Cara Klaim BPJS Kesehatan Sesuai Prosedur

cara klaim BPJS

Bagaimana cara klaim BPJS kesehatan? Apakah Anda sudah mengetahuinya atau belum? Informasi ini penting dan bermanfaat bagi banyak orang.

Bukan hanya bagi mereka yang sudah mendaftar dan menjadi anggota BPJS kesehatan saja, tetapi juga orang-orang yang belum menjadi anggotanya.

Perlu diketahui bahwa secara umum BPJS dibedakan menjadi dua, yaitu BPJS kesehatan dan BPJS ketenagakerjaan. Keduanya sangat penting karena mampu melindungi masyarakat di kedua bidang tersebut.

Khususnya bidang kesehatan sangat penting dibutuhkan semua orang tanpa terkecuali. Mulai dari bayi yang baru lahir hingga orang tua lanjut usia membutuhkannya. Dengan tubuh yang sehat, tiap orang bisa menjalani kehidupan setiap hari dengan normal.

Untuk mendapatkan kesehatan itulah, juga membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Maka dari itu, asuransi kesehatan sangat dibutuhkan oleh semua orang agar kesehatannya selalu terjamin.

Cara Klaim BPJS

formulir pengajuan pencairan dana kesehatan

Pemerintah sudah mengeluarkan program BPJS kesehatan yang bisa diikuti oleh seluruh masyarakat Indonesia. Seperti halnya asuransi kesehatan pada umumnya, BPJS kesehatan juga mempunyai aturan membayar premi bagi tiap anggotanya.

Premi yang harus dibayar tersebut bernominal tertentu dan bervariasi disesuaikan dengan tingkat ataupun kelas yang diambil.

Semakin tinggi kelas atau tingkatannya, tentu saja premi yang harus dibayar semakin mahal. Meskipun mahal, tetapi kualitas pelayanan kesehatan yang dirasakan lebih baik. Hal tersebut bisa dirasakan saat melakukan rawat inap di rumah sakit.

Lalu, bagaimana cara klaim BPJS kesehatan saat berobat, baik rawat jalan ataupun rawat inap? Untuk lebih jelasnya, silakan membaca uraian berikut yang semoga bermanfaat.

Namanya juga asuransi kesehatan, sehingga bisa diklaim untuk dicairkan untuk biaya berobat.

Prosedur

bpjs ketenagakerjaan untuk persalinan

Untuk bisa mengklaim BPJS kesehatan tersebut, tentu saja ada prosedurnya yang harus dilakukan. Anda yang sudah menjadi anggota BPJS kesehatan tentu memiliki kartunya sebagai bukti fisik.

Prosedur cara klaim BPJS bisa dimulai dengan menyerahkan kartu BPJS kesehatan tersebut kepada pihak rumah sakit, puskesmas, dokter praktik, maupun fasilitas kesehatan lainnya.

Biasanya, menunjukkan kartu BPJS kesehatan tersebut beserta KTP, dalam hal ini eKTP atau KTP elektronik. Selanjutnya, diperiksa kesesuaian antara identitas pada kartu BPJS kesehatan dengan di eKTP. Jika sudah cocok, maka akan diteruskan dengan mengecek di database yang ada.

Biasanya, rumah sakit sudah terhubung dengan database di kantor BPJS kesehatan. Dengan begitu, tinggal dimasukkan nomor identitas pada kartunya maka keluar informasi mengenai program BPJS kesehatan yang diikuti.

Bila tidak ada masalah pada proses pengurusan di BPJS kesehatan, maka urusan klaim bisa lebih cepat.

Berbeda jika ada masalah atau kendala pada pengurusan BPJS kesehatan, tentu lebih lama mengurus klaimnya karena harus menyelesaikan masalahnya terlebih dulu.

Masalah yang umum dan sering terjadi pada saat mengurus klaim BPJS kesehatan, yaitu tunggakan preminya. Memang benar, seharusnya premi dibayar tiap bulan secara teratur.

Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan pembayaran preminya tersendat bahkan hingga menunggak.

Tunggakan satu dua bulan mungkin bisa diterima akal sehat. Berbeda jika tunggakan premi BPJS kesehatan sudah berbulan-bulan. Hal tersebut sudah tidak masuk akal lagi.

Jika kondisinya seperti itu, mau tidak mau harus dilunasi terlebih dulu semua tunggakan pembayaran premi BPJS kesehatannya. Setelah semua sudah dibayar, barulah klaim BPJS dapat diambil dan diproses untuk biaya berobat.

alur klaim bpjs di rumah sakit

Terutama Anda yang melakukan rawat inap di rumah sakit dan ingin menggunakan fasilitas BPJS kesehatan, namun karena biaya nunggak sehingga fasilitas tersebut tidak dapat dipergunakan kembali.

