Bisa Sukses Menjalankan Bisnis Tanpa Modal? Omong Kosong

Bisa Sukses Menjalankan Bisnis Tanpa Modal? Omong Kosong
Bisa Sukses Menjalankan Bisnis Tanpa Modal? Omong Kosong

Kita tentunya sudah terbiasa mendengar istilah bahwa memulai dan menjalankan sebuah bisnis bisa dilakukan tanpa modal dan pasti sukses.

Awalnya saya percaya pendapat tersebut dan memberanikan diri untuk memulai suatu bisnis.

Berhari-hari saya mencari artikel yang memberikan informasi mengenai bisnis apa saja yang bisa dilakukan tanpa modal dan akhirnya mendapatkan referensi bisnis seperti menjadi Agen MLM, Asuransi, Broker Saham, makelar properti dll.

Setelah menjalani beberapa profesi tersebut yang oleh trainernya disebut dengan bisnis, lalu akhirnya saya sampai pada kesimpulan bahwa semua itu juga butuh uang atau modal.

Menjadi Agen MLM butuh modal untuk membeli produknya terlebih dahulu, lalu mencari downline dsb.

Agen asuransi butuh modal untuk uang jalan, biaya entertain calon klien, biaya pulsa yang tentunya perusahaan tidak meng-cover semua biaya tersebut alias dengan modal pribadi.

Broker saham, makelar properti dan usaha sejenisnya juga membutuhkan modal yang menurut saya tidak sedikit karena harus melakukan promosi.

Namun yang namanya suatu pendapat sudah terpatri di kepala kita, maka tetap saja banyak yang bersih keras bahwa saya terlalu banyak alasan dan mereka terus menegaskan bahwa profesi-profesi atau bisnis tersebut bisa dijalankan tanpa modal.

Baiklah kalau begitu, kita sekarang realistis sedikit. Bagaimana kalau begini.

Berapa banyak orang yang melakukan profesi tersebut?

Tidak sedikit atau sangat banyak.

Lalu bagaimana kita bisa bersaing dengan mereka?

Melakukan promosi.

Dan bagaimana caranya melakukan promosi?

Menggunakan media yang ada seperti media sosial, forum di internet, iklan di koran, brosur, selebaran dll.

Apakah media tersebut bayar?

Brosur, iklan, selebaran tentu butuh modal. Medsos dan forum di internet bisa gratis tapi untuk jangkauannya sangat terbatas jika hanya mengandalkan yang gratisan – itupun kalau teman kita yang ada di medsos mau beli. Oleh karena itu ada yang namanya FB Ads, Google Ads dll.

Lalu pertanyaan penting selanjutnya adalah apakah hanya kita yang melakukan hal-hal tersebut?

Jawabannya adalah TIDAK.

Banyak orang yang melakukan hal seperti itu juga.

Sekarang logikanya seperti ini, kita melakukan hal yang sama dengan yang dilakukan oleh banyak orang diluar sana dan kebanyakan dari mereka menggunakan fasilitas berbayar untuk melakukan promosi sedangkan Anda hanya mengandalkan fasilitas gratisan dan berharap produk anda akan laku di pasaran.

Lalu berapa prosentase keberhasilannya jika menggunakan fasilitas berbayar dan apakah produk kita akan sukses terjual?

Silakan Anda hitung sendiri berapa prosentasenya dan tidak ada jaminan orang akan langsung membeli produk Anda sekalipun mereka sudah melihat produk Anda. Namun setidaknya produk Anda sudah ada dipikiran mereka yang suatu saat jika mereka membutuhkan, produk Anda akan diutamakan. Yang paling penting produk harus dikemas secara baik agar menimbulkan kesan positif ke calon pembeli.

Kita banyak melihat produk-produk besar bisa berjaya di internet atau di industrinya masing-masing karena modal yang sangat besar. Sebagai contohnya adalah tokopedia dan gojek yang diguyur investasi triliunan rupiah sehingga mereka bisa melakukan promosi secara masif.

Oke, setelah membaca penjelasan saya tersebut apakah Anda masih percaya dengan pernyataan bahwa bisa menjalankan bisnis tanpa modal?

Jika masih ada yang bilang bisa, silakan baca kembali penjelasan diatas tersebut.

Dan jika masih tetap tegas bilang bisa.

Silakan lakukan bisnis atau profesi tersebut dengan modal minim bahkan tidak ada dan rasakan betapa serunya hal tersebut.

(Baca juga : Tempat Cari Pinjaman Uang Cepat dengan Bunga Ringan)

Lalu bagaimana dengan usaha-usaha dibawah ini yang katanya juga tidak perlu modal?

  • Menjadi blogger pebisnis
  • Menjadi freelancer
  • Berjualan online dengan sistem dropship
  • Membuka jasa online

Mari kita bahas satu-persatu.

cari pinjaman dana di solusibiaya.com

Menjadi Blogger Pebisnis

Pasti banyak kabar yang beredar jika menjadi blogger pebisnis pasti bisa menghasilkan banyak uang tanpa perlu keluar uang.

Namun apakah kita tahu darimana seorang blogger bisa mendapatkan penghasilan?

Bagi yang sudah terbiasa blogging dan berselancar di internet pasti tahu kalau pendapatan blogger bisa berasal dari space iklan, afiliasi, PPC seperti google adsense dan sebagainya.

Mengetahui informasi tersebut pasti kita akan langsung terbuai dan menghayal sesuatu yang tinggi untuk hal omong kosong seperti itu.

Baiklah, saya kutip sedikit dari blognya mas Darmawan yaitu panduanim.

“AdSense itu sumber pendapatan blogger Indonesia yang paling umum.

Karena mudah…

…tinggal daftar, tunggu diterima, pasang kode di blog. Duit ngalir.

Maka dari itu AdSense banyak digunakan oleh blogger..

Tapi ada fakta yang menyedihkan:

Pendapatan dari iklan itu JAUH lebih kecil daripada yang lain.

Alasannya?

Penghasilan per klik untuk Indonesia di AdSense rata-rata hanya $0,04 dengan rasio klik (RTK atau CTR) rata-rata di bawah 3%.

Artinya kalau kita punya 10.000 pengunjung sehari, hanya 300 orang yang klik iklan (itupun kalau iklannya di KLIK). 300 orang dikali $0,04 berarti pendapatan anda cuma $12 sehari.

Dari 10.000 cuma $12!

Gila.

Padahal kalau anda punya pengunjung sebanyak itu dan dengan sumber pendapatan lain, penghasilan anda per hari bisa lebih dari sejuta.

Bayangkan:

Kalau anda menjual produk digital atau mempromosikan produk affiliate, misalkan keuntungan per penjualan $5 (nilainya saya buat sangat rendah).

Dari 10.000 orang, yang beli 0.5% atau 50 orang (ini juga saya rendahkan). Berarti kita sudah dapat $250 per hari.”

Oke, sekarang pertanyaannya, apakah kita bisa mendapatkan 10.000 visitor sehari?

Untuk mendapatkan 100 visitor perhari saja sudah susah payah. Itupun harus dengan waktu yang sangat panjang dan usaha maksimal yang pada akhirnya akan menghabiskan waktu bahkan uang kita.

Padahal waktu tersebut bisa kita gunakan untuk melakukan hal lain yang bisa mendapatkan penghasilan untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Sekali lagi saya jelaskan. Sekarang blogging adalah sesuatu yang sudah dilakukan banyak orang sehingga persaingannya sangat sulit. Beda kalau dulu yang masih jarang orang yang melakukan blogging.

Apalagi sekarang google sudah sangat galak jika ada artikel plagiat dan optimasi yang tidak wajar akan dikenakan penalty tanpa ampun.

Masih ingin mengharapkan blogging sebagai cara kaya tanpa modal?

Think Again.

Menjadi Freelancer

Menjadi seorang freelancer memang bisa mendapatkan uang namun tetap saja kita harus sadar bahwa hal tersebut tidak mudah karena persaingannya sangat sengit dan juga jangan menganggap jika menjadi seorang freelancer, kita sudah merasa aman dari segi finansial.

Sama seperti bidang pekerjaan lainnya seperti pekerja borongan dll, penghasilan dari pekerja lepas tidak stabil. Jika ada project dapur bisa ngebul. Tapi kalau sedang sepi, mungkin kantong akan kering.

Berjualan online dengan sistem dropship

Kebetulan saya juga pernah menjalankan sistem seperti ini jadi penjelasan yang akan disampaikan adalah pengalaman dari saya sendiri.

Untuk penjelasan mengenai kelebihan dan keuntungan dari menjalankan sistem ini, saya rasa tidak perlu, karena kalau hanya membahas yang bagus-bagus tentu hanya akan membuat kita langsung memikirkan untungnya saja dan jika sudah melakukannya tapi tanpa hasil, pasti kita langsung berhenti.

Oke, dulu saya pernah menjalankan sistem dropship tapi tidak berhasil karena :

  • Pemilik barang tidak tepat waktu untuk mengirimkan barang.
  • Susah untuk mengupdate barang yang ready stock atau tidak.
  • Kualitas barang yang dikirim ternyata rendah dan tidak sesuai yang ada di website.
  • Keuntungan dari selisih harga hanya sedikit.
  • Pemilik barang main belakang. Artinya barang yang dikirim dicantumkan info detail dari pemilik barang sehingga kedepannya konsumen bisa membeli barang tanpa melalui kita. Ini yang paling merugikan, sudah susah payah mendapatkan konsumen, namun ditikam dari belakang.

Sebenarnya masih banyak kerugiannya jika menjalankan sistem seperti ini, namun jika dibahas lebih lanjut maka akan membuat Anda bosan.

Yang pasti sistem ini tidak terlalu buruk untuk mencari uang sampingan, tapi tetap saja butuh effort yang cukup besar dan kesiapan mental jika konsumen Anda diambil oleh pemilik barang.

Lalu pertanyaannya adalah apakah bisa menjalankan sistem ini tanpa modal?

Jawabannya adalah bisa

Anda cukup membuat toko di platform marketplace seperti bukalapak dll, lalu melakukan kerjasama dengan pemilik barang yang ada disitu untuk menjualkan barang mereka.

Namun bagaimanapun juga Anda harus menaikkan selisih harga agar bisa mendapatkan keuntungan.

Jika tidak, ya percuma. Namun karena menjual di platform yang sama. Anda harus bersiap untuk tidak laku karena bagaimanapun juga, orang pasti akan mencari produk dengan harga yang paling murah dan pada akhirnya konsumen akan memilih produk dari “bos” Anda tersebut karena dijual lebih murah dari harga yang Anda pasang.

Anda hanya bantu promosi tapi tidak dapat apa-apa.

Satu-satunya solusi jika Anda mengalami kendala dalam melakukan bisnis online atau Dropship seperti diatas adalah dengan menjadi Reseller di Pusat Reseller Indonesia (PRI), silakan visitnya linknya di https://www.facebook.com/pusatresellerindonesia

Disana Anda akan mendapatkan peluang yang sangat luar biasa dalam melakukan bisnis online. berikut adalah detailnya :

Pusat Reseller Indonesia (PRI) memberikan kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi Pebisnis Online tanpa harus memiliki stok barang secara fisik, tanpa harus melakukan pengiriman produk ke pembeli Anda dan tanpa memerlukan modal yang besar.

Dengan sistem yang terintegrasi dengan baik, kami ingin reseller PRI sukses dalam berbisnis online.

Solusi yang ingin Berbisnis Online tapi Tidak Punya Produk.

Sudah tidak jamannya lagi Berbisnis Online harus menjadi Dropshiper terus atau Jadi RR alias Reseller Ribet.

Sekarang saatnya menjalankan Bisnis Online dengan teknologi SERVER OLSHOP.

Apa itu itu SERVER OLSHOP ?

Server Olshop adalah sebuah Platform canggih dan sistem yang terintegrasi dengan stok gudang supplier dimana Anda bisa menjual Produk Fashion TANPA HARUS STOK BARANG, TANPA PERLU BINGUNG UPDATE PRODUK dan TANPA HARUS KIRIM BARANG.

Untuk mendapatkan platform canggih dari kami, Anda harus membayar Biaya Langganan sebesar Rp 1.2 Juta/Tahun/Web Reseller (untuk Domain, SSL, Hosting dan Platform Website).

Namun untuk tahun ini, kami memberikan diskon untuk 100 orang pertama dan Anda cukup membayar Rp. 499 ribu.

Bahkan biaya tersebut pun akan kami kembalikan kepada Anda jika penjualan Anda sangat baik.

Dengan biaya yang sangat rendah tersebut, Anda sudah mendapatkan domain .com dengan Nama atau Merk Anda sendiri, SSL (https://), Platform Web Auto Update dan Hosting Website.

Dengan website tersebut, Anda akan memiliki akses penuh untuk Mark Up harga, memilih produk yg ingin dijual, mengatur website, dll.

Website tersebut juga sangat real time karena jika stok habis, stok tersedia atau ada produk baru, maka akan ter-update secara otomatis di website Anda.

Bahkan website tersebut memiliki fasilitas Dropship seperti Tokopedia yang dimana para pegiat Dropshiper bisa membeli produk dari wesbsite Anda dengan merk atau nama toko si Dropshiper tersebut. Sehingga Dropshiper senang, Anda pun untung.

Salah satu website reseller kami adalah lapakseru.com

Jika Anda tertarik untuk Bergabung menjadi Reseller kami. Silahkan hubungi kami Via WA 087876723437 (Wahyu).

Membuka Jasa Online

Apa yang biasa dijual?

Membuat website, jasa seo dan masih banyak lagi.

Saya menganggap bahwa ini hanya bisa menjadi pekerjaan sampingan yang cukup menghabiskan waktu penting Anda, sehingga lebih baik skill Anda digunakan untuk berbakti ke perusahaan yang sudah mapan.

Saya akan sedikit membahas berdasarkan pengalaman dari teman yang memiliki skill tinggi untuk melakukan SEO.

Sebut saja namanya Irfan M.

Dia merasa bahwa skillnya mumpuni untuk bisa mendapatkan penghasilan lebih dengan menjadi seorang jasapreneur di bidang SEO sehingga dia memutuskan untuk resign dari perusahaan.

Memang betul dia bisa mendapatkan penghasilan yang sangat besar. Namun pada akhirnya ia kembali bekerja sebagai seorang karyawan di perusahaan multinasional.

Dari kesimpulan tersebut membuktikan bahwa membuka jasa online memang tidak membutuhkan modal, namun butuh skill khusus yang perlu waktu untuk mempelajarinya dan tidak semua orang mampu melakukan itu dan tetap saja butuh modal sedikit untuk menggunakan iklan berbayar supaya lebih powerful untuk promosi.

Demikian penjelasan mengenai bisnis yang bisa dilakukan tanpa modal.

Artikel ini dibuat tidak semerta-merta untuk membuat kita down seolah-olah dunia akan kiamat karena tidak ada harapan jika tidak ada modal.

Namun kita harus sedikit realistis dan jangan terjebak pada paradigma yang sesat.

Tips singkatnya adalah lakukan apa yang Anda yakini tanpa perlu mendengar kata orang.

Lakukan dengan ukuran yang tepat. Jika sudah tidak prospektif, lakukan pivot secepatnya.

Keyakinan terhadap suatu hal mengenai bisnis yang akan dilakukan memang sangat penting, namun memenuhi kebutuhan hidup Anda dan keluarga adalah hal yang paling penting.

Jadi jangan salah dalam mengambil langkah.

 

solusibiaya.com
One comment
  1. […] pembahasan mengenai penting atau tidaknya modal usaha, Anda bisa membaca artikel […]

    Reply
Write a Comment

Fast Respon (Anto)