu saat nanti uang tersebut akan digunakan untuk memenuhi segala kebutuhan Anda.

Akan lebih baik jika Anda memiliki maksimal dua nomor rekening yang dimana kedua rekening tersebut mempunyai fungsi yang berbeda.

Nomor rekening pertama digunakan sebagai sarana keluar masuk uang kebutuhan sehari-hari atau tampungan penghasilan rutin bulanan Anda.

Rekening kedua digunakan untuk tampungan dana darurat yang tidak boleh diambil dengan alasan apapun kecuali Anda sudah dalam kondisi yang sangat terdesak.

Sebaiknya dana darurat minimal disediakan sebesar 24 bulan gaji Anda. Percayalah, jika suatu saat Anda mengalami kondisi tertentu seperti di PHK dari perusahaan atau sangat berkeinginan untuk berbisnis, dana tersebut bisa menyelamatkan kebutuhan sehari-hari orang tersayang Anda.

Lalu bagaimana dengan hutang yang harus dibayar?

Sebenarnya ini sangat tidak sarankan karena fungsi utama dari dana darurat adalah untuk memenuhi kebutuhan yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Jika saat ini Anda statusnya masih bekerja atau melakukan kegiatan yang memberikan penghasilan bulanan, sebaiknya usahakan mencari pinjaman uang untuk menutupi hutang tersebut.

Meminjam uang pun tidak boleh sembarangan, carilah yang bunganya rendah. Biasanya yang menggunakan gadai bpkb mobil atau motor, bunganya jauh lebih ringan dibandingkan dengan KTA (Kredit Tanpa Agunan).

Untuk masalah pinjaman tersebut, silakan langsung hubungi SolusiBiaya.com dan jangan ke tempat yang lain karena kami ahlinya untuk masalah pinjaman uang tunai dengan gadai BPKB.

Jangan sampai keinginan Anda untuk mendapatkan uang secara cepat justru menyebabkan Anda terbebani oleh bunga yang sangat tinggi.

Mencairkan Seluruh Produk Investasi yang Anda Miliki

Cara melunasi hutang dengan mencairkan investasi, lebih baik dibandingkan harus mengutak-atik uang simpanan Anda.

Jika saat ini Anda hobi berinvestasi di berbagai instrumen keuangan seperti saham, deposito, reksadana atau emas sekalipun, ini adalah saat yang tepat untuk mencairkan seluruhnya.

Apabila kondisi hutang Anda sudah sangat mendesak harus dibayar, jangan ragu-ragu untuk mencairkan semuanya dan tidak perlu berpikir produk mana yang harus diprioritaskan.

Akan lebih baik ada yang tersisa sehingga bisa Anda tabung atau investasikan kembali ke instrumen yang lebih baik.

Perlu diketahui bahwa disini tidak ada saran yang mengharuskan Anda untuk berhenti berinvestasi karena bagaimanapun juga hasil atau keuntungan dari investasi lebih tinggi dibandingkan dengan tabungan.

Dan investasi adalah salah satu hal penting untuk kebebasan keuangan, namun jangan hanya karena tergiur dengan hasil dari investasi, justru Anda membuat hutang baru.

Lunasi terlebih dahulu kewajiban Anda, jika ada sisanya, silakan dialokasikan di produk keuangan yang memberikan hasil terbaik.

Gadaikan Aset atau Kendaraan Pribadi

5 tips cara cepat melunasi hutang anda

Cara ini sangat baik dilakukan jika Anda memiliki penghasilan tetap perbulannya, entah itu dari pekerjaan atau dari bisnis Anda.

Lalu apa saja yang perlu digadaikan?

Pilihlah barang yang memiliki nilai jual seperti hp, laptop, perhiasan, perabotan atau kendaraan pribadi seperti mobil, motor atau truk jika ada.

Hasil pencairan dari barang-barang tersebut harus disesuaikan dengan nilai hutang Anda saat ini. Jangan menggadaikan laptop untuk membayar utang yang nilainya puluhan hingga ratusan juta.

Saran dari kami, berapapun nilai tunggakan, lebih baik gunakan aset berupa kendaraan untuk digadaikan (BPKB). Karena selain lebih mudah prosesnya atau plafonnya yang cukup tinggi, syaratnya pun cukup mudah seperti yang ditawarkan oleh SolusiBiaya pinjaman dana.

Lebih baik menggadaikan bpkb dibandingkan menjual barang Anda karena selain prosesnya yang rumit, nilai barang yang dijual juga pasti akan turun drastis.

Banyak sekali cara melunasi hutang dan menjual barang yang bisa meningkatkan produktivitas adalah hal yang perlu dipertimbangkan lebih matang lagi.

Mengajukan Pemutihan Pinjaman

Hal ini bisa dilakukan tapi tidak mudah dan hanya bisa dilakukan jika Anda meminjam ke keluarga, teman atau saudara.