Lalu apa langkah yang harus dilakukan? anda bisa coba ajukan pinjaman online langsung cair di lembaga keuangan.

Pihak rumah sakit yang bersangkutan pasti akan memeriksa status atau informasi terkait premi asuransinya.

Jika memang masih ada tunggakan, rumah sakit tidak dapat memproses klaim BPJS kesehatan tersebut. Bila klaim BPJS kesehatan tidak bisa diproses, otomatis pembayaran biaya rawat inap di rumah sakit harus ditanggung pribadi atau sendiri.

Sudah pasti Anda memilih biayanya diambil dari klaim BPJS kesehatan karena lebih murah, bahkan gratis alias tak perlu membayar apapun.

Maka dari itu, Anda harus bisa membayar premi BPJS kesehatan tersebut rutin dan tepat waktu agar tidak menunggak.

Dengan begitu, proses klaimnya lancar dan tanpa masalah. Itulah informasi secara umum cara klaim BPJS kesehatan yang bisa Anda lakukan saat melakukan rawat jalan atau rawat inap di rumah sakit.

Sebenarnya, cara klaim cukup mudah untuk dipraktikkan. Anda tak perlu khawatir dan ragu untuk mempraktikkannya.

Lagipula, semua itu dilakukan untuk kepentingan Anda, keluarga, atau orang terdekat agar terjamin kesehatannya. Tentu saja dengan mengikutkan dan memberikan asuransi kesehatan yang juga terjamin.

Seperti halnya BPJS kesehatan sebagai program dari pemerintah untuk melindungi kesehatan masyarakat secara luas.

Oleh karena itu, sudah seharusnya BPJS kesehatan menjadi referensi wajib bagi Anda sekalian yang ingin terlindungi kesehatannya setiap waktu.

Pasalnya, kesehatan tidak bisa diprediksi datang dan perginya. Begitu juga penyakit yang bisa datang dan pergi setiap waktu tanpa kita mengetahui tepatnya.

cara klaim bpjs kesehatan untuk kecelakaan

Hari ini, jam ini, detik ini kalian mungkin masih merasa sehat wal afiat tanpa sakit apapun. Namun demikian, bukan tidak mungkin di kemudian hari bisa terkena penyakit, musibah, atau bencana tertentu yang memang tidak pernah diketahui sebelumnya.

Jika kondisinya seperti itu, apa yang akan Anda lakukan? Terbaring lemah di rumah sakit dan  masih memikirkan biaya pengobatannya tidak sedikit.

Beruntung mereka yang sudah mempunyai asuransi kesehatan seperti BPJS kesehatan karena dapat memanfaatkannya dengan mengambil klaimnya untuk pembayaran biaya perawatan serta berobat.

Dengan begitu, mereka tak perlu pusing lagi memikirkan biaya perawatan, pengobatannya karena sudah mengetahui bagaimana cara klaim BPJS sesuai prosedur.

Jadi, kesehatan memang harus dijaga setiap waktu dan setiap saat. Tidak boleh menyepelekan kesehatan yang merupakan anugerah atau pemberian dari Tuhan.

Anda bisa merasakan sendiri bahwa kesehatan itu mahal saat terbaring lemah di rumah sakit. Dimana penyakit yang diderita cukup parah, sehingga harus dirawat di rumah sakit lama.

Tentu saja perawatan dan pengobatannya membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Semua daya dan upaya untuk membiayai pengobatan tersebut dilakukan hanya untuk bisa merasakan tubuh sehat.

Jadi, kesehatan memang sangat berharga dan harus selalu dijaga sampai kapan pun dan dimana pun berada.

Nah, BPJS kesehatan hadir untuk memastikan dan menjamin kesehatan tubuh setiap orang. Bila Anda sakit dan perlu berobat, lakukan saja tak perlu menunggu waktu lebih lama dan juga tak perlu mengkhawatirkan biaya pengobatannya karena sudah ikut BPJS kesehatan.

Dengan begitu, semua biaya pengobatan sudah ditanggung oleh BPJS sehingga pasien tidak perlu mengeluarkan uang lagi. Itulah manfaat hebat dari BPJS kesehatan yang harus diketahui dan dipahami oleh seluruh masyarakat.

Jika sudah mendaftar dan menjadi anggota BPJS kesehatan, jangan lupa untuk membayar premi asuransinya secara teratur tiap bulan dan jangan sampai telat apalagi menunggak, karena resiko telat bayar premi BPJS bisa merugikan diri sendiri.

Bila suatu saat nanti sakit, silakan mempraktikan cara klaim BPJS seperti yang sudah diuraikan di atas. Masih bingung dan merasa ragu? Silakan menghubungi kantor BPJS kesehatan di sekitar tempat tinggal masing-masing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp Chat Only