15 Tips Sukses Memulai Usaha bagi Pemula

15 Tips Sukses Memulai Usaha bagi Pemula

Menjadi sukses dan kaya tentu merupakan impian semua orang. Namun banyak yang mengira bahwa untuk meraih kesuksesan tersebut tidak memerlukan usaha yang keras.

Kebanyakan dari kita ingin memulai sebuah bisnis hanya karena terinspirasi oleh tokoh-tokoh sukses seperti Steve Jobs, Bill Gates dan Mark Zuckerberg.

Ketiga tokoh tersebut berhasil merintis bisnis dari garasi rumah dan kamar asrama hingga menjadi perusahaan yang bernilai ribuan triliun.

Kisah sukses mereka yang sangat inspiratif mampu mendorong para anak muda untuk mulai berinovasi lalu mencari peluang usaha bagi pemula.

Hal tersebut tentunya sangat positif karena para generasi muda saat ini ingin mendobrak tradisi lama yaitu harus kuliah yang rajin lalu mendapatkan IPK tinggi supaya bisa bekerja di perusahaan yang mapan.

Alasan lain orang untuk berbisnis adalah bosan menjadi karyawan.

Dengan penghasilan yang terbatas dan ketidaksukaan pada atasan membuat mereka berpikiran untuk mendirikan bisnis.

Namun banyak dari mereka yang gagal menjalankan usahanya karena tidak memiliki pengetahuan yang cukup mengenai bisnis dan manajemen.

(Baca juga : Kenapa Kita Selalu Gagal dalam Bisnis?)

Ada baiknya sebelum terjun ke dunia bisnis, kita menginvestasikan waktu untuk mempelajari hal-hal apa saja yang diperlukan untuk memulai dan menjalankan roda usaha.

Untuk sukses memulai usaha tidak selalu berjalan lancar. Akan ada banyak sekali tantangan yang terjadi dan secara tidak sadar modal usaha kita sudah habis tanpa menghasilkan keuntungan sedikitpun.

Berikut adalah 15 tips sukses memulai usaha bagi pemula :

  1. Mulailah dari hal yang disukai

Biasanya masalah awal yang sering dihadapi oleh pemula yang ingin berbisnis ialah usaha apa yang ingin didirikan. Jika kita sulit menentukannya, maka pilihlah hal yang kita sukai namun mampu menghasilkan keuntungan. Contohnya adalah desainkakilima.com yang didirikan oleh seorang karyawan yang merasa jenuh oleh pekerjaannya dan ia memberanikan diri untuk resign dari kantor lalu mendirikan jasa desain grafis dengan tarif yang sangat murah namun dengan kualitas yang sangat luar biasa.

  1. Kuasai semua hal mengenai bisnis kita

Jika sudah menentukan usaha apa yang ingin dimulai, hal penting lainnya adalah menguasai seluk beluk dari bisnis kita. Kemana harus menjual produk kita, promosi seperti apa yang harus dilakukan dan bagaimana cara mengatasi keluhan pelanggan. Ingatlah, tujuan utama menguasai semua konsep bisnis kita bukanlah untuk mencari investor namun untuk meyakinkan calon pelanggan agar mau menggunakan produk kita.

  1. Fokus pada satu peluang usaha

Fokus dan konsisten adalah kunci sukses. Jangan jadi pribadi yang mudah dipengaruhi oleh orang lain. Jika sudah menjalani satu bisnis, janganlah mencoba untuk membuka usaha yang baru atau mengambil semua peluang bisnis. Dengan fokus, maka kita mampu mengarahkan bisnis dengan baik.

  1. Hemat uang Anda

Salah satu prinsip utama dalam bisnis adalah pengeluaran minimal untuk hasil yang maksimal, untuk itu janganlah boros dan gunakan uang sebijak mungkin. Optimalkan antara pengeluaran dengan pemasukan.

  1. Jagalah kesehatanmu

Untuk menggapai tujuan, memang harus dibutuhkan kerja keras. Kita kadang sering lupa waktu karena saking asyiknya melakukan hal yang disukai, apalagi hal tersebut bisa menjadi uang. Namun menjaga kesehatan tidak kalah pentingnya dan jangan sampai uang kita habis untuk berobat. Ingat, saat ini Anda bukanlah karyawan suatu perusahaan yang biaya pengobatannya di cover oleh kantor.

  1. Belajar dari para ahli dan orang yang berpengalaman

Pengalaman memang guru yang terbaik, namun sebagai pemula, pengalaman Anda tidaklah lebih dari sekedar ilmu yang dipelajari dari buku atau ikut seminar-seminar bisnis. Oleh karena itu belajarlah dari orang-orang yang sudah berpengalaman di dunia bisnis. Jangan malu untuk bertanya dan meminta nasihat dari mereka. Banyak dari kita yang malu bertanya karena takut ditolak. Ingatlah ini, orang yang sukses pasti akan senang membagi ilmu mereka. Jika ada yang tidak mau share ilmunya, maka dipastikan ia bukan orang sukses tapi hanya bergaya sukses saja.

  1. Pemasaran dan promosi yang tepat

Pemasaran sangat penting karena untuk mengenalkan produk kita ke masyarakat yang membutuhkan. Karena dana kita sangat terbatas, maka lakukan promosi secara tepat ke calon pelanggan potensial.

  1. Jangan mudah menyerah

Sebagai pemula, kita pasti akan mudah menyerah jika menghadapi masalah yang besar dan jika usaha kita tidak menghasilkan keuntungan dalam waktu dekat. Hal tersebut sangat wajar karena sebagian besar orang pasti seperti itu. Dibutuhkan mental diri yang kuat untuk bisa bertahan di dunia bisnis yang sangat keras ini.

  1. Carilah partner bisnis yang satu visi dengan Anda

Untuk memilih partner bisnis janganlah berdasarkan kedekatan secara personal saja. Carilah partner yang memiliki tujuan yang sama dengan Anda, memiliki daya juang yang tinggi dan visioner. Sebisa mungkin carilah partner yang memiliki skill yang berbeda dengan keahlian yang Anda miliki. Contohnya adalah jika Anda ahli dalam bidang web design, partner Anda harus seorang marketer yang handal.

  1. Ubah pola pikir atau mindset kita

Pola pikir adalah salah satu modal utama dalam bisnis karena merupakan dasar dari segala dasar yang menentukan sukses atau tidaknya kita. Mindset seorang pengusaha jelas sangat jauh berbeda dengan mindset seorang karyawan. Pengusaha sejati pasti memiliki visi jauh kedepan dan memiliki rencana bisnis jangka pendek, menengah dan jangka panjang. Visi tersebut sangat berkaitan erat dengan sebuah cita-cita atau impian untuk memiliki usaha yang bisa bertahan lama dan suatu saat akan diwariskan ke anak cucu mereka. Hal tersebut sangat berbeda dengan mindset seorang karyawan yang cenderung statis dan monoton.

  1. Gunakanlah fasilitas gratisan terlebih dahulu, jangan gengsi

Untuk melakukan promo memang tidak murah, tapi bukan berarti kita tidak bisa mengenalkan produk kita jika tidak menggunakan tools berbayar. Manfaatkan fasilitas gratisan seperti media sosial, aplikasi chat mobile, forum-forum di internet dan lain-lain. Bahkan tools yang berbayar pun ada fasilitas trial gratis selama beberapa hari. Mungkin itu bisa kita manfaatkan juga.

  1. Berbaurlah dan perbanyak relasi

Jika ingin usaha kita sukses maka berbaurlah dengan para pengusaha lainnya. Ikuti pameran-pameran bisnis yang diselenggarakan di sekitar kota kita. Biasanya pameran tersebut sifatnya gratis. Selain pameran, kita juga bisa menghadiri seminar-seminar gratis lainnya. Tujuan utamanya adalah mendapatkan relasi sebanyak mungkin. Dari pertemuan tersebut mungkin kita bisa mendapatkan kenalan yang tertarik untuk mendanai bisnis kita atau menjalin kerjasama dengan kita. Segera siapkan kartu nama Anda sekarang juga.

  1. Berhenti atau lakukan pivot pada bisnis Anda

Menjadi seorang pengusaha haruslah bijaksana. Berhenti bukan berarti menyerah, kadang ada beberapa hal yang memaksa kita untuk berhenti supaya tidak semakin terpuruk. Lakukan evaluasi terhadap bisnis kita dan buat keputusan apakah harus menutup usaha atau melakukan pengubahan konsep (pivot) karena strategi dan produk yang saat ini ditawarkan ke pasar tidak diterima dengan baik.

  1. Sebisa mungkin jangan gunakan tabungan pribadi sebagai modal usaha

Jika kita sudah berhenti dari kantor maka otomatis pendapatan dari gaji juga akan terhenti. Ada baiknya uang tabungan digunakan untuk membiayai kebutuhan hidup sehari-hari Anda dan keluarga karena bisnis yang baru dibangun tidak langsung menghasilkan keuntungan. Hal lain yang biasanya dilakukan oleh pemula adalah mencari investor, namun itu bukanlah hal yang mudah dan cenderung menghabiskan waktu serta tenaga Anda. Cara yang paling efektif adalah mencari pinjaman modal usaha dengan jaminan bpkb dan sertifikat rumah. Untuk mencari kredit yang mudah, cepat dan bunga ringan, kita bisa ke solusibiaya.com

  1. Berdoa dan rajin sedekah

Modal utama kesuksesan adalah kerja keras yang diiringi dengan doa karena doa dan usaha pada hakikatnya saling terkait satu dengan yang lainnya dan tidak bisa dipisahkan. Selain berdoa, kita juga harus bersedekah karena dengan sedekah, maka akan mensucikan harta kita. Sedekah tidak akan membuat kita miskin, justru akan membuat kita semakin kaya.

Demikianlah tips penting bagi pemula yang ingin memulai suatu usaha atau bisnis.

Semoga dengan pedoman diatas, mampu membuat kita semakin yakin dan semangat untuk meraih impian serta cita-cita menjadi pengusaha yang sukses.

solusibiaya.com
Write a Comment

Fast Respon (Anto)