Kami akan menyampaikan hal penting ini. Tidak ada lembaga atau perusahaan yang bisa memutihkan seluruh hutang Anda.

Jika ada yang mengaku-ngaku bisa melakukan itu, mohon untuk tidak percaya karena sudah banyak korban yang terkena modus tidak jelas seperti itu.

Silakan baca artikel mengenai kredit macet ini untuk mencari solusi terbaik permasalahan Anda.

Membuat Daftar Seluruh Hutang yang Belum Terbayar

Mengapa membuat daftar utang sangat penting? Karena itu merupakan cara yang harus dilakukan paling awal sebelum berniat melunasi tanggung jawab Anda.

Apalagi jika Anda memiliki “hobi” berhutang kepada orang lain atau pihak bank, tentu daftar tersebut berfungsi agar hutang Anda tidak “tercecer” kemana-mana.

Dari list tersebut, Anda dapat menentukan berapa banyak dana yang dibutuhkan untuk membayar setiap hutang yang ada dan bisa juga untuk membuat strategi apa yang harus dilakukan.

Sebaik apapun cara melunasi hutang yang Anda lakukan, apabila tidak membuat daftar prioritas, sama saja bohong.

Memprioritaskan Pembayaran dan Membuat Rencana Pelunasan Hutang

cara cepat melunasi hutang dalam 1 hari

Untuk melunasi hutang, Anda harus membuat rencana pelunasan hutangnya. Seperti tunggakan mana yang harus lebih dulu diprioritaskan.

Tentunya pilih yang akan jatuh tempo supaya tidak mendapatkan denda. Selanjutnya adalah pilih yang paling kecil jumlahnya.

Mengapa harus yang terkecil, bukan yang paling besar terlebih dahulu?

Karena biasanya yang paling kecil jumlahnya akan menjadi beban jika terus didiamkan sedangkan Anda masih belum sanggup melunasi yang jumlahnya besar.

Setelah selesai yang kecil, baru fokuskan ke yang besar. Urutan terbaiknya adalah sebagai berikut.

  • Jatuh tempo
  • Bunga paling tinggi
  • Bunga terendah
  • Jumlah terkecil
  • Jumlah terbesar

Saran dari kami adalah lakukan minimal 2 kali pembayaran, dengan begitu beban hutang akan bisa selesai dalam jangka waktu sekitar 3 tahun.

Jangan Meremehkan Hutang

Bersikaplah serius jika Anda sedang memiliki hutang yang cukup besar. Sebagian orang akan menganggap hal itu biasa karena memang sering melakukan gali lubang tutup lubang sebagai cara melunasi hutang.

Apalagi jika meminjamnya ke institusi peminjaman uang resmi seperti multifinance, leasing atau bank.

Apabila Anda tidak memiliki itikad baik, maka pihak perusahaan akan bertindak tegas kepada nasabah seperti itu.

Jika sudah merasa tidak mampu, segera konsultasikan ke pihak perusahaan keuangan untuk mencari cara yang terbaik agar kewajiban Anda bisa dilunasi.

Hindari Gali Lubang Tutup Lubang

Cara melunasi hutang tersebut adalah dengan membuat hutang baru untuk menutupi yang lama. Mungkin ini bisa menjadi solusi jangka pendek, namun jangan terus-terusan melakukan hal ini.

Cara yang sering dilakukan adalah mencari pinjaman ke rentenir atau mengajukan pembuatan kartu kredit ke bank lain.

Sekalipun Anda sudah tidak memiliki cara lagi selain mengajukan hutang baru, ada baiknya lakukanlah peminjaman uang dengan menggadaikan BPKB kendaraan Anda.

Sedikit tips dari kami jika Anda ingin menempuh cara ini. Jangan pernah menyebutkan bahwa kredit yang diajukan untuk membayar utang.

Tapi bilang saja untuk kebutuhan yang lain seperti renovasi rumah, biaya pendidikan atau perjalanan ibadah.

Hentikan Penggunaan Kartu Kredit dan Tutup yang Tidak Digunakan

cara cepat melunasi hutang menurut islam

Kartu kredit bisa seperti penyakit jika Anda tidak bijaksana dalam penggunaannya.

Mayoritas penyebab terjadinya BI Checking pada seseorang adalah tunggakan kartu kredit yang tidak mampu dilunasi.

Salah satu cara melunasi hutang yang cerdas adalah tidak menggunakan credit card.

Lebih baik segera tutup credit card Anda jika tidak diperlukan lagi karena hanya akan membuat bunga semakin besar.

Sedikit tips dari kami bagi yang ingin mengajukan kartu kredit adalah pilih yang tidak memberikan biaya tahunan seperti BRI Touch.

Perlu diingat, kartu kredit adalah alat yang memudahkan untuk melakukan transaksi pembelian. Ia tidak akan menyulitkan nasabah jika penggunanya sendiri tidak khilaf pada saat menggunakannya.

INGAT. Hentikan penggunaan credit card (CC) jika selalu kesulitan membayar tagihan bulanannya.

Mencari Penghasilan Lain dengan Melakukan Pekerjaan Sampingan

Sebenarnya zaman sekarang yang namanya berhemat sangat sulit untuk dilakukan karena selalu besar pasak daripada tiang.

Solusi terbaik dari artikel cara melunasi hutang adalah dengan mencari penghasilan lain diluar pekerjaan Anda.

Jika pendapatan rutin bulanan digunakan untuk menyicil utang, sedangkan penghasilan tambahan bisa digunakan membiayai kebutuhan sehari-hari keluarga.

Lalu hal apa yang bisa dilakukan oleh pekerja kantoran?

Silakan baca artikel cara memulai bisnis online dari nol ini supaya Anda mengetahui caranya untuk memperoleh uang dari bisnis sampingan.

Bahkan banyak orang yang berhasil menjadi pebisnis sukses padahal ia dulu juga sebagai karyawan yang bekerja di perusahaan orang lain.

Jika senin sampai jumat Anda bekerja, manfaatkanlah hari sabtu atau minggu untuk menjalami profesi lain yang bisa menghasilkan uang seperti guru les privat, pelayan di restoran atau café, dan masih banyak lagi.

Hindari Pengeluaran yang Tidak Penting

Gengsi adalah penyakit yang membuat Anda sulit untuk berhemat. Hanya karena ingin dianggap oleh orang lain, banyak orang yang mengorbankan kondisi keuangan mereka.

Silakan jika Anda ingin bersikap seperti itu karena tidak ada yang melarang. Namun jika hutang sudah menumpuk, maka ada baiknya sedikit lebih berhemat dan kurangi semua pengeluaran yang tidak penting.

Hal dan cara melunasi hutang yang bisa Anda mulai lakukan hari ini supaya pengeluaran bisa lebih diketatkan adalah sebagai berikut:

  • Jangan sering makan diluar. Lebih baik bawa bekal sendiri ke kantor, apalagi jika penghasilan Anda sangat pas-pasan karena restoran zaman now sudah tidak masuk akal harga makanannya.
  • Stop berlangganan TV kabel. Menurut kami pengeluaran untuk penggunaan layanan tersebut cukup memberatkan kondisi finansial Anda. Lebih baik segera cabut saja.
  • Jika bisa pinjam, mengapa harus beli. Banyak hal yang bisa kita peroleh dengan cara meminjam, seperti buku atau barang yang lainnya.
  • Hentikan terlalu mengikuti keinginan anak. Ini bukan berarti Anda disarankan untuk tidak sayang anak, namun karena kondisi keuangan yang sedang sulit, hendaknya perlu ada pengetatan sedikit untuk memenuhi permintaan anak.
  • Singkirkan sementara hobi mahal Anda. Jika saat ini Anda memiliki hobi mengoleksi kendaraan seperti mobil atau motor, lebih baik jangan menambah koleksi Anda tersebut. Segera gadaikan BPKB nya untuk memperoleh dana segar atau jual saja unitnya agar biaya-biaya seperti pajak, biaya perawatan, dll tidak semakin memberatkan.

Itulah berbagai pengeluaran yang wajib Anda stop. Disaat kondisi keuangan sedang suram, sebaiknya lebih bijaksana lagi untuk menggunakan uang.

Membuat Perencanaan Belanja Bulanan

cara cepat melunasi hutang dengan sedekah

Cara melunasi hutang dengan tips ini sebenarnya sangat memberatkan bagi istri atau ibu-ibu.

Namun jika tidak diterapkan, hanya semakin menyulitkan Anda kedepannya.

Kebanyakan orang melakukan pembelian hanya karena mengikuti keinginannya, bukan karena kebutuhan.

Itulah yang menyebabkan pengeluaran menjadi tidak terkendali. Mulai saat ini buatlah daftar atau list belanja supaya Anda bisa menentukan barang mana saja yang wajib dibeli dan tidak.

List tersebut harus bisa memaksa Anda untuk disiplin dalam berbelanja. Jangan beli sesuatu yang tidak ada di dalam list.

Dengan cara tersebut bisa menghemat anggaran dan menghindari pemborosan pengeluaran.

Berani Mengatakan Tidak

Tekankan dalam diri Anda untuk mampu menahan semua keinginan untuk memiliki barang ini dan itu.

Sumber masalah keuangan seseorang biasanya datang dari keinginan yang tidak bisa dibendung.

Sehingga pada akhirnya mereka berusaha memperoleh sesuatu dengan cara berhutang.

Apalagi sekarang banyak aplikasi online yang bisa membeli barang dengan cara menyicil tanpa harus memiliki kartu kredit.

Tidak perlu tergiur dengan tawaran itu dan jangan terjebak oleh permainan diskon yang ditawarkan oleh toko online.

Diperlukan manajemen keuangan yang baik supaya nafsu belanja Anda bisa terkendali.

Jual Semua Barang Bekas yang Tidak Terpakai

Cara melunasi hutang yang selanjutnya adalah dengan “membersihkan rumah”.

Daripada hanya menumpuk di rumah, lebih baik jual saja seluruh barang yang sudah tidak terpakai lagi.

Jualah dibawah harga pasaran supaya cepat laku, untuk lebih memudahkan Anda untuk menawarkan barang bekas ke orang lain, gunakanlah aplikasi toko online seperti tokopedia, bukalapak, olx dan lain-lain.

Namun Anda bisa menawarkannya terlebih dahulu ke orang sekitar seperti tetangga, teman maupun saudara.

Cara ini terlihat sederhana tapi sangat efektif untuk mengurangi beban hutang Anda.

Jual Mobil atau Motor Anda

jual mobil untuk membayar utang

Saat ini mobil dan motor sudah menjadi kebutuhan pokok untuk menunjang aktivitas masyarakat perkotaan.

Namun biaya yang dikeluarkan seperti biaya perawatan, asuransi mobil, bensin dan pajak tahunan cukup memberatkan kita, khususnya mobil.

Apalagi jika saat kondisi keuangan sedang kritis dikarenakan hutang yang menumpuk.

Mungkin lebih bijaksana bagi Anda jika menjual saja mobil tersebut untuk mengurangi beban dan menambah penghasilan.

Jika ingin berpergian, gunakanlah angkutan umum karena selain terjangkau, layanan transportasi umum yang diberikan pemerintah juga semakin baik.

Pertimbangkanlah saran ini sebagai cara melunasi hutang bank yang sudah sangat banyak.

Jangan Lupa Berserah dan Bersedekah

Fokus mencari penyelesaian secara duniawi memang sangat baik, namun apabila merasa sudah tidak ada jalan lain lagi, ada baiknya Anda meminta bantuan kepada zat yang maha suci.

Lepaskanlah sementara seluruh beban pikiran yang membelit Anda selama ini dan luangkan waktu untuk berserah kepadanya sambil membaca doa agar cepat melunasi hutang.

Lalu bersedekahlah, bantu anak yatim.

Mungkin Anda akan berpikir, disaat kondisi terlilit utang koq justru mengeluarkan uang untuk sedekah?

Percayalah, dengan memberi, Anda tidak akan kekurangan. Lakukanlah sedekah dengan niat yang tulus tanpa mengharapkan imbalan apapun kepada tuhan.

Minta Kenaikan Gaji kepada Bos

Mungkin cara melunasi hutang dengan saran ini akan terdengar konyol, tapi jika Anda merasa berprestasi dan sudah memberi banyak kontribusi kepada perusahaan, sudah saatnya Anda mengajukan kenaikan gaji.

Biasanya karyawan akan merasa malu-malu dan tidak berani kepada atasan di kantor.

Namun disaat Anda sedang membutuhkan uang, segera “kumpulkan” prestasi atau hasil di kantor, lalu “bawalah” ke bos Anda.

Jika ditolak. Jangan marah, tetaplah bekerja dengan baik lalu jika ada kesempatan bekerja di tempat lain, segera ambil tanpa perlu pikir panjang.

Jangan Tergiur Investasi Bodong

cara membayar hutang yang menumpuk

Sudah banyak sekali kasus investasi bodong yang menelan korban yang tidak sedikit.

Namun masih saja banyak masyarakat kita yang selalu terjerat oleh penipuan tersebut.

Iming-iming keuntungan yang berlipat ganda memang sangat ampuh untuk menjerat para korban.

Saran dari kami adalah jangan pernah mencoba untuk investasi ke perusahaan atau institusi yang tidak memiliki legalitas hukum.

Pilih yang sudah punya nama besar. Jangan sampai Anda berkoar-koar meminta tanggung jawab kepada pemerintah padahal Anda sendiri yang melakukan kesalahan.

Hindarilah sifat SERAKAH agar Anda tidak menyesal di masa yang akan datang.

Demikian adalah cara melunasi hutang dengan cepat dan halal.

Semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu semua permasalahan Anda.

Butuh pinjaman uang tunai dengan gadai BPKB Mobil atau Motor?

Segera hubungi kami di nomor hp yang tertera di situs ini (WA & SMS Aktif 24 Jam – Respon Cepat).

Bunga rendah, proses mudah, menjangkau seluruh wilayah di Indonesia dan cepat cair.

solusibiaya.com
Write a Comment

Fast Respon (Anto